Eksklusifisme Pendidikan: Studi Kasus di SMK At-Tholibiyah Bumijawa Tegal

Authors

  • Muh Afifurrohman MIS Mafatihul Huda 02 Padakaton
  • Muh. Rodhi Zamzami STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

DOI:

https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i1.1226

Keywords:

Eksklusivisme Pendidikan, Inklusivisme, Deradikalisasi, Cadar.

Abstract

Artikel ini menyoroti peraturan wajib bercadar yang diterapkan di SMK At-Tholibiyah Tegal yang disinyalir sebagai bagian dari eksklusivisme pendidikan. Sedangkan eksklusivisme berpotensi meningkat menjadi radikalisme, bahkan terorisme. Akan tetapi, hasil temuan artikel ini menunjukkan bahwa peraturan wajib bercadar yang dinilai mencerminkan sikap eksklusivisme, bertolak-belakang dengan pemahaman, sikap, perbuatan dan kurikulum pendidikan yang diajarkan di SMK At-Tholibiyah yang justru mengajarkan nilai-nilai cinta agama dan negara. Di sisi lain, banyak indikator lain yang menunjukkan pemahaman, sikap dan perbuatan inklusif yang dilakukan oleh civitas akademika SMK At-Tholibiyah Tegal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. A. (2005). Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius. Jakarta: PSAP Muhammadiyah.

Al-Qardhawi, Y. (1406 H). Al-Shahwah al-Islamiyah Bayn al-Juhud wa al-Tatharruf. Kairo: Bank al-Taqwa.

Anis, F. (2013). Membangun Keberaamaan Inklusif-Dialogis di SMA PIRI 1 Yogyakarta. MAARIF, 8(1), 109-131.

Basri, H. H. (2014). Keragaman Orientasi Pendidikan di Pesantren. Dialog, 37(2), 209-222.

Darraz, M. A. (2013). Radikalisme dan Lemahnya Peran Pendidikan Kewargaan. MAARIF: Arus Pemikiran Islam dan Sosial, 8(1), 154-173.

Fuadi, A. (2018). Studi Islam: Islam Eksklusif dan Inklusif. Wahana Inovasi, 7(2), 49-55.

Jamhari, J. J. (2004). Gerakan Salafi Radikal di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jarolimek, J. (1981). The Schools in Contemporary Society: An Analysis of Social Currents, Issues and Forces. New York: Macmillan Publishing.

Madjid, N. (2006). Islam: Kemodernan dan KeIndonesiaan. Bandung: Mizan.

Mappiere, A. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Masduqi, I. (2012). Deradikalisasi Pendidikan Islam Berbasis Khazanah Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-20.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zayd, N. H. (1995). Al-Tafkir fi Zaman al-Takfir. Kairo: Maktabah Madbuli.

Published

2022-06-30

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Eksklusifisme Pendidikan: Studi Kasus di SMK At-Tholibiyah Bumijawa Tegal. (2022). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 3(1), 51-65. https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i1.1226

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.