Sistem Perankingan di Lembaga Paud: Studi Analisis Kebutuhan Anak dan Tuntutan Masyarakat di Desa Ellak Laok Kec. Lenteng Kab. Sumenep

Authors

  • Barratun Naqiyah Institut Ilmu KeIslaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk
  • Afina Fajriana Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep
  • Danil Basyirah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1902

Keywords:

Sistem Perankingan, Kebutuhan Anak, Tuntutan Masyarakat, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Raudhatul Athfal (RA).

Abstract

Artikel ini menganalisa tingkat kebutuhan siswa dan tuntutan masyarakat (guru, orang tua) terhadap predikat ranking kelas di RA Miftahul Huda dan RA Al-Hilal yang berlokasi di Desa Ellak Laok, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep. Artikel ini memakai pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus dan termasuk penelitian lapangan. Hasil penelitian menemukan: Pertama, rata-rata anak PAUD mengaitkan ranking dengan pemberian hadiah yang bersifat konkret, bukan prestasi belajar yang bersifat abstrak. Kedua, sebagian guru PAUD menyetujui sistem ranking dengan alasan untuk memotivasi belajar sekaligus tradisi yang turun-temurun, sedangkan sebagian guru PAUD lainnya tidak menyetujui sistem ranking dengan alasan mendiskriminasikan potensi siswa yang beraneka-ragam. Ketiga, mayoritas orang tua selaku wali murid PAUD tidak menyetujui sistem ranking bagi anaknya yang masih usia dini, karena dapat membebani anak maupun orang tuanya. Implikasinya, sistem ranking yang masih diterapkan di RA Miftahul Huda dan RA Al-Hilal, disarankan ditinjau ulang, demi memenuhi kebutuhan anak dan tuntutan masyarakat, sebagaimana tersaji pada artikel ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basyit, Abdul. (2017). Memahami Fitrah Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Rausyan Fikr. Vol. 13, No. 1 .

Febianti, Yopi Nisa. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. Jurnal Edunomic. Vol.6, No.2.

Hadi, Sutrisno. (2006). Metode Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Khaironi, Mulianah. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Vol. 3, No. 1.

Miles, M. B, and A.M. Huberman. (1984). Qualitative Data Analysis. California: SAGE.

Parhan, Muhamad, dkk. (2020). Rekonstruksi Sistem Ranking Berdasarkan Teori Motivasi Maslow dan Al-Ghazali di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education.Vol. 4, No. 2.

Rusli, Mohammad dan Hisyam El Qaderie. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Berorientasi Praktis. Madura: LP3M Paramadani

Santrock., John W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Susanto, Nanang Hasan, dan Cindy Lestari. (2018). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3, No. 2.

Ulum, M. Miftahul. (2009). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Arah dan Tujuan Pendidikan Nasional di Indonesia. Jurnal At-Ta’dib. Vol.4, No.2.

Published

2022-12-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Sistem Perankingan di Lembaga Paud: Studi Analisis Kebutuhan Anak dan Tuntutan Masyarakat di Desa Ellak Laok Kec. Lenteng Kab. Sumenep. (2022). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 3(2), 29-37. https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1902

Similar Articles

1-10 of 28

You may also start an advanced similarity search for this article.