Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang

Authors

  • Muhammad Abdul Halim Sidiq Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Siti Rosidah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Moch. Shohib Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.32478/ajmie.v2i2.858

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Audio-Visual, Pembelajaran Tematik, Keterampilan Menulis Cerita, Video Animasi.

Abstract

The low learning quality and results can be caused by a lack of interest and attention of students to subjects. As an alternative solutions, effective and attractive learning media are needed, such as the learning media used by teachers in Mi Nurul Islam Selok Awar-Awar, Lumajang, East Java. That is an animated video to improve story-writing skills. This article is prepared with a qualitative approach and a field research type. This article examines the use of animated videos classified as audio-visual media in thematic learning of writing skills in Mi Nurul Islam Selok Awar-Awar, Lumajang Regency. In its implementation, the teacher applied four stages: the stage of learning preparation, the opening stage of learning, the core stage of learning and the learning closing stage.

Rendahnya kualitas dan hasil pembelajaran, dapat disebabkan oleh faktor kurangnya minat dan perhatian peserta didik terhadap mata pelajaran. Alternatif solusinya, dibutuhkan media pembelajaran yang efektif dan atraktif, seperti media pembelajaran yang digunakan oleh guru di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar, Lumajang, Jawa Timur. Yaitu video animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita. Artikel ini disusun dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Artikel ini menelaah penggunaan video animasi yang tergolong media audio-visual dalam pembelajaran tematik keterampilan menulis cerita di MI Nurul Islam Selok Awar-Awar, Kabupaten Lumajang. Dalam implementasinya, guru menerapkan empat tahap: Tahap Persiapan Pembelajaran, Tahap Pembuka Pembelajaran, Tahap Inti Pembelajaran dan Tahap Penutup Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyiadi, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Diknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Farida. (2020, April 14). MI Nurul Islam Selok Awar-Awar. (M. A. Sidiq, Interviewer)

Fuad, J. (2012). Teori Praktik Tindakan Kelas. Tulungagung: STAIN Tulungagung.

Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kadir, A. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Lilik. (2020, April 19). MI Nurul Islam Selok Awar-Awar. (M. A. Sidiq, Interviewer)

Mulyasa, E. (2017). Pengembanagan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.

Renanto, A. (1982). Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanaky, H. A. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Widagdho, D. (1994). Bahasa Indonesia: Pengantar Kemahiran Berbahasa di Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo.

Published

2021-12-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang. (2021). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 2(2), 34-42. https://doi.org/10.32478/ajmie.v2i2.858