PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL IPA MELALUI OUTDOOR LEARNING DI SD ALAM AR-RIDHO SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.97

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran Kontekstual, IPA, Outdoor Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran kontekstual IPA di SD Alam Ar-Ridho Semarang, mendeskripsikan dan menganalisis Outdoor Learning di SD Alam Ar-Ridho Semarang, dan mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran kontekstual IPA melalui Outdoor Learning di SD Alam Ar-Ridho Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjang keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, para pendidik dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Karena dalam penerapan model pembelajaran kontekstual, guru menghubungkan antara pengetahuan yang diperoleh siswa dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya dan guru juga menghubungkan materi dengan dunia nyata siswa yaitu dengan membawa benda-benda yang sering mereka temui untuk dijadikan media pembelajaran sehingga dapat membantu memudahkan siswa dalam mengkonsepkan materi IPA; (2) pendekatan Outdoor Learning merupakan salah satu alternatif pembelajaran IPA yang sesuai dengan semangat belajar IPA yaitu cara mencari tahu dan mengembangkan ketrampilan ilmiah siswa. Selain itu melalui pendekatan Outdoor Learning berbagai potensi siswa memiliki peluang untuk berkembang lebih optimal karena ada interaksi yang nyata antara siswa dengan dunia nyata; dan (3) pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas (Indoor) saja, tetapi lebih banyak dilakukan di luar kelas (Outdoor). Sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan guru, siswa lebih cepat menangkap makna pembelajaran IPA, siswa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berarti, siswa mampu berkerja sama dalam kelompok, dan siswa lebih kritis dan kreatif dalam memberitangapan dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali,Mohammad. Pendidikan untuk Pengembangan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama. 2009
Husamah. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka. 2013
Marzuki, Saleh.. Pendidikan Non Formal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012
Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press. 2013
Susetyo,Budi. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Empat Pilar Pendidikan Melalui Outdoor-Inquiry untuk Menumbuhkan Keberhasilan Bekerja Ilmiah, Tesis, Semarang: Unnes,.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana. 2009
Widi Wisudawati, Asih dan Eka Sulistyowati.. Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta: Bumi Aksara. 2014

Downloads

Published

2018-04-29

Issue

Section

Review Articles

How to Cite

PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL IPA MELALUI OUTDOOR LEARNING DI SD ALAM AR-RIDHO SEMARANG. (2018). Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 30-38. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.97

Similar Articles

31-40 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.