KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU HAJAR AL-HAITAMI (Ragam Eksplorasi Kitab TahrÄ«ru al-MaqÅl FÄ« AdÄbi Wa AhkÄmi Wa FawÄ’idu YahtÄju IlaihÄ MuË‹addibÅ« al-Aá¹­fÄl)

Yulianto Yulianto(1),
(1) Universitas Raden Rahmat Malang

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 journal AL-MUDARRIS

: https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.98

Full Text:    /  Language : en
Submitted : 2018-04-20
Published : 2018-04-29

Abstract


Menurut Ibnu Hajar al-Haitami tujuan pendidikan anak-anak adalah merawat, mengembangkan, dan memaksimalkan potensi peserta didik dalam memahami kitabulloh, berakhlak mulia, dan hidup mandiri. Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan tersebut Ibnu Hajar al-Haitami menulis sebuah kitab yang secara khusus mengulas seluk beluk tujuan pendidikan, aliran pendidikan, kompetensi pendidik, teknik pendidikan anak, biaya pendidikan, dan karakteristik lembaga pendidikan anak. Keenam komponen tersebut oleh Ibnu Hajar al-Haitami di ketengahkan dalam buku Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?l. Ruang lingkup penelitian ini adalah enam aspek pendidikan yang termaktub dalam kitab Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?, menggunakan teknik penelitian deskriptifcontent anaylisis, jenis penelitian pustaka, dan memakai pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?l sedangkan data sekundernya adalah berbagai kitab yang membahas biografi Ibnu Hajar al-Haitami. Sedangkan prosedur penelitian dilakukan melalui tiga tahap: pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tujuan pendidikan anak i terpusat pada potensi materiall dan non material peserta didik; (2) aliran pendidikan anak menggunakan aliran agamis-konserfativ; (3) teknik pendidikan yang paling banyak menyita Ibnu Hajar adalah teknik takzir; (4) kompetensi pendidik yang paling utama adalah kompetensi personal dan sosial; (5) pembiayan pendidikan dapat diperoleh dari tiga faktor: gaji, wakaf, dan hibbah; dan (6) lembaga pendidikan berupa maktab dan madrosah.


Keywords


Konsep, Pendidikan anak, Ibnu Hajar al-Haitami

References


Ahmad, Lutfi Barokat, FĪ al-Fikri at-TarbawÄ« al-IslÄmi, Riyad: Darur Rih, 1982
Ali, Atabik dan Muhdor, Ahmad Zuhdi, Kamus Kontemporer al-Asri, Yogyakarta: Multi Karya Grafika, tt.
Al-Manawi, Faiá¸u al-QodÄ«ri, Beirut: Darul Makrifat, 1982.
Amil, Fakhir, MaË‹Älimu at-Tarbiyati DirÅsatun FÄ« at-Tarbiyati al-Ë‹Ä€mmati Wa at-Tarbiyyati al-Arobiyyati, Beirut: Darul Ilmi, 1983.
Atiyyah, Syu‟ban dan Husein, Ahmad Hamid, dan Hilmi, Jamal Murod, al-Mu’jamu al-WÄsÄ«á¹­, Mesir: Majma‟ah Lughoh al-Arobiyah, 1972.

Ba Umar as-Saifi, NafÄ’isu ad-Durir FÄ« Tarjamati syaikhi al-IslÄm Ibnu Hajar, (Omman: Darul fateh, 2016.
Baihaqi, Mif, Psikologi Pertumbuhan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008
Husen, Abu Lubabah, at-Tarbiyatu Fī as-Sunnatu an-Nabawiyyatu, Riyad: Darul Liwa‟, tt
Ibnu Juma‟ah, Tażkirotu as-SÄmiË‹ wa al-Mutakallim FÄ« Adabi al-Ë‹Ä€limu Wa al-MutaË‹allimu, Beirut: Darul Kutub al-Islamiyah, tt
Ibnu Madzur, LisÄnu al-ArÅbi, Beirut: Darul Fiker, 1990.
Jabbar, Siham Mahdi, aá¹­-á¹­iflu FĪ SyariË‹atu al-IslÄmiyyati Wa Manhaju at-Tarbiyatu an-Nabawiyyatu, Beirut: Maktabah al-Asriyah, 1997.
Masyhuri, Aziz, Masalah Keagamaan, Surabaya: Dinamika Press Group, 1977.
Moeleong, Lexy. J, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung Remaja: Rosdakarya, 2004.
Muhaimin , Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta, Grafindo, 2006.
Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Jusuf Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.
Nata, Abuddin, Pendidikan Dalam Perspektif al-Quran, Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Rahayu, Siti dan E.J. Monks, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2004.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2005.
Ridlo, M. Jawad, Tiga Aliran Utama Pendidikan Islam, Yogyakarta, Tiara Wancana, 2002
Santoso, Mudjio, Hakekat, Peranan, dan Jenis-jenis Penelitian Pada Pembangunan Lima Tahun VI, Penelitian Kuantitatif Dalam Ilmu-Ilmu sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasahada, 1996.
Suheil ad-Dabs, Muhammad, Terjemah Ibnu Hajar al-Haitami dalam TahrÄ«ru al-MaqÅl FÄ« AdÄbi Wa AhkÄmi Wa FawÄ’idu YahtÄju IlaihÄ MuË‹addibÅ« al-Aá¹­fÄl, Beirut: Ibnu Katsir, 1987.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosda, 2011.
Yasin, A. Fattah Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, (Malang: UIN Press, 2008


Article Metrics

 Abstract Views : 888 times
 PDF Downloaded : 668 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.