Gender Equity-Based Educational Concept through Quranic Perspective-Based Children Education/Konsep Pendidikan Berkeadilan Gender Melalui Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v4i1.655

Authors

  • Subur Wijaya Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur'an Al-Hikam Depok
  • Armai Arief UIN Syarif Hidayatullah, Indonesia
  • Muhammad Hariyadi Pascasarjana Institut PTIQ, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Anak, Keadilan, Gender

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan relasi gender yang harmonis dibangun melalui pendidikan anak. Berdasarkan pengamatan, penelitian, dan pengetahuan penulis menunjukkan bahwa Pada prinsipnya lelaki dan perempuan memiliki kesempatan untuk meningkatan kapabalitas, kompetensi pengetahuan diantaranya dengan cara belajar pada jenjang pendidikan tinggi. Namun, pada tataran realitas masih banyak terjadi disparitas terkait kesempatan meraih pendidikan yang selayaknya bagi perempuan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Adapun penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengeksplorasi dan memeriksa data yang tersedia secara terstruktur dan mendalam. Jenis penelitian ini lebih menekankan menggunakan kepustakaan, kemudian analisis data dalam penelitian ini adalah mengunakan metode tafsi>r al-Maudhu>’i. Membangun pendidikan berkeadilan merupakan salah satu solusi dari terjadinya ketimpangan gender dalam pendidikan. Al-Qur’an menunjukkan isyarat kesetaraan dan keadilan antara lelaki dan perempuan sekalipun dalam makna yang terbatas, bahwa secara pandangan teologis semua manusia derajat kemanusiaannya sama di sisi Allah Swt, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan yang lain. Tidak juga ada perbedaan pada nilai kemanusiaan antara lelaki dan seorang perempuan. Maka jika seluruh stake holder memiliki tujuan yang sama maka akan terwujud pendidikan yang terselenggara secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatis dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Subur Wijaya, Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur'an Al-Hikam Depok
    I'm a Lecture at STKQ Al-Hikam Depok

References

Ahmad, M. (2001). Bias Gender Dalam Pendidikan. Jakarta: Paramadina.

Al-Qurthubi, S. I. (2009). Tafsi>r al-Qurthubi> (Terj. Akhm). Jakarta: Pustaka Azzam.

Al-Thabari>, A. J. M. bin J. (1988). Jāmi’ al-Bayān fī Tafsīr Āyi al-Qur’ān (Jilid ke-3). Beirut: Dār al-Fikr.

BAPPENAS. (2013). Kaji Ulang Satu Dekade Pengarusutamaan Gender Bidang Pendidikan di Indonesia. Jakarta: BAPPENAS.

Darajat, Z. (1997). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) Indonesia. (2013). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan di Indonesia. Jakarta: BALITBANG.

Engineer, A. A. (2000). Islam dan Teologi Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadjar, A. M. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. (A. Barizi, Ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Febriani, N. A. (2014). Ekologi Berwawasan Gender Dalam Perspektif Al- Qur’an. Jakarta: Mizan.

HA, A. D. (1991). Urgensi Tafsir Maudhu’i pada masa kini. Jakarta: Bulan Bintang.

Jawad, H. A. (2002). Perlawanan Perempuan Sebuah Pendekatan Otentik Religius. Malang: Cendekia Paramulya.

Keraf, G. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana. (2014). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Mardjoko Idris. (2013). Stilistika al-Qur’an: Kajian Pragmatik. Yogyakarta: Karya Media.

Maskum, & Susanto. (2007). Menembus Batas Gagasan dan Implementasi Awal Pengarusutamaan Gender (Cet. ke-1). Jakarta: Biografi Center.

Mosse, J. C. (1996). Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Rifka Annisa’ Women’s Crisis Centre & Pustaka Pelajar.

Muhammad, H. (2016). Perempuan, Islam dan Negara; pergulatan Identitas dan Perjuangan. Yogyakarta: Qalam Nusantara.

Mulia, M. (2011). Muslimah Sejati Menempuh Jalan Islami Meraih Ridha Ilahi. Bandung: Penerbit Marja.

Mulia, M. (2014). Kemuliaan Perempuan dalam Islam. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Mulia, M. (2019). Ensiklopedi Muslimah Reformis. Jakarta: Dian Rakyat.

Nasr, S. H. (1970). Science and Civilization in Islam. Newyork: The New American Library.

Purwati, E., & Asrohah, H. (2005). Bias Gender dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Alpha.

Qalyubi, S. (2009). Stilistika al-Qur’an: Makna di Balik Kisah Ibrahim. Yogyakarta: LKIS.

Rosidin. (2013). Konsep andragogi dalam al-Qur’an. Malang: Litera Ulul albab.

Rusydiyah, E. F. (2016). PENDIDIKAN ISLAM DAN KESETARAAN GENDER (Konsepsi Sosial tentang Keadilan Berpendidikan dalam Keluarga). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1). https://doi.org/10.15642/pai.2016.4.1.20-43

Salamah, U., & Safiq, A. (2019). RELEVANSI PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS DALAM KITAB AT-TARBIYAH WA AT-TA’LIM DENGAN KOMPETENSI GURU (UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005). Journal AL-MUDARRIS, 2(2). https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i2.287

Shihab, M. Q. (2002). TAFSIR AL-MISHBAH Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati (Vol. 15).

Subhan, Z. (1999). Tafsir Kebencian: Studi Bias Gender dalam Tafsir Al-Qur’an. Yogyakarta: LKIS.

Sumar, W. T. (2015). Implementasi Kesertaaan Gender Dalam Bidang Pendidikan. Musawa, 7(1).

Suryadi, Ace, & Idris, E. (2004). Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan (cet. I). Bandung: Genesindo.

Syalabi, A. (1985). Mausu>’ah at-Tarikh al-Isla>mi> wa al-Hadarah Isla>miyah. Kairo: Maktabah an-Nahdah al-Misriyah.

Umar, N. (2001). Argumen Kesetaraan Gender Prespektif al-Qur’an. Jakarta: Paramadina.

Yanggo, H. T. (1996). Pandangan Islam tentang Gender. Surabaya: Risalah Gusti.

Yulianto, Y. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU HAJAR AL-HAITAMI (Ragam Eksplorasi Kitab Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl). Journal AL-MUDARRIS, 1(1). https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.98

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Gender Equity-Based Educational Concept through Quranic Perspective-Based Children Education/Konsep Pendidikan Berkeadilan Gender Melalui Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur’an. (2021). Al-Mudarris: Journal Of Education, 4(1), 12-27. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v4i1.655

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.