MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB POLAGAN PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.1030Keywords:
manajemen pembinaan karakter disiplin, santriwati, pondok pesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengasuh dan pengurus dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi pembinaan karakter disiplin santriwati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembinaan karakter disiplin santriwati yaitu membuat peraturan atau tata tertib kedisiplinan santriwati dan membuat atau menyusun pedoman pelanggaran beserta hukumannya diberikan kepada santriwati yang melanggar. Dalam pembinaan karakter disiplin santriwati sudah dibentuk struktur dan yang mengendalikan yaitu para pengurus dan pengasuh. Pelaksanaan pembinaan katrakter disiplin santriwati dilakukan dengan pembiasaan dan keteladanan yang baik dari pengasuh dan para pengurus, pemberian motivasi dan nasihat dari pengasuh dan para pengurus kepada santriwati, pemberian keputusan kepada para pelanggar aturan dengan hukuman atau sanksi, evaluasinya dilakukan dengan cara rapat bersama pengurus yang dilaksanakan secara bertahap yaitu setiap minggu sekali.
Downloads
References
Amtu, Onisimus. (2011). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.
Andriany, Debby. (2010). Manajemen Peserta Didik Sekolah Plus: Konsep, Strategi dan Implementasi. Jakarta: Mitra Wicana Media.
Atiqullah, Z. H., Nurhadi, A., & Wahyudi, K. (2021). DIMENSI TRANSENDENSI PROPHETIC LEADERSHIP. Duta Media Publishing.
Azmi, AF, Fachrur Razi Amir dan Radif Khotamir Rusli.( 2016) “Manajemen Pembinaan Santri Melalui Kegiatan Organisasi Ikatan Santri Tarbiyatul Huda Bogor.” Ta’dibi 5, no. 1 (April, 2016). http://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/422.
Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta Barat: Permata Putri Media.
Dwi Ari Sandy, Setiawan. (2020) “Manajemen Pembinaan Disiplin Peserta Didik.” Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (Desember, 2020). https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/4017/2330.
Fatah, Nanang. (2004) Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniadin, Didin dan Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. (2014) Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustajab. (2018). Pengembangan Kurikulum Pesantren: Analisis Pemikiran Pendidikan Nurcholish Madjid. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Ningsih, F., & Rijal, A. S. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM SKUA DI MA UMMUL QURO PUTRI PAMEKASAN. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 191-203.
Nurhadi, Ali. (2007). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SDN di Kabupaten Sampang.Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Ok 5
Nurhadi, Ali. (2015). Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi swasta (studi multi situs di STKIP PGRI Bangkalan, STKIP PGRI Sampang, dan STKIP PGRI Sumenep, Madura) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Nurhadi, Ali, Novela Angga Pratiwi, dan Badrus Soleh. (2021). “PENARIKAN MINAT MASYARAKAT SEBAGAI WUJUD STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF LEMBAGA DI SMA WACHID HASYIM PAMEKASAN”. Re-JIEM (Jurnal Riset Manajemen Pendidikan Islam) 4 (2), 206-18. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v4i2.5847.
Nurkholifah, Istikhomah. (2018). “Penerapan Sikap Disiplin pada Santri dan Santriwati di Pondok Pesantren.” Jurnal Kewarganegaraan, 2, no. 2 (Desember, 2018). https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1296.
Rofiatun dan Mohammad Thoha. (2019). “Manajemen Pembinaan Kedispilinan Santri dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Pamekasan.” re-JIEM, 2, no. 2 (Desember 2019).http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/re-jiem/article/view/2937.
Sa’adah, Ummi. (2017) “Hukuman dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren.” Jurnal Pedagogik, 04, no. 01 (Januari-Juni, 2017). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/6.
Sali, Muhammad. (2018). Mendisiplinkan Santri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Mochamad Nurcholiq, ACTUATING DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN AL-HADITS (Kajian Al-Quran dan Al-Hadits Tematik) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- ja'far ja'far, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- yeyen afista, Umi Sumbulah, Rifqi Hawari, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Murniyanto Murniyanto, Siswanto Siswanto, MANAJEMEN SARANA PRASARANA MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Dhini Rahmawati, Penerapan Metode Tsaqifa Dengan Metode Kooperatif Pada Pengajaran Baca Al-Quran Kelompok Pengajian Muslimah Dusun Pokoh Desa Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Alfin Mustikawan, Agus Maimun, Sugeng Listyo Prabowo, INTELLECTUAL CAPITAL IN ISLAMIC HIGHER EDUCATION: PESANTREN-BASED INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Sofwan Manaf, Matnur Ritonga, LECTURER RESOURCE DEVELOPMENT DESIGN OF DARUNNAJAH UNIVERSITY JAKARTA FROM 2023 TO 2031 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Alviyatul Qodri, Maskud Maskud, Faisol Nasar bin Madi, ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MULTILINGUAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- A. Qomarudin Qomarudin, BIAYA MUTU PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Muhammad Faishal Haq, ANALISIS STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Mahfida Inayati, Mulyadi Mulyadi, Ali Nurhadi, ANALISIS PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN MELALUI MANAJEMEN HUMAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
You may also start an advanced similarity search for this article.