PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENGAWAL EKONOMI KREATIF

DOI:

https://doi.org/10.32478/b6q3tv78

Authors

Keywords:

ekonomi kreatif

Abstract

Abstrak

Ekonomi kreatif salah satu bentuk aktivitas perekonomian yang terlahir dari pengembangan ide-ide kreatif masyarakat, perkembangan ekonomi kreatif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ekonomi kreatif akan melahirkan manusia yang memiliki ketrampilan dibeberapa bidang, dengan demikian pengebangan SDM yang kreatif tidak lah lepas dari peran perguruan tinggi yang memiliki peran dalam membentuk sdm masyarakat yang lebih maju, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan peran perguruan tinggi dalam mengawal ekonomi kreatif. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan penyajian data berbentuk deskripdtif dan data-data yang diperoleh dari kajian pustaka yang mendukung penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah ada empat, yang pertama dalam mengawal ekonomi kreatif langkah pertama yang dilakukan perguruan tinggi adalah melakukan penelitian terkait dengan teknologi yan digunakan untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Langkah kedua adalah pengembangan ekonomi kreatif dilakukan dengan mengadakan edukasi dan pelatihan-pelatihan untuk pengembangan ketrampilan agar ide yang ada bisa dikembangkan dengan kebutuahan. Langkah ketiga adalah dengan mengembangkan teknologi untuk home industry, dalam hal ini bagaimana home industry bisa berkembang dengan keberadaannya teknologi ditengah-tengah masyarakat, langkah keempat adalah dengan membantu HAKI hal ini agar produk-produk yang ada dapat terlindungi dengan hukum. Sehingga akan meminimalisir pemalsuan-pemasuan produk yang asli.

Kata Kunci : Ekonomi, Kreatif, Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Jodang Setia Adi Anista, STAIMa'had Aly Al-Hikam Malang
    eko syariah

References

Amrina, F. I., & Primandhana, W. P. (2022). Analisis pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi. 2(2), 483–487. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i2.10885

Fadhli, M. (2020). Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Al-Tanzim:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(02). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2

Fawaid, A., & Fatmala, E. (2020). Home Industry Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 109. https://doi.org/10.35931/aq.v14i1.342

Febri Angelia, & Yohanna Gultom. (2020). Peran Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jurnal Kebijakan Ekonomi, 15(2). https://scholarhub.ui.ac.id/jkeAvailableat:https://scholarhub.ui.ac.id/jke/vol15/iss2/4

Ginting, A. M. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Provinsi Jawa Barat. Kajian, 22(1), 71–84.

Gustiana, R., Hidayat, T., & Fauzi, A. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia ). Jemsi, 3(6), 657–666.

Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063

Mantiri, J. (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904

Nursanjaya.2019. (n.d.). EKSISTENSI PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA: IDEALISME ATAU BISNIS? 2(1), 21–33.

Rimang, S. S., & Soadiq, S. (2015). Pengembangan Sistem Dan Teknologi Home Industri Kanrejawa Bannang-Bannang Melalui Kkn-Ppm Di Desa Maccinibaji Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Ajie, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.20885/ajie.vol4.iss2.art1

Rongiyati, S. (2018). Perlindungan Hukum Hak Kekayaan Intelektual Pada Produk Ekonomi Kreatif. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 9(1), 47.

Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.22437/jssh.v2i1.5281

Sedyati, R. N. (2022). Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16(1), 155–160. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.27957

Suliyanto, S., Novandari, W., & Setyawati, S. M. (2016). Efektifitas Pelatihan Partisipatori Industri Kreatif Batik Tulis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 139. https://doi.org/10.24914/jeb.v19i1.484

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(4), 188–193. https://doi.org/10.32672/btm.v1i4.1720

Suryana, S. (2018). Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2), 368–378. https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/1443.

Susilo, Y., Wijayanti, E., & Santoso, S. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada Pemasaran Ekonomi Kreatif Kuliner Minuman Boba. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 457–468.

Sutra Disemadi, H., & Kang, C. (2021). Tantangan Penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7(1), 54. https://doi.org/10.23887/jkh.v7i1.31457

Syakur, A., & Panuju, R. (2020). Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 128–136. http://dx.doi.org/10.28926/briliant

Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172

Wardhana, A., Kharisma, B., & Lisdiyanti, T. (2020). Teknologi Informasi Komunikasi Dan Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Barat Dan Timur Indonesia Periode 2014-2018. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11, 1103. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i11.p05

Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2018). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Unmas Denpasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 171–177.

Windiantina, W. W., Dermawan, I. M., & Permanasari, Diah Irianti, D. (2022). Hak Kekayaan Intelektual Dalam Perspektif Hukum Dan Manfaatnya Bagi Masyarakat. Bhakti Hukum, 1(1), 96–102. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JBH/article/view/17832/9167

Zulkifli, Z., & Anis, A. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Modal Manusia Terhadap Perekonomian Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(3), 855. https://doi.org/10.24036/jkep.v1i3.7712

Downloads

Published

2024-05-13

Issue

Section

Review Articles

How to Cite

PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENGAWAL EKONOMI KREATIF. (2024). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 15-25. https://doi.org/10.32478/b6q3tv78