TELAAH MANAJEMEN KURIKULUM KHAS SEKOLAH RABBANI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MANDIRI SISWA

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.886

Authors

  • Ebi Nabilah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Manajemen, Kurikulum Tajir, Ekonomi Mandiri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum khas di suatu lembaga pendidikan dalam upaya meningkatkan perekonomian mandiri siswa. Manajemen yang terprogram dilakukan untuk mengoptimalkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Termasuk sistem administrasi suatu program pembelajaran. Khususnya program kewirausahaan. Lokasi penelitian dilakukan di SD Rabbani Arcamanik. Kurikulum yang diterapkannya adalah kurikulum tajir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa manajemen kurikulum tajir terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan kurikulum melalui tahap sosialisasi dan pemodalan. Proses pelaksanaan melibatkan guru, siswa, orang tua dan bidang kurikulum. Sedangkan proses evaluasi dilakukan pada karakter kewirausahaan siswa, produk tajir dan budget control. Kurikulum tajir dapat meningkatkan ekonomi mandiri siswa. Ketika siswa memiliki tabungan dan mengikuti kegiatan sedekah recehan, maka dapat dikatakan bahwa siswa mandiri secara financial dan sejahtera secara spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. (2021). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Ar-Riyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 5163.
Aisyah, M. (2020). Pembentukan Karakter Percaya Diri Siswa Melalui Program Ekstrakulikuler Kewirausahaan di SD Anak Saleh KOta Bandung. In Procedding International Conference on Islamic Education (pp. 156160).
Andriyanty, R., Hasibuah, A. N., Rambe, D., Wahab, D., Widayati, E., Yunas, H., Widjanarko. (2020). Penerapan Model Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Bagi Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(1), 117.
Aryani, M., & Najwa, L. (2019). Peran Pendidikan Kewirausahaan sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 4(1), 14.
Bahri, S. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, XI(1), 1534.
Bukhori, I., & Kusumawati, R. (2020). Pengabdian Masyarakat: Internalisasi Kurikulum Kewirausahaan SD Muhammadiyah 2 Purwodiningratan. In Prosiding SEMNAS PPM 2020 (pp. 10911095).
Cahyani, S. S. A., Timan, A., & Sultoni. (2019). Manajemen Pelatihan Kewirausahaan Bagi Peserta Didik di Kampoeng Kidz. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 19.
Ferdinand, D. Y. Y., T, A. K., & D, R. G. (2019). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Keworausahaan di SD/TK Karunia Hidup Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 5(1), 95105.
Indihadi, D., & Rustono, W. (2016). Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Materi Wirausaha di MI Quraniyah Batu Kuta Narmada Tahun Pelajaran 2019/2020. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 117128.
Khulafa, F. N., Umami, F. Z., & Putri, R. H. (2017). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa (pp. 146153).
Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Perserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasisi Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 6980.
Kusuma, A. I. (2017). Strategi Manajemen Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. JPSD (Jurnal Pendidikan Penelitian Sekolah Dasar), 4(1), 7786.
Maryani, L., Nurhadi, M., & Fazriyah, N. (2018). Menumbuhkan Kewirausahaan pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Tematik. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (SEPEDA) (pp. 345352).
Mashud, I. (2016). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day Sekolah Dasar Islam YAKMI Kota Tangerang). In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (pp. 501510).
Misjaya, Bukhori, D. S., Husaini, A., & Syafri, U. A. (2019). Konsep Pendidikan Kemandirian Ekonomi di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo-Jawa Timur. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01), 91108.
Muhafid, E. A., & Zuhdi, R. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis Kewirausahaan dalam Membentuk Sikap Wirausaha pada Siswa Jenjang Pendidikan Dasar di Kabupaten Kebumen. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 118.
Mulyani, E. (2021). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 118.
Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, 2(1), 3946.
Pangesti, I. (2018). Kebijakan dan Penerapan Model Pendidikan Kewirausahaan untuk Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(1), 7281.
Pramesti, D., & Kusuma, A. I. (2020). Implementasi Nilai Kewirausahaan Jenjang Sekolah Dasar pada Sekolah Mitra STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung di Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 17(1), 16.
Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2016). Pendidikan Kewirausahaan bagi Anak Usia Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (pp. 419437).
Rori, H. (2013). Analisis Penerapan Tax Planning atas Pajak Penghasilan Badan. Jurnal Emba, 1(3), 410418.
Setiawan, A. (2019). Pengelolaan Program Kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 167180.
Setioanto, G., & Risdiani. (2020). Efektifitas Mata Kuliah Al Islam Kemuhammadiyahan dalam Pembentukan Akhlakuk Karimah Mahsiswa (Studi Deskriptif Analitis di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan). Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 101116.
Subandi. (2015). Pengembangan Kurikulum Berbasiskan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi Keislaman Swasta (PTKIS). Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 2946.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatman, U. (2017). Pesantren dan Kemandirian Ekonomi Kaum Santri (Kasus Pondok Pesantren Fathiyyah Al-Idrisiyyah Tasikmalaya). Jurnal Al-Tsaqafa, 14(02), 303315.
Syarifuddin. (2015). GURU PROFESIONAL: Dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi). Al-Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 6584.
Widayati, S. (2018). Peningkatan Kualitas Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah. Jurnal Waspada UNDARIS, 3(1), 119.
Zulhimma. (2018). Upaya Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Lembaga Pendidikan Islam. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 04(2), 313328.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

TELAAH MANAJEMEN KURIKULUM KHAS SEKOLAH RABBANI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MANDIRI SISWA. (2022). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 146-160. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.886

Similar Articles

1-10 of 51

You may also start an advanced similarity search for this article.