KEPEMIMPINAN KHARISMATIK BERDASARKAN AL-QURAN PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB
DOI:

Keywords:
Kepemimpinan Kharismatik; Perspektif Al-Quran; Perspektif Tafsi Al-Misbah.Abstract
Kepemimpinan kharismatik memiliki peran strategis dalam membangun kepercayaan dan semangat kolektif, terutama di lingkungan daerah atau lembaga pendidikan Islam. dalam perspektif Al-Quran, pemimpin ideal adalah sosok yang jujur, adil, dan bijaksana, serta mampu menjalankan amanah dengan prinsip musyawarah dan keadilan. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk memahami konsep kepemimpinan kharismatik berdasarkan perspektif Al-Quran sebagaimana dijelaskan dalam Tafsir Al-Mishbah karya Quraish Shihab. Penelitian ini mengeksplorasi nilai-nilai kepemimpinan yang relevan dengan konteks pendidikan Islam dan pembangunan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan menganalisis Tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab sebagai data primer dan buku serta jurnal terkait sebagai data sekunder. Analisis teks dan interpretatif diterapkan untuk memahami konsep kepemimpinan kharismatik dalam Al-Quran dan membandingkannya dengan pandangan ulama lain. Dalam penelitian ini, ditemukan 98 artikel yang disaring menggunakan model prisma dan dianalisis lebih dalam tentang kepemimpinan kharismatik berdasarkan al-quran perspektif tafsir al-misbah karya quraish shihab dengan menelaah berbagai jurnal bereputasi dan tafsir tafsir al-misbah hingga jilid 15. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa gaya kepemimpinan dalam Al-Quran berdasarkan tafsir Al-Misbah dan relevansinya dengan teori kepemimpinan modern. Al-quran menekankan kepemimpinan yang amanah, adil, dan berdasarkan musyawarah (Surah An-Nisa, 4:58; Surah Ash-Shura, 42:38), yang sejalan dengan kepemimpinan transformasional dan partisipatif. tafsir Al-Misbah menekankan pentingnya pemimpin yang tidak hanya kompeten secara administratif, tetapi juga memiliki nilai moral dan spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip kepemimpinan dalam Al-Quran relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan islam, guna menciptakan pemimpin yang efektif dan berintegritas. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh kepemimpinan kharismatik terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat di berbagai sektor, seperti pendidikan, ekonomi, dan sosial. Fokus penelitian ini dapat memperdalam pemahaman mengenai mekanisme kepemimpinan yang efektif dalam menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan.
Downloads
References
Abdul Wahab, W., Umar, M. H., & Badarussyamsi. (2024). The Leadership Vision of Charismatic Kyai in the Implementation of Religious Moderation Values in Al-Baqiyatush Shalihat Islamic Boarding School, Jambi Province. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 6(2), 399–424. https://doi.org/10.47006/ijierm.v6i2.336
Afrizal Nur. (2012). Kritik Ilmiah (M. Quraish Shihab dan Rasionalisasi Tafsir). Jurnal Ushuluddin, XVIII(1), 21–33. https://drive.google.com/file/d/1zNnsVGPA2wQ16pKGrneR8XQChsMcXBTM/view?usp=drivesdk
Al Kahfi, & Hamidullah Mahmud. (2014). Penerapan Etika Amanah Dalam Manajemen Kepemimpinan Modern Perspektif Q.S Al-Ahzab : 72 Berdasarkan Tafsir Al-Misbah. Al-Munir (Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir), 6(2), 1–22.
Alberda Salma, F., & Imamul, M. (2025). Kepemimpinan Pendidikan meliputi Pengertian, Karakteristik, Model, Strategi, serta Keberhasilannya. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–133.
Ali Nasith. (2024). The Role of Kyai’s Charismatic Leadership in Mitigating Religious Intolerance and Radicalism in Pesantren. International Journal of Social Science and Religion (IJSSR), 203–230. https://doi.org/10.53639/ijssr.v5i2.238
Amanulloh, M. J. A., & Mohamad Irvan Muzakky. (2024). Optimization Of Continouos Improvement In Islamic Education: A Systematic Literature Review. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 251–269. https://doi.org/10.32478/6c7hjr10
Aty Munshihah, & Nurun Nisaa Baihaqi. (2023). Characteristics of Leaders in the Qur ’ an Ma ’ na-Cum-Maghza Perspective ). JSEAIS: Journal of Southeast Asian Islam and Society, 2(2), 85–88.
Badrun, B. (2024). Enhancing Islamic Education: The Role of Madrasah-Based Management in Islamic Boarding Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2772–2780. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5153
Chanifah, N., Samsudin, A., & Hajar Ansori, I. (2024). Quranic Leadership: The Effort to Realize the Integrity of Leaders in Preventing Corruption. International Journal of Educational Management and Innovation, 5(1), 24–38. https://doi.org/10.12928/ijemi.v5i1.9173
Christensen, L. B., Johnson, R. B., & Turner, L. A. (2015). Research Designs, Method, and Analysis. In Pearson.
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2018). Designing and conducting mixed methods. In Thousand Oaks (3rd ed.). SAGE Publications Ltd. https://bayanbox.ir/view/236051966444369258/9781483344379-Designing-and-Conducting-Mixed-Methods-Research-3e.pdf
Daimah. (2018). Pemikiran Muhammad Quraish Shihab (Religius Rasional) tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya terhadap Dunia Modern. Madaniyah, 8(2), 173–185.
Dewi Shinta Kurnia Ilahi, & Ainur Rofiq Sofa. (2025). Digitalisasi Konsep Mawaddah Wa Rahmah dalam Al- Qur ’ an dan Hadist : Strategi Psikologi Keluarga untuk Membangun Keharmonisan Rumah Tangga di Desa Bucor Wetan Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 180–200. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.875
Dzakiyyatuddinil Fithri, Delvira Indriani, Fitri Naluriah Lestari, & Hermanto, E. (2024). Relevansi Ayat Kursi sebagai Pilar Perlindungan Spiritual menurut Perspektif Tafsir Al-Misbah. Al-Maktabah: Jurnal Studi Ilmu Al-Quran, Hadis Dan Tafsir, 01(02), 1–14.
Elma S. Groenewald, Coenrad Adolph Groenewald, Ralph Arjay C. Dela Cruz, Francisca T. Uy, Osias Kit T. Kilag, & Marlon T. Villaver, J. (2024). Navigating Educational Leadership: Challenges, Styles, and Impacts – A Systematic Review. IMJRISE: International Multidisciplinary Journal of Research for Innovation, Sustainability, and Excellence, 1(2), 262–267. https://www.researchgate.net/profile/Elma-Groenewald-2/publication/378514907_Navigating_Educational_Leadership_Challenges_Styles_and_Impacts_-_A_Systematic_Review/links/65dde25fe7670d36abe2c209/Navigating-Educational-Leadership-Challenges-Styles-and-Impacts-A-Systematic-Review.pdf?__cf_chl_tk=EpgD6oShMgttL1nIZ_flve1KGzVzds.fsB_tXntvX4Y-1735195971-1.0.1.1-vSaJ9mUw4_x.7rWhFtJPSymP1rR7LH7rdL6pYGB65CE
Fahrur Rozy, Anggie Sri Utari, M.Agil Febrian, Misra Nova, Siti Qomariah, & Ali Imran Sinaga. (2024). Peran Strategis Kepemimpinan Wanita Muslim dalam Mengembangkan Dunia Pendidikan : Sebuah Analisis dari Perspektif Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Indonesia pada tingkat lokal , tetapi juga global . Dengan tidak membahas topik ini , kita mu. TASQIF: Jurnal Pendidikan Agama Islam, I(1), 19–33. https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/568/151
Firdaus, F. (2023). Peran Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah: Sebuah Tinjauan Literatur. Journal on Education, 6(1), 349–357. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2948
Gunawan, A., Pratama, D. P., Hasri, S., & Sohiron, S. (2024). Kepemimpinan Kharismatik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 19–35. https://doi.org/10.46963/alliqo.v9i1.840
Ikhrom, N., Siti Imroatul Latifah, & Desi Ariyani. (2024). Sejarah Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib: Analisis Peranannya dalam Perkembangan Peradaban Islam. Tsaqofah & Tarikh, 9(1), 49-.
Jahro, N. D., & Farida, F. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Perilaku Beragama Siswa. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 159–168. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i1.340
Lestari, H., Rahmawati, I., & Ulfatul Hasanah, S. (2024). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 221–234. https://doi.org/10.32478/165qgy55
Luthfi Zainul Muktashi, Andri Nirwana AN, Sufian Suri, & Fuadi. (2024). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Tinjauan Majas Isti ’ arah ( Metafora ) Terhadap Kata Qiradatan ( Kera ) Dalam Kitab Tafsir Kontemporer ( Studi Kasus Ashabus Sabat Dalam Tafsir Quraish Shihab Dan Tafsir Wahbah Zuhaili ). AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 7(2), 994–1014. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i2.1036.Majaz
M. Quraish, S. (2005). Tafsir Al- Mishbah, Pesan, Kesan, dan Kreasi Al- Qur’an(Al-Mishbah Jilid 11). In Buku (3rd ed., Vol. 01, Issue 01, p. 555). Lentera Hati.
M. Quraish, S. (2007). Tafsir Al- Mishbah, Pesan, Kesan, dan Kreasi Al- Qur’an(Al-Mishbah Jilid 10) (5th ed.). Lentera Hati.
M. Quraish Shihab. (2002). Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an) Jilid II. In Wahid Hisbullah (Ed.), Sustainability (Switzerland) (5th ed., Vol. 11, Issue 1). Lentera Hati. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SIstem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
M. Quraish Shihab. (2005). Tafsir Al- Mishbah, Pesan, Kesan, dan Kreasi Al- Qur’an(Al-Mishbah Jilid 6). In W. Hisbullah (Ed.), Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (5th ed.). Lentera Hati.
M.Tohir, Achmad Ghufron, & Moh. Sholeh. (2024). Epistemologi burhani dalam penafsiran m. quraish shihab tentang jilbab perempuan. Al-Thiqah: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(2), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56594/althiqah.v7i2.257
Maskur, M., & Santosa, S. (2023). Analisis Penafsiran M. Quraish Shihab Tentang Karakter Seorang Pemimpin Dalam Tafsir Al-Misbah. JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.36769/jiqta.v2i1.291
Muhammad Aditya Ramadhan, & Dhian Supardam. (2024). Systematic Literature Review : Application Of Servant Leadership In Security And Aviation Services. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Sistem Industri, 3(2), 91–101. https://doi.org/10.56071/jtmsi.v3i2.981
Nilna Azizatus Shofiyyah, & Moh. Ichsan Zaelani. (2024). The Evolution of Madrasah Education: Nurturing Transformative Islamic Scholars. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6032–6042. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13320%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/13320/10223
Nurdin, A., Baharuddin, E., Sumardi, D., Idrus, L., & Mutiawati, I. (2024). Mappammaq Mangaji in Mandar, West Sulawesi: Childrearing Patterns Based on the Qur’an in the Anthropological Perspective of the Islamic Law. El-Usrah, 7(2), 501–520. https://doi.org/10.22373/ujhk.v7i2.25338
Nurwahidah, I., Nisa, R., Nurjamaludin, & Nurhidayat, R. (2024). Karakteristik Kepemimpinan Efektif. Jurnal Pelita Nusantara, 1(4), 449–456. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.300
Pani Rahma Yenti, Al Rafni, Suryanef, & Hasrul. (2024). Gaya kepemimpinan Wali Nagari Zul Fahmi dalam menyelenggarakan pemerintahan nagari. JECCO: Journal of Education, Cultural and Politics, 4(3), 717–726. https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/568/151
Putri Ayu Widyaningrum, Arindanu Arindanu, Yayat Suharyat, Ismail Mubarok, & Lusiana Lusiana. (2023). Agama Islam dan Komunikasi Efektif Dalam Konteks Organisasi. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 01–09. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i1.2525
Rani Utari, Siti Masykurah, & Abudzar Alghifari. (2024). Analisis Interpretasi Ayat-Ayat Syukur dalam Tafsir Al-Misbah : Sebuah Pendekatan Psikologis Pendahuluan. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(2), 279–299.
Santoso, S. (2024). Islamic Leadership: Prophet Muhammad as a Role Model of Charismatic, Transformational and Servant Leader. Jurnal Syntax Transformation, 5(7), 970–977. https://doi.org/10.46799/jst.v5i7.980
Satrio, A., Iril Admizal, Suriyadi, & Zakiar. (2024). Nilai-Nilai Lingkungan Dalam Tafsir Al-Misbah Menurut Perspektif Qurais Shihab. JPCS: Journal Peqguruang: Conference Series, 6(2), 571–576. https://doi.org/10.35329/jp.v6i2.5856
Setiawan, A. (2024). Ethical Decision-Making in Educational Leadership: Insights from Islamic Scholars. Edu Spectrum: Journal of Multidimensional Education, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.70063/eduspectrum.v1i1.29
Setiawan, A., Musthafa, I., & Hambali, A. (2024). Philosophy Of Islamic Education From The Perspective Of Ali Ahmad Madkur: A Critical Analysis. Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies, 81–102. https://doi.org/10.20885/ijiis.vol7.iss1.art5
Sintia Dwi Rahmadini, Aurelia Khaerani, Thohirotul, A., & Khozin, M. (2024). Analysis of Cultural Values In Educational Leadership Styles In Indonesia: Perspektives of Tradision and Modernity. Journal of the Japan Welding Society, 8(2), 11–22. https://doi.org/10.2207/jjws.91.328
Sitti Nuraini. (2024). The Effectiveness Of School Principal Leadership In Enhancing Teacher Professional Competence At Smk Miftahul Ulum Tumpeng Wonosari, Bondowoso. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 159–176. https://doi.org/10.32478/k4j59893
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (4th ed.). Alfabeta. -
Syamsu Nahar, Yusnaili Budianti, & Harsono Pasaribu. (2024). Islamic Educational Values in The Quran ( A Study on The Story of Prophet Sulaiman ) State Islamic University of North Sumatra. Jurnal IAIN Samarinda: Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 187–192.
Yusuf, K. M., Hulawa, D. E., & . A. (2024). Leadership Construction in The Qur’an: Meaning and Implications. International Journal of Religion, 5(5), 1001–1012. https://doi.org/10.61707/enta7b47
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muslem Ilyas, S.Pd., M.Pd, Arinal Rahmati, Muhammad Syahrial Razali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Ahmad Buchori Muslim, KONSEP KEPEMIMPINAN PERSPEKTIF TASAWUF POSITIF MODERN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Aisyatur Rosyidah, Suyadi Suyadi, MASKULINITAS DAN FEMINITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN DEFERENSIASI OTAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF NEUROSAINS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- DWITRI STEPANILI, EVALUASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM (ANALISIS TAFSIR Q.S QAFF AYAT 17-18) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Mochamad Nurcholiq, ACTUATING DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN AL-HADITS (Kajian Al-Quran dan Al-Hadits Tematik) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- AGUS PURWANTO, Riza Primahendra, Ardian Sopa, Sekundina Williana Kusumaningsih, Rudy Pramono, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Tangerang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Citra Anisa, Rahmatullah Rahmatullah, Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- MIFTACHUL ULUM, Abdul Mun’im, Muslih Muslih, PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Suwadi Suwadi, PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- ja'far ja'far, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Devi Pramitha, REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.