OPTIMALISASI MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI
DOI:
https://doi.org/10.32478/24w80642Keywords:
Burnout Syndrome , Mahasiswa, Manajemen Waktu, Prokrastinasi, Tafsir TarbawiAbstract
Kegagalan mahasiswa dalam mengelola waktu mengakibatkan beragam dampak negatif, seperti prokrastinasi akademik, burnout syndrome, serta minimnya study-life balance dan prestasi belajar. Artikel ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian pustaka dan analisis tafsir tarbawi yang berintikan pada analisis lughawi (bahasa), tahlili (tafsir) dan tarbawi (kependidikan). Ada empat temuan artikel yang didasarkan pada empat dampak negatif problem manajemen waktu di kalangan mahasiswa. Pertama, prokrastinasi akademik bisa disebabkan oleh rasa malas (kasl) dan lalai (sahw). Formulasi solusi untuk meminimalisasi prokrastinasi akademik adalah aktualisasi nilai-nilai dalam ayat-ayat yang memuat terma waqt dan ajal, yang meliputi: Penjadwalan, Penyegeraan, Fleksibilitas dan Dedikasi. Kedua, burnout syndrome bisa disebabkan oleh kelelahan fisik (nashb) dan psikis (dhiq). Formulasi solusi untuk meminimalisasi burnout syndrome adalah aktualisasi nilai-nilai dalam ayat-ayat yang memuat terma yaum, syahr dan sanah, yang meliputi: Variasi kegiatan harian, Produktif di masa perkuliahan dan healing di masa liburan dan Motivasi lulus kuliah tepat waktu. Ketiga, study-life balance mahasiswa dipengaruhi oleh mindset adil (‘adl) dan moderat (tawassuth). Formulasi solusi untuk optimalisasi study-life balance mahasiswa adalah aktualisasi nilai-nilai dalam ayat-ayat yang memuat terma nahar dan lail, yang meliputi: Keseimbangan aktivitas siang dan malam, Keseimbangan aktivitas dan istirahat serta Keseimbangan perkuliahan dan ibadah. Keempat, prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh mentalitas juara (sabq) dan sukses (falah). Formulasi solusi untuk optimalisasi prestasi belajar mahasiswa adalah aktualisasi nilai-nilai dalam ayat-ayat yang memuat terma ‘ashr dan ghudwah-ghadah, yang meliputi: Fungsionalisasi waktu, Pembiasaan bangun pagi dan Disiplin evaluasi diri.
University students’ failure to manage their time results in various negative impacts, such as academic procrastination, burnout syndrome, and lack of study-life balance and learning achievement. This article was prepared using a qualitative approach, a type of library research and analysis of Qur’anic educational interpretation (tafsir tarbawi) which has as its core an analysis of lughawi (language), tahlili (interpretation) and tarbawi (education). There are four article findings based on four negative impacts of time management problems among university students. First, academic procrastination can be caused by a laziness (kasl) which results in negligent attitude (sahw). The formulation of a solution to minimize academic procrastination is the actualization of values in verses containing the terms waqt and ajal, which include: Time scheduling, Act immediately, Flexibility and Dedication. Second, burnout syndrome can be caused by physical (nasb) and psychological (diq) fatigue. The formulation of a solution to minimize burnout syndrome is the actualization of values in verses containing the terms yaum, shahr and sanah, which include: Variation of daily activities, Productivity during study time and healing during holidays, and Motivation to graduate from university on time. Third, students’ study-life balance is influenced by a fair ('adl) and moderate (tawassut) mindset. The formulation of a solution for optimizing students' study-life balance is the actualization of the values in the verses which contain the terms nahr and lail, which include: Balance of day and night activities, Balance of activities and rest, and Balance of study and worship. Fourth, student learning achievement is influenced by the mentality of winning (sabq) and success (falah). The formulation of a solution for optimizing student learning achievement is the actualization of values in verses that contain the terms 'ash and ghudwah-ghadah, which include: Functionalization of time, the Habit of getting up early and the Discipline of self-evaluation.
Downloads
References
Admin. (2023). 5 Jenis Tugas Kuliah Mahasiswa. Kwikkiangie.Ac.Id. https://kwikkiangie.ac.id/home/2023/06/08/5-jenis-tugas-kuliah-mahasiswa/
Al-Ashfahani, A.-R. (2017a). Kamus Al-Qur’an Jilid 1 (A. Z. Dahlan (ed.)). Pustaka Khazanah Fawa’ id.
Al-Ashfahani, A.-R. (2017b). Kamus Al-Qur’an Jilid 2 (A. Z. Dahlan (ed.)). Pustaka Khazanah Fawa’ id.
Al-Ashfahani, A.-R. (2017c). Kamus Al-Qur’an Jilid 3 (A. Z. Dahlan (ed.)). Pustaka Khazanah Fawa’ id.
Al-Suyuthi, J. al-D. M. ibn A. ibn M. al-M. dan J. al-D. ‘Abdurrahman ibn A. B. (1991). Tafsir al-Jalalain. Dar al-Kutub al-’Ilmiyah.
Aprima, S. G., Arnol., & Satriadi, I. (2024). Tinjauan Al-Qur’an dan Hadits Tentang Manajemen Waktu (Literature Review). Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2937–2947.
Astuti, P., Muliana, R., & Kumayawati, S. (2023). Karakteristik Pergerakan Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Kota Pekanbaru. Journal of Urban Regional …, 02(01), 1–13. https://journal.uir.ac.id/index.php/JURPS/article/view/15158%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/JURPS/article/download/15158/5963
Asy’ari, H. (2017). Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul ’Alim wa al-Muta’allim) (Rosidin (ed.)). Tira Smart.
Biremanoe, M. E. (2021). Burnout Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 165–172. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/2809/0
Choirunnisa Asti M. (2024). Study Life Balance: Mengatasi Stress Akademis. Genre.Id. https://genre.id/artikel/study-life-balance-mengatasi-stress-akademis/
Claudia Nungki Santoso Putri, IGAA Noviekayati, A. P. R. (2022). Prestasi Belajar Akademik pada Mahasiswa: Bagaimana Peranan Manajemen Waktu? INNER: Journal of Psychological Research, 2(3), 510–518.
Danim, S. (2012). Kepemimpinan Pendidikan. Alfabeta.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193
Dianty Nur Inayah, Muh Daud, & Haerani Nur. (2023). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja di Kota Makassar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 266–273. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i2.1391
Djumara, B. (2024). Perundungan di Kampus. Www.Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/opini/2024/04/23/perundugan-di-kampus
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fakultas Humaniora. (2023). 4 Manfaat Lulus Tepat Waktu Yang Perlu Anda Ketahui. Humaniora.Uin-Malang.Ac.Id. https://humaniora.uin-malang.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5682:4-manfaat-lulus-tepat-waktu-yang-perlu-anda-ketahui&catid=73&Itemid=842
Firdaus, A., Sakinah, S., & Anisah, A. (2021). Burnout Syndrome dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 257. https://doi.org/10.33087/eksis.v12i2.277
Hikmah, N., Fauziyah, N. K., Septiani, M., & Lasari, D. M. (2022). Healing Sebagai Strategi Coping Stress Melalui Pariwisata. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.36256/ijtl.v3i2.308
Indirasari, A. T. R. U. & D. T. (2023). Apa Itu Burnout Syndrome? Stres yang Bikin Tidak Konsentrasi Saat Kuliah. Edukasi.Okezone.Com. https://edukasi.okezone.com/read/2023/07/27/65/2852948/apa-itu-burnout-syndrome-stres-yang-bikin-tidak-konsentrasi-saat-kuliah
Mahfud, D., Mahmudah, M., & Wihartati, W. (2017). Pengaruh Ketaatan Beribadah Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Uin Walisongo Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(1), 35–51. https://doi.org/10.21580/jid.v35.1.1251
Maulana, M. H., Mugni, K., Ariadi, I. Z., & Alfian, M. S. (2023). Manajemen Waktu Menurut Perspektif Agama Islam: Implikasi Untuk Produktivitas Pribadi Dan Organisasi Di Era Digital. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(4), 925–934.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kemendikbud.
Muhammad Syukur, A. Octamaya Tenri Awaru, M. (2020). Fenomena Prokrastinasi Akademik di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Neo Societal, 5(4), 374–380.
Nadiyah, Wolor, C. W., & Marsofiyati. (2023). Kemampuan Penyesuaian Diri Pengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 185–204.
Nata, A. (2009). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.
Ngalup. (2023). Apa itu Work Life Balance? Manfaat dan 4 Indikatornya. Ngalup.Co. https://ngalup.co/artikel/work-life-balance/
Nika Sintesa. (2022). Analisis Pengaruh Time Management Terhadap Kedisiplinan dan Akademik Mahasiswa. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.30640/trending.v1i1.465
Nurlela, Sulvinajayanti, & Afiah, N. (2023). Studi Suasana Hati di Pagi Hari pada Mahasiswa yang Memiliki Kebiasaan Begadang dengan yang Tidak Begadang di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Indonesian Journal of Islamic Counseling, 5(2), 138–153. https://doi.org/10.35905/ijic.v5i2.6678
Pangemanan, F. L., Pio, R. J., & Tumbel, T. M. (2017). Pengaruh Work-Life Balance dan Burnout Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 5(3), 1–8.
Putri Lailista Indriyanti. (2022). Manajemen Waktu Dalam Al-Qur’an Berdasarkan Penafsiran M. Quraish Shihab [UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/9728/1/PUTRI LAILISTA INDRIYANTI_U20161046.pdf
Putri, N. I., & Edwina, T. N. (2020). Task Aversiveness Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 124–140. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.242
Risma Dewi. (2022). Infografis: Fenomena Burnout di Kalangan Mahasiswa. Siarpersma.Id. https://siarpersma.id/05/08/2022/infografis-fenomena-burnout-di-kalangan-mahasiswa/
Risnasari. (2015). Manajemen Waktu Menurut Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tahlili QS Al-Hasyr:18) [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4409/1/Skripsi Risnasari.pdf
Rizkawati, M. (2022). Pentingnya Menjaga Kebiasaan Bangun Pagi. Fk.Uii.Ac.Id. https://fk.uii.ac.id/pentingnya-menjaga-kebiasaan-bangun-pagi/
Rosidin. (2014). Metode Tafsir Tarbawi Praktis. Genius Media.
Sarirah, T. (2017). Apakah Prokrastinator Sejahtera Psikologisnya? Studi Pada Dosen Di Universitas X Malang. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(2), 134. https://doi.org/10.20473/jpkm.v1i22016.134-140
Shihab, M. Q. (2021). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.
Sketsa Unmul. (2021). Parkinson’s Law: Dilema Menunda dan Menyelesaikan Tugas. Www.Sketsaunmul.Co. https://www.sketsaunmul.co/life-style/parkinsons-law-dilema-menunda-dan-menyelesaikan-tugas/baca
Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Jilid 2) (M. Samosir (ed.)). PT Indeks.
Sri Sulasteri, Fitriani Nur, A. K. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Idaarah, 3(1), 96–113.
Syahputra, R. R. (2023). Manajemen Waktu Perspektif Al-Qur’an Dalam Peningkatan Produktivitas Hidup: Studi Tafsir Tematik. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Universitas Prasetiya Mulya. (2023). Cara Menciptakan Kehidupan Mahasiswa yang Seimbang di Kampus. Www.Prasetiyamulya.Ac.Id. https://www.prasetiyamulya.ac.id/cara-menciptakan-kehidupan-mahasiswa-yang-seimbang-di-kampus/
UPK Kemenkes RI. (2021). Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan oleh Tubuh. Upk.Kemkes.Go.Id. https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh
Yunfahnur, S., R, F. D., & Martina, M. (2022). Adiksi Media Sosial Pada Mahasiswa. JIM FKep, 6(3), 9–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Mahfida Inayati, Mulyadi Mulyadi, Ali Nurhadi, ANALISIS PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN MELALUI MANAJEMEN HUMAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Muhammad Akbar, Aswar Aswar, MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN IMAM ASY-SYAATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH TINGKAT ‘ULYA BOTTOBADDO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Iwan Sopwandin, Erni Haryanti, Dian Dian, Manajemen pelayanan perpustakaan perguruan tinggi islam , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Yuli Salis Hijriyani, Fenty Andriani, Rosidin Rosidin, THE ROLE OF SHADOW TEACHER IN LEARNING MANAGEMENT OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS IN PAUD TERPADU INKLUSI BINA INSAN KREATIF TASIKMALAYA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.