EVALUASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM (ANALISIS TAFSIR Q.S QAFF AYAT 17-18)
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i2.270Keywords:
Evaluation, Education, IslamAbstract
This journal describes the Evaluation of Islamic Perspective Education. Assessment is intended to determine educational decisions, which consist of planning, management, process and follow-up of education, both involving individuals, groups and institutions. In this context, the assessment in Islamic perspective education is aimed at making decisions related to education truly in accordance with Islamic values so that the educational goals proclaimed can be achieved to the fullest. This evaluation system is based on the evaluation system outlined by Allah SWT, in the Koran and explained in the Sunna, which was carried out by the Prophet Muhammad in the process of fostering Islamic treatises. This research is a type of library research (library research), because the data source that will be explored is more focused on the study of literature: the written texts. Therefore this researcher will emphasize a qualitative approach.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.
Al-Aziz, Abdul dkk. Dalam Hasan Langgulung, Pendidikan dan peradaban Islam, al-Hasan. Jakarta: Indonesia, 1985.
Azra, Azyumardi. Catatan tentang Evaluasi atas arah pendidikan serta fungsionalisasi Pemikiran Pendidikan di Indonesia. Makalah pada Diskusi
Jamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak didik dalam interaksi edukatif- Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: PT Rieneka Cipta, 2005.
Purwanto,Ngalin. Evaluasi Pengajaran.Bandung: Remaja Karya, 1955.
Ramayulis, Teknik Evaluasi Pendidikan agama Islam di Madrasah, Makalah, Fak. Tarbiyah IAIN Batusangkar,1996.
Soeharto, Karti. Teknologi Pembelajaran, Pendekatan sistem, konsepsi dan model, SAP, evaluasi, sumber belajar dan Media. Surabaya : SIC advertising, 2003.
Wand Edwin and General W. Brown, Essential of educational Evaluation. New York: 1979, vol 27.
Syaibany, Omaar Mohammad al-Toumu M. Falsafah Pendidikan Islam, Alih bahasa Dr. Hasan Langgulung, Jakarta: Cet. I, Bulan Bintang, 1979.
Samani, M. & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Suwadi Suwadi, PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Mohammed Rosidin, RELASI DAN REKONSILIASI ANTARA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDIDIKAN BARAT , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Muhammad Ma'ruf, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Islam Darul Karomah Mandaranrejo Pasuruan , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Aisyatur Rosyidah, Suyadi Suyadi, MASKULINITAS DAN FEMINITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN DEFERENSIASI OTAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF NEUROSAINS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Zaedun Na'im, TINJAUAN TEORITIS MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Mariaty Podungge, PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Mohamad Rosidin, SASARAN PEMBENAHAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Bahar Agus Setiawan, Sofyan Rofi, Antara Recognisi, Rekonstruksi dan Kekhawatiran Hilangnya Indigenousity Pondok Pesantren , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.