STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH YANG MEMADUKAN TEKNOLOGI DAN NILAI ISLAM DI SMK MA'ARIF KOTA BATU
DOI:

Keywords:
pembelajaran jarak jauh, Teknologi, nilai islamAbstract
Teknologi dan pembelajaran jarak jauh kini menjadi aspek penting dalam pendidikan, terutama pasca-pandemi COVID-19. SMK Ma'arif adalah salah satu sekolah kejuruan yang mengintegrasikan pembelajaran jarak jauh dengan nilai-nilai Islami dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi penerapan pembelajaran jarak jauh di SMK Ma'arif Kota Batu. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen dari berbagai informan, yaitu kepala sekolah, tim IT, guru, siswa, dan orang tua. Data dianalisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan platform pembelajaran yang tepat berperan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Pemanfaatan media pembelajaran yang memadukan teknologi dengan nilai-nilai Islam untuk membangun karakter siswa. Selain itu, pengembangan keterampilan guru dalam teknologi dan pedagogi Islam diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif. Strategi pengelolaan kelas yang baik berkontribusi pada terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif meskipun dilakukan secara daring. Dengan demikian, keberhasilan pembelajaran daring sangat bergantung pada sinergi antara pemilihan platform, penggunaan media yang tepat, keterampilan guru, dan strategi pengelolaan kelas yang efektif.
Downloads
References
Adam, A. (2023). Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 13–23.
Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Rahma, M., Salbiah, S., & Soleha, I. J. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.504
Baduri, H., & Romadlon, Z. A. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Pendidikan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 14–14. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.700
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Kembang, L. G. (2020). Perbandingan model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran daring ditinjau dari hasil belajar mata pelajaran SKI (studi pada siswa kelas VIII) MTs Darul Ishlah Ireng Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020 [Other, UIN Mataram]. https://etheses.uinmataram.ac.id/297/
Khorofi, M. (2021). PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILENIAL: UPAYA MEWUJUDKAN GENERASI UNGGUL DENGAN NILAI-NILAI ISLAM. Kabillah : Journal of Social Community, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.35127/kabillah.v6i2.148
Mardhiyah, H., Zahara, H., & Maulana, I. (2024). Hubungan Teknik Umpan Balik Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 37–52. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.784
Miles, H., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Murtadlo, M., Basri, H. H., & Alia, N. (2021). Indeks Karakter Siswa: Jenjang Pendidikan Menengah 2021. OSF. https://doi.org/10.31219/osf.io/expsd
Najah, A. T. S., & Febriyanti, H. D. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Inovasi Manajemen Kurikulum di SMA Al Fattah Sidoarjo. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(4), 1102–1111.
Novayanto, A. D., & Pribadi, B. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 84–96.
Putri, R. A. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233
Rasyad, I., Wulandari, S. R., & Ghazali. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN INTERAKSI SISWA DI KELAS. JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1876
Tugino, T., Munadi, M., & Khuriyah, K. (2023). Pengaplikasian Teknologi Digital dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.
Yuliawati, T., & Amaludin, S. (2022). The Effectiveness Of Using Moodle Application Media (Lms) In Learning. Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/ISLLAE.04103
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bunga Aprilia Firdausi, Aninda Tri Safinatun Najah, Devi Pramitha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Mochammad Jafar Amri Amanulloh, Mohamad Irvan Muzakky, OPTIMIZATION OF CONTINOUOS IMPROVEMENT IN ISLAMIC EDUCATION: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Miftakhul Munir, MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Rahmatullah Rahmatullah, PENINGKATAN MUTU PENDIDIK PERSPEKTIF ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- - Romdloni, PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI MANAJEMEN KELAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Subur Wijaya, PERAN LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Ahmad Buchori Muslim, Ahmad Aziz Faozi, PENJAMINAN MUTU MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN TANGERANG MELALUI IMPLEMENTASI EVALUASI DIRI MADRASAH BERBASIS ELEKTRONIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2025): Evaluasi-Edisi Maret
- Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, WINANTI WINANTI, Miyv Fayzhall, Firdaus Putra, HARD SKILLS DAN SOFT SKILLS: APA MEMBANGUN INOVASI GURU SEKOLAH ISLAM? , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.