PENJAMINAN MUTU MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN TANGERANG MELALUI IMPLEMENTASI EVALUASI DIRI MADRASAH BERBASIS ELEKTRONIK
DOI:

Keywords:
Evaluasi Diri Madrasah, Mutu Madrasah, Madrasah Aliyah NegeriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penjaminan mutu pendidikan Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tangerang melalui implementasi kebijakan evaluasi diri madrasah berbasis elektronik. Evaluasi diri madrasah merupakan suatu proses penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, dan penerapan teknologi informasi dalam evaluasi diri dapat mempermudah dan mempercepat proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait kebijakan evaluasi diri madrasah berbasis elektronik. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru, dan staf administrasi madrasah yang terlibat dalam implementasi kebijakan ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tangerang dalam melakukan evaluasi diri madrasah berbasis elektronik dimulai dengan pembentukan Tim Penjamin Mutu Madrasah, Pembagian ruang lingkup kerja berdasarkan lima indikator budaya mutu, pengumpulan bukti untuk setiap indikator pada masing-masing budaya mutu, rapat kerja Tim Penjamin Mutu untuk menvalidasi data serta menentukan tingkat pencapaian masing-masing indikator dan rekomendasi yang akan diinputkan pada aplikasi e-EDM. Kedua, Tantangan yang dihadapi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tangerang dalam melakukan evaluasi diri madrasah berbasis elektronik diantaranya adalah dokumen pembuktiaan pada sebagian indikator mutu belum terdokumentasikan secara baik, tidak adanya template umum untuk dokumen pembuktian masing-masing indiktor mutu sehingga membuat madrasah membuat sendiri template yang akan digunakan setiap tahunnya, Sumber Daya Manusia untuk dijadikan Tim Penjamin Mutu Madrasah yang belum maksimal dikarenakan terbagi dengan tugas pokoknya pada jabatan lain, dan Aplikasi baru yang memerlukan waktu dalam memahami cara kerja aplikasinya serta akses terhadap Aplikasi yang terkadang masih menemui kendala. Ketiga, dampak implementasi evaluasi diri madrasah berbasis elektronik memberikan dampak yang positif terhadap mutu Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tangerang diantaranya efisiensi dan efektfitas kerja tim penjamin mutu dalam melakukan evaluasi diri madrasah karena dilakukan secara digital, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas madrasah sebagai lembaga pendidikan kepada stakeholders terkait dan berdasarkan pada kesimpulan hasil pengisian e-EDM tahun 2024 dengan rata-rata mendapatkan nilai 89,46 termasuk pada kategori peringkat Sangat Baik.
Downloads
References
Alizar, M. N., Syamsudduha, S., & Rapi, M. (2022). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen e-RKAM dalam Penyusunan Rencana Strategis di MTs Syekh Yusuf Sungguminasa. Nazzama Journal of Management Education, 1(1), 149–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/7b59w
Aminah Prayogo, S., & Widodo, A. (2019). Membangun Budaya Mutu di Madrasah Unggul (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–29. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.199
Azmi, F., Syafaruddin, S., & Khairuddin, K. (2021). Innovation of Manajement in Improving Islamic Education Learning Quality at MAN 2 Model Medan. JURNAL TARBIYAH, 27(2), 75–92. https://doi.org/10.30829/tar.v27i2.774
Baharun, H., & Zamroni. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard (A. Muadin (ed.)). Akademia Pustaka.
Faizin, F., & Sholehati, W. (2019). Peningkatan Daya Saing Pendidikan Melalui Manajemen Mutu Iso 9001 : 2008. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 1(1), 30–50. https://doi.org/10.52627/ijeam.v1i1.7
Febriawan, A., & Bakri, S. (2022). Implementasi EDM dan e-RKAM dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Sragen Tahun 2021/2022. Literatus: Literature for Social Impact and Cultural Studies Implementasi, 4(2), 704–710. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/lit.v4i2.888
Handika, H. (2023). Implementasi EDM dan E-RKAM dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Terpadu Al Husna Klaten. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 21–29. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i1.3381
Idamatul Khoiriyah, D. (2023). No Title (Prim Masrokan Mutohar (ed.)). Deazha Prima Nusantara.
Jamal, N., & Syarifah, M. (2018). Pengelolaan Administrasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. KABILAH : Journal of Social Community, 3(2), 210–222. https://doi.org/10.35127/kbl.v3i2.3410
Julaekha, S., Duryat, M., & Suhatma, S. (2022). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Kerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Kapetakan Cirebon. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 6(2), 190. https://doi.org/10.24235/jiem.v6i2.11848
Muhtasar, M., Fahrurrozi, F., & Hakim, L. (2023). Manajemen Evaluasi Diri dalam Menyusun Anggaran Menggunakan Aplikasi EDM e-RKAM pada Madrasah Sasaran Proyek (REP-MEQR). Manazhim, 5(1), 400–416. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2967
Muslim, A. B., & Candra, B. Y. (2024). Penguatan Manajemen Evaluasi Diri Madrasah Pada KKM Kecamatan Kelapa Dua Tangerang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 7(3), 426–435. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i3.3320
Na’im, Z. (2019). Relevansi Teknologi Pendidikan dan Mutu Pendidikan. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 273–287. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i2.296
Pendidikan, B. S. N. (2020). Tentang BNSP. Https://Bsnp-Indonesia.Org. https://bsnp-indonesia.org/tentang-bsnp-2/
Pendis, D. (2020a). Penjelasan Ketua PMU (Project Manager) Tentang Proyek REP – MEQR.
Pendis, D. (2020b). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penerapan EDM dan e-RKAM (Issue September).
Pendis, D. (2021). Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Versi 2.0.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan, 1 (2021). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf
Prasojo, L. D. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. UNY Press.
Prihastia, A., Hani, U., Safi’i, M., Mausul, S., & Daimah, D. (2022). Digitalization of Islamic Education Planning in Madrasah. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 4(1), 83–96. https://doi.org/10.52627/managere.v4i1.97
Rifa’i, M. (2019). Manajemen Organisasi Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53, 1–339.
Rohman, R., Nasihah, N. M., & Yuliana, A. T. R. D. (2019). Penjaminan Mutu Pendidikan Di Madrasah Dengan Metode Quality Function Deployment. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 292–313. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2304
Salehoddin, M., & Rony. (2022). Mengentas Mutu Madrasah Menuju Madrasah Berkualitas. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 7(2).
Sarvitri, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38–51.
Suseno, H., Hidayati, N., Pragita, T. E., & Sari, W. S. (2020). Panduan Penerapan SNI ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Badan Standarisasi Nasional.
Taufiqurokhman. (2024). Konsep dan kajian ilmu perencanaan. In Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama (Issue June).
Tuala, R. P. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Lintang Rasi Aksara Books.
Umar, M., & Ismail, F. (2018). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2). https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.581
Viktoria, T. (2015). Transparency and Accountability in The Education Fund Management in SMK Muhammadiyah Prambanan. E-Journal Jurusan Pendidikan Teknik Mekatronika, 4(4), 284–290. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mekatronika/article/view/2704
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Buchori Muslim, Ahmad Aziz Faozi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Siti Aminah Prayogo, Ari Widodo, MEMBANGUN BUDAYA MUTU DI MADRASAH UNGGUL (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Zaedun Na'im, MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Fitratul Isma, Lailatul Munawwaroh, IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH (STUDI KASUS DI MI MAARIF GONDOSULI MUNTILAN) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Zainul Arifin, STUDI EVALUATIF TENTANG KEBERADAAN SEKOLAH PROGRAM BAKAT ISTIMEWA DI MTsN MALANG III BERDASARKAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SMP/MTS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Suwadi Suwadi, PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- AGUS PURWANTO, Riza Primahendra, Ardian Sopa, Sekundina Williana Kusumaningsih, Rudy Pramono, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Tangerang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- ja'far ja'far, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Uuh Buchori, Ilzamudin Ma'mur, Ali Muhtarom, PERAN PENTING KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PROSES PENGEMBANGAN MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Wahyudi Widodo, Abd. Azis Tata Pangarsa, PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MELALUI MANAJEMEN STRATEGIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Akhmad Said, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.