PENJAMINAN MUTU MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN TANGERANG MELALUI IMPLEMENTASI EVALUASI DIRI MADRASAH BERBASIS ELEKTRONIK

DOI:

https://doi.org/10.32478/151jm373

Authors

Keywords:

Evaluasi Diri Madrasah, Mutu Madrasah, Madrasah Aliyah Negeri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penjaminan mutu pendidikan Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tangerang melalui implementasi kebijakan evaluasi diri madrasah berbasis elektronik. Evaluasi diri madrasah merupakan suatu proses penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, dan penerapan teknologi informasi dalam evaluasi diri dapat mempermudah dan mempercepat proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait kebijakan evaluasi diri madrasah berbasis elektronik. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru, dan staf administrasi madrasah yang terlibat dalam implementasi kebijakan ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tangerang dalam melakukan evaluasi diri madrasah berbasis elektronik dimulai dengan pembentukan Tim Penjamin Mutu Madrasah, Pembagian ruang lingkup kerja berdasarkan lima indikator budaya mutu, pengumpulan bukti untuk setiap indikator pada masing-masing budaya mutu, rapat kerja Tim Penjamin Mutu untuk menvalidasi data serta menentukan tingkat pencapaian masing-masing indikator dan rekomendasi yang akan diinputkan pada aplikasi e-EDM. Kedua,  Tantangan yang dihadapi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tangerang dalam melakukan evaluasi diri madrasah berbasis elektronik diantaranya adalah dokumen pembuktiaan pada sebagian indikator mutu belum terdokumentasikan secara baik, tidak adanya template umum untuk dokumen pembuktian masing-masing indiktor mutu sehingga membuat madrasah membuat sendiri template yang akan digunakan setiap tahunnya, Sumber Daya Manusia untuk dijadikan Tim Penjamin Mutu Madrasah yang belum maksimal dikarenakan terbagi dengan tugas pokoknya pada jabatan lain, dan Aplikasi baru yang memerlukan waktu dalam memahami cara kerja aplikasinya serta akses terhadap Aplikasi yang terkadang masih menemui kendala. Ketiga, dampak implementasi evaluasi diri madrasah berbasis elektronik memberikan dampak yang positif terhadap mutu Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tangerang diantaranya efisiensi dan efektfitas kerja tim penjamin mutu dalam melakukan evaluasi diri madrasah karena dilakukan secara digital, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas madrasah sebagai lembaga pendidikan kepada stakeholders terkait  dan berdasarkan pada kesimpulan hasil pengisian e-EDM tahun 2024 dengan rata-rata mendapatkan nilai 89,46 termasuk pada kategori peringkat Sangat Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alizar, M. N., Syamsudduha, S., & Rapi, M. (2022). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen e-RKAM dalam Penyusunan Rencana Strategis di MTs Syekh Yusuf Sungguminasa. Nazzama Journal of Management Education, 1(1), 149–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/7b59w

Aminah Prayogo, S., & Widodo, A. (2019). Membangun Budaya Mutu di Madrasah Unggul (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–29. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.199

Azmi, F., Syafaruddin, S., & Khairuddin, K. (2021). Innovation of Manajement in Improving Islamic Education Learning Quality at MAN 2 Model Medan. JURNAL TARBIYAH, 27(2), 75–92. https://doi.org/10.30829/tar.v27i2.774

Baharun, H., & Zamroni. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard (A. Muadin (ed.)). Akademia Pustaka.

Faizin, F., & Sholehati, W. (2019). Peningkatan Daya Saing Pendidikan Melalui Manajemen Mutu Iso 9001 : 2008. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 1(1), 30–50. https://doi.org/10.52627/ijeam.v1i1.7

Febriawan, A., & Bakri, S. (2022). Implementasi EDM dan e-RKAM dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Sragen Tahun 2021/2022. Literatus: Literature for Social Impact and Cultural Studies Implementasi, 4(2), 704–710. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/lit.v4i2.888

Handika, H. (2023). Implementasi EDM dan E-RKAM dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Terpadu Al Husna Klaten. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 21–29. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i1.3381

Idamatul Khoiriyah, D. (2023). No Title (Prim Masrokan Mutohar (ed.)). Deazha Prima Nusantara.

Jamal, N., & Syarifah, M. (2018). Pengelolaan Administrasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. KABILAH : Journal of Social Community, 3(2), 210–222. https://doi.org/10.35127/kbl.v3i2.3410

Julaekha, S., Duryat, M., & Suhatma, S. (2022). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Kerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Kapetakan Cirebon. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 6(2), 190. https://doi.org/10.24235/jiem.v6i2.11848

Muhtasar, M., Fahrurrozi, F., & Hakim, L. (2023). Manajemen Evaluasi Diri dalam Menyusun Anggaran Menggunakan Aplikasi EDM e-RKAM pada Madrasah Sasaran Proyek (REP-MEQR). Manazhim, 5(1), 400–416. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2967

Muslim, A. B., & Candra, B. Y. (2024). Penguatan Manajemen Evaluasi Diri Madrasah Pada KKM Kecamatan Kelapa Dua Tangerang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 7(3), 426–435. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i3.3320

Na’im, Z. (2019). Relevansi Teknologi Pendidikan dan Mutu Pendidikan. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 273–287. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i2.296

Pendidikan, B. S. N. (2020). Tentang BNSP. Https://Bsnp-Indonesia.Org. https://bsnp-indonesia.org/tentang-bsnp-2/

Pendis, D. (2020a). Penjelasan Ketua PMU (Project Manager) Tentang Proyek REP – MEQR.

Pendis, D. (2020b). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penerapan EDM dan e-RKAM (Issue September).

Pendis, D. (2021). Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Versi 2.0.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan, 1 (2021). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Prasojo, L. D. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. UNY Press.

Prihastia, A., Hani, U., Safi’i, M., Mausul, S., & Daimah, D. (2022). Digitalization of Islamic Education Planning in Madrasah. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 4(1), 83–96. https://doi.org/10.52627/managere.v4i1.97

Rifa’i, M. (2019). Manajemen Organisasi Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53, 1–339.

Rohman, R., Nasihah, N. M., & Yuliana, A. T. R. D. (2019). Penjaminan Mutu Pendidikan Di Madrasah Dengan Metode Quality Function Deployment. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 292–313. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2304

Salehoddin, M., & Rony. (2022). Mengentas Mutu Madrasah Menuju Madrasah Berkualitas. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 7(2).

Sarvitri, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38–51.

Suseno, H., Hidayati, N., Pragita, T. E., & Sari, W. S. (2020). Panduan Penerapan SNI ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Badan Standarisasi Nasional.

Taufiqurokhman. (2024). Konsep dan kajian ilmu perencanaan. In Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama (Issue June).

Tuala, R. P. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Lintang Rasi Aksara Books.

Umar, M., & Ismail, F. (2018). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2). https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.581

Viktoria, T. (2015). Transparency and Accountability in The Education Fund Management in SMK Muhammadiyah Prambanan. E-Journal Jurusan Pendidikan Teknik Mekatronika, 4(4), 284–290. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mekatronika/article/view/2704

Downloads

Published

2025-04-16

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PENJAMINAN MUTU MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN TANGERANG MELALUI IMPLEMENTASI EVALUASI DIRI MADRASAH BERBASIS ELEKTRONIK. (2025). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 187-203. https://doi.org/10.32478/151jm373

Similar Articles

1-10 of 75

You may also start an advanced similarity search for this article.