STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH YANG MEMADUKAN TEKNOLOGI DAN NILAI ISLAM DI SMK MA'ARIF KOTA BATU

DOI:

https://doi.org/10.32478/b0r1xt85

Authors

  • Bunga Aprilia Firdausi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang -  Indonesia
  • Aninda Tri Safinatun Najah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang -  Indonesia
  • Devi Pramitha Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang -  Indonesia

Keywords:

pembelajaran jarak jauh, Teknologi, nilai islam

Abstract

Teknologi dan pembelajaran jarak jauh kini menjadi aspek penting dalam pendidikan, terutama pasca-pandemi COVID-19. SMK Ma'arif adalah salah satu sekolah kejuruan yang mengintegrasikan pembelajaran jarak jauh dengan nilai-nilai Islami dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi penerapan pembelajaran jarak jauh di SMK Ma'arif Kota Batu. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen dari berbagai informan, yaitu kepala sekolah, tim IT, guru, siswa, dan orang tua. Data dianalisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan platform pembelajaran yang tepat berperan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Pemanfaatan media pembelajaran yang memadukan teknologi dengan nilai-nilai Islam untuk membangun karakter siswa. Selain itu, pengembangan keterampilan guru dalam teknologi dan pedagogi Islam diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif. Strategi pengelolaan kelas yang baik berkontribusi pada terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif meskipun dilakukan secara daring. Dengan demikian, keberhasilan pembelajaran daring sangat bergantung pada sinergi antara pemilihan platform, penggunaan media yang tepat, keterampilan guru, dan strategi pengelolaan kelas yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. (2023). Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 13–23.

Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Rahma, M., Salbiah, S., & Soleha, I. J. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.504

Baduri, H., & Romadlon, Z. A. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Pendidikan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 14–14. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.700

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Kembang, L. G. (2020). Perbandingan model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran daring ditinjau dari hasil belajar mata pelajaran SKI (studi pada siswa kelas VIII) MTs Darul Ishlah Ireng Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020 [Other, UIN Mataram]. https://etheses.uinmataram.ac.id/297/

Khorofi, M. (2021). PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILENIAL: UPAYA MEWUJUDKAN GENERASI UNGGUL DENGAN NILAI-NILAI ISLAM. Kabillah : Journal of Social Community, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.35127/kabillah.v6i2.148

Mardhiyah, H., Zahara, H., & Maulana, I. (2024). Hubungan Teknik Umpan Balik Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 37–52. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.784

Miles, H., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Murtadlo, M., Basri, H. H., & Alia, N. (2021). Indeks Karakter Siswa: Jenjang Pendidikan Menengah 2021. OSF. https://doi.org/10.31219/osf.io/expsd

Najah, A. T. S., & Febriyanti, H. D. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Inovasi Manajemen Kurikulum di SMA Al Fattah Sidoarjo. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(4), 1102–1111.

Novayanto, A. D., & Pribadi, B. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 84–96.

Putri, R. A. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233

Rasyad, I., Wulandari, S. R., & Ghazali. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN INTERAKSI SISWA DI KELAS. JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1876

Tugino, T., Munadi, M., & Khuriyah, K. (2023). Pengaplikasian Teknologi Digital dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.

Yuliawati, T., & Amaludin, S. (2022). The Effectiveness Of Using Moodle Application Media (Lms) In Learning. Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/ISLLAE.04103

Published

2025-04-16

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH YANG MEMADUKAN TEKNOLOGI DAN NILAI ISLAM DI SMK MA’ARIF KOTA BATU. (2025). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 33-42. https://doi.org/10.32478/b0r1xt85

Similar Articles

21-30 of 91

You may also start an advanced similarity search for this article.