REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG)
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.355Keywords:
Kepemimpinan, Kolektif-Kolegial, Komunikasi OrganisasiAbstract
Dewasa ini kepemimpinan pesantren yang terjadi tidak lagi menerapkan kepemimpinan tunggal, dan organisasi pesantren pun telah dimasukkan dalam bentuk yayasan. Dengan gejala baru ini, maka organisasi pesantren menjurus kearah impersonal, tanpa mengurangi peranan kiai sebagai pemimpin tertinggi, maka kepemimpinan mengarah pada pola kolektif, sesuai dengan hierarkhi kepemimpinan sebuah organisasi yayasan. Dalam penelitian ini ada dua masalah yang ingin diteliti, yaitu: (1) perilaku kepemimpinan kolektif-kolegial; dan (2) Model komunikasi organisasi pesantren ditinjau dari teori interaksionisme simbolik; di PP Bahrul Ulum Tambakberas dan PP Mambaul Maarif Denanyar Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah fenomenologi dengan menggunakan rancangan interaksionisme simbolik. Data diperoleh dengan wawancara (interview), dokumen-dokumen (documents) dan observasi (observation). Analisis data menggunakan model Spradley yang mengambil salah satu dari analisis yaitu analisis domain. Ada dua hasil temuan yang diperoleh, yaitu, Pertama, perilaku kepemimpinan kolektif-kolegial di PPBU Tambakberas Jombang adalah: (1) partisipatif-demokratis, sedangkan di PPMA Denanyar Jombang adalah (2) partisipatif-konsultatif. Kedua, Ada dua model komunikasi organisasi yang diterapkan baik di PPBU Tambakberas Jombang maupun di PPMA Denanyar Jombang yaitu, Komunikasi yang bersifat “top-down†dan komunikasi yang bersifat “buttom-upâ€.Downloads
References
A’la, Abd. 2006. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren
Dhofir, Syarqawi. 2004. Kekuasaan dan Otoritas Kiai dalam Pondok Pesantren. Surabaya: UNESA
Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Likert, Rensis. 1967. The Human Organization: Its Management and Value. New York: McGraw-Hill
Lincoln, Yvonna S and Egon G. Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, California: Sage Publication
Muhammad, Arni. 2005. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara
Mulyana, Dedy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Robbins, Stephen P. 2003. Organizational Behavior. Mexico: Pentice Hall
Sinn, Abu. 2006. Al-Idârah fî al-Islâm, (terj. Dimyauddin Juwaini). Jakarta: Radja Grafindo Persada
Soeprapto. 2001. Interaksionisme Simbolik (Perspektif Sosiologi Modern). Malang: Averroes Press
Stanley, Baran J., Jerilyn S. Mclntyre, Timothy P. Meyer. 1984. Self Symbols and Society: An Introduction To Mass Communication. London: Addison-Wesley Publishing Company, Inc
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Thoha, Miftah. 2014. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers
Tubbs, Stewart L. dan Sylvia Moss. 2005. Human Communication: Konteks-konteks Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
U. Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia
Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing
Wahid, Abdurrahman. “Kata Pengantar†dalam Horikoshi. Kiai dan Perubahan Sosial
Yin, Robert K. 1996. Case Study Research; Design and Methods, Trj: M. Djauzi Mudzakir. Studi Kasus; Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Siswoyo Aris Munandar, Rinda Khoirunnisfa, KH Hasyim Asy'ari and the Teacher Code of Ethics: Thought Study KH. Hasyim Asy’ari on Ethics Education and Its Relevance to Modern Education in Indonesia , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Mochamad Nurcholiq, ACTUATING DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN AL-HADITS (Kajian Al-Quran dan Al-Hadits Tematik) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- - Romdloni, MANAJEMEN PERSONALIA SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERSONALIA DI MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Subur Wijaya, PERAN LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Muhammad Haekal, ASPEK SUSTAINABILITAS DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: ANTARA KONSEP DAN PRAKTIK KEPEMIMPINAN BERKELANJUTAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Safinah Safinah, Zainal Arifin, Otoritas Kepemimpinan Karismatik Tuan Guru dalam Membentuk Budaya Religius , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ade Riska Nur Astari, Ali Akbar Jono, STUDI ANALISIS PENERAPAN KONSEP KEPEMIMPINAN PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DI KOTA BENGKULU , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Dicky Artanto, Zainal Arifin, Diningrum Citraningsih, STRATEGI KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MENGELOLA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MASA KRISIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Zaedun Na'im, ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN KORELASINYA TERHADAP KINERJA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.