MASKULINITAS DAN FEMINITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN DEFERENSIASI OTAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF NEUROSAINS
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.545Keywords:
Maskulinitas, Feminitas, Kepemimpinan, Otak laki-laki dan Perempuan, Pendidikan IslamAbstract
Sikap komunikatif terhadap anggota dianggap sebagai peluang yang besar bagi perempuan dalam mengisi sector publik. Namun ternyata, kelebihan sikap tersebut tidak menjamin bahwa perempuan dapat mengimbangi presentase keterlibatannya secara signifikan menyamai laki-laki. Berdasarkan data dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan tahun 2019/2020 bahwa jumlah kepala sekolah perempuan di tingkat sekolah menengah Indonesia berjumlah 9.516 dan kepala sekolah laki-laki berjumlah 26.167. Selanjutnya, perempuan sudah lebih dulu tertampar paradigma bahwa memimpin berarti membawa sesuatu yang berat dan penuh risiko yang bertolak dengan sifat dasar feminim. Namun seiring berjalannya waktu, perempuan mulai menunjukkan eksistensinya dengan keluar dari ranah domestik. Ketercapaian para pemimpin perempuan membuat gaya baru dalam memimpin yang tidak hanya mengandalkan otokratis dari maskulinitas laki-laki. Perbedaan gaya memimpin antara laki-laki dengan gaya maskulinnya dan perempuan dengan feminimnya memberikan kesan yang berbeda bagi tiap anggota. Gaya kepemimpinan yang maskulin cenderung berorientasi pada ketercapaian tugas dan gaya kepemimpinan yang feminim cenderung mengutamakan hubungan kinerja dengan anggotanya. Perbedaan dari sifat dasar maskulin pada laki-laki dan femimim pada perempuan tidak hanya disebabkan oleh konstruk budaya setempat, teapi berdasarkan struktur fisiologis otak laki-laki dan perempuan. Untuk itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kejelasan tentang perbedaan struktur otak manusia yang menyebabkan lahirnya tipologi dalam gaya pemimpin maskulin dan feminim untuk selanjutnya diharapkan dapat memberikan implikasi besar pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam.
Downloads
References
Abuddin Nata. (2008). Metodologi studi Islam (Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ahmad Tafsir. (2012). Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Rosda Karya.
Akif Khilmiyah. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan pertama (Yogyakarta: Samudra Biru.
Alamsyah Said. (2017). Revolusi Mengajar Berbasis Neurosains, Jakarta: Prenada.
Alamsyah Said. (2017). Revolusi Mengajar Berbasis Neurosains, Jakarta: Pranada Media.
Agus Purwanto et al., “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Tangerang,” journal EVALUASI 4, no. 1 (March 7, 2020): hlm. 21, https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.342.
George Duke Y. (1979). The Bem Sex-Role Inventory Rexamined, Psychological Reports, Desember, 1979. http://journals.sagepub.com/doi/10.2466/pr0.1979.45.3.935
Husamah, dkk. (2018). Buku Belajar dan Pembelajaran, Malang: UMM Press.
Louann Brizendine, M.D. (2014). Penerjemah, Ari Cahyani, Female Brain, cetakan III, Jakarta: Phoenix Publishing Project.
Muhammad Iqbal, Kisma Fawzea. (2002). Psikologi Pasangan: Manajemen Konflik Rumah Tangga, Jakarta: Gema Insani.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode penelitian pendidikan (Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Noorrela Ariyunita, “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN.,” Journal EVALUASI 3, no. 1 (March 20, 2019): hlm. 45, https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.201.
Nuril Herachwati, Bhaskaroga Dwiatmaja Basuki. (2012). Gaya Kepemimpinan Laki-laki dan Perempuan, Majalah Ekonomi, Tahun 22 No, 2 Agustus 2012.
Profil Perempuan Indonesia 2019. (2019). Badan Pusat Statistik, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Suyadi A. (2020). Otak Karaketer Dalam pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan karakter Islam Berbasis Neurosains Jurnal Pendidikan karakter, Vol. 10, No. 1, April 2020. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/view/2927.
Suyadi. (2018). Diferensiasi Otak laki-laki dan Perempuan Guru Taman Kanak-Kanak Aisyiah Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta: Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Gender dan Neurosains, Sawwa Jurnal Studi Gender, Vol. 13, No. 2, 2018. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/29693
Taufiq Pasiak. (2006). Manajemen Kecerdasan Memberdayakan IQ, EQ dan SQ untuk kesuksesan hidup, Bandung: Mizan.
Tim Penyusun Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Statistik PAUD 2019/2020, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Tim Penyusun Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Statistik SD 2019/2020, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Tim Penyusun Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Statistik SMP 2019/2020, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Tim Penyusun Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Statistik SMA 2019/2020, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Tim Penyusun Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Statistik SMK 2019/2020, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Yunahar Ilyas. (2015). Kesetaraan Gender Dalam al-Qur’anDownloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Difaul Husna, 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Sangkot Sirait, IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PROGRAM PPI (PETA PERTUMBUHAN INDIVIDU) DI MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Mochamad Nurcholiq, Analisis TOWS-K dan SWOT Studi Kasus Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- akhmad nurul kawakip, Muhammad Islahul Mukmin, Selly Chandra Ayu, Abd Qadir Muslim, PENGELOLAAN SEKOLAH INKLUSI: STUDI MULTI SITUS PADA SEKOLAH ISLAM DI JAWA TIMUR , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Hasan Baharun, Miftahul Huda, Silvy Qotrun Nada, LEADERSHIP LEARNING FOR STUDENTS THROUGH STRENGTHENING ORGANIZATIONAL EMPOWERMENT IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Arika Oernika Mahanani, Sulistyorini Sulistyorini, MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU; Studi tentang Penerapan Model Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Al-Rosyid Bojonegoro , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Muhammad Husni, ANALISIS KEGIATAN MUSYAWARAH MELALUI PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI JUAL BELI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD ‘ALY PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- M Arief Affandi, Abdul Malik Karim Amrullah, Muhammad In'am Esha, Administrasi Pendidikan Islam dan Seni Mengelolanya , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Mahfida Inayati, Mulyadi Mulyadi, Ali Nurhadi, ANALISIS PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN MELALUI MANAJEMEN HUMAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Siti Makhmudah, Pendidik dan upaya manajemen formulasi lembaga pendidikan Islam yang kreatif menghadapi masa pandemi covid-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Muhammad Haekal, ASPEK SUSTAINABILITAS DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: ANTARA KONSEP DAN PRAKTIK KEPEMIMPINAN BERKELANJUTAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.