IMPLEMENTASI KONTRAK BELAJAR DIDALAM PERKULIAHAN MENJADI PENDIDIKAN MORAL DI PERGURUAN TINGGI

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.775

Authors

Keywords:

Keywords. Moral values, learning contract, implementation.

Abstract

Abstract. Education is not only focused on intellectual ability alone but also must be accompanied by good moral values. Moral education is very important given to students or students as the nation's successor. Teachers and lecturers are educators who are very responsible for providing moral education to students or students, both directly and indirectly. One way that can we use as a media of moral education at higher education or campus is through the application of learning contracts or lecture contracts. Lecturers and college students make an agreement that they will run together for one semester. The implementation of this lecture contract will get maximum results if it starts with a good planning, implementation and evaluation.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Husnani Husnani, IAIN Batusangkar
    Asisten Ahli
  • Sunarti Sunarti, IAIN Batusangkar
    Asisten Ahli

References

Asmaun Sahlan, Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah, Malang: UIN MALIKI Press, 2010, Cet. Ke-1

Dharma Kesuma, Cepi Triatna, dan Johan Permana, Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012, Cet. Ke-3

Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2007

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012, Cet. Ke-2

Freddy K. Kalidjernih, Prosiding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press, 2010, Cet. Ke-1

Harsono, Hanifah. (2002). Implementasi Kebijakan dan Politik. Jakarta.

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006, Cet. Ke-22

Mubiar Purwasasmita, Prosiding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press, 2010, Cet. Ke-1

Muchlas Samani dan Hariyanto, Pendidikan Karakter: Konsep dan Model, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011, Cet. Ke-1

Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Jakarta, 2004

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990

Tim Redaksi Fokus Media, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 SISDIKNAS, Bandung: Fokus Media, 2006

Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

tipspendidikanku.blogspot.com/2014/07/pengertian-tujuan-18-nilai-nilai-pendidikan-karakter.html

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Setiawan, Guntur. (2004). Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Balai Pustaka. Jakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-12

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010, Cet. Ke-14

Sunarto dan Agung Hartono. (1999). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

IMPLEMENTASI KONTRAK BELAJAR DIDALAM PERKULIAHAN MENJADI PENDIDIKAN MORAL DI PERGURUAN TINGGI. (2022). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 20-28. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.775