STUDI ANALISIS PENERAPAN KONSEP KEPEMIMPINAN PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DI KOTA BENGKULU

Published : 2022-03-31 | Abstract viewsc: 127 | PDF views: 68
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Ade Riska Nur Astari(1*), Ali Akbar Jono(2),

(1) UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
(2) UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan kepemimpinan yang dikembangkan dengan memegang prinsip secara Islam oleh seorang individu dalam mempimpin sebuah lembaga pendidikan Islam tentu akan memberikan pengaruh pada pengembangan mutu pada lembaga Pendidikan Islam tersebut. Tujuan dari kajian pada penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep kepemimpinan berdasarkan standarisasi prinsip keislaman yang ada pada dua lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) swasta yang ada di kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam kajian penelitian ini adalah melalui kajian kepustakaan dan studi lapangan. Hasil yang didapatkan berdasarkan proses penelitian ini adalah kedua PTKI swasta yang ada di kota Bengkulu telah menjalankan proses kepemimpinan pada lembaganya mengedepankan prinsip-prinsip secara Islam berupa kualifikasi, tujuan bersama, gaya kepemimpinan, tingkah laku, tanggung jawab dan menjaga keseimbangan. Selain itu, prinsip- prinsip aplikasi kepemimpinan secara Islam yang telah dijabarkan sebagai hasil analisis di atas telah dijadikan rambu- rambu dalam pengambilan keputusan pada lembaga pendidikan tinggi Islam yang dalam hal ini adalah pada dua PTKI yang ada di kota Bengkulu dengan tujuan dan harapan dapat meningkatkan mutu kelembagaan yang mereka pimpin.

Keywords


Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan Islam, PTKI

Full Text:

PDF

References


Asiyah, A. (2017). MANAJEMEN SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Strategi dan Upaya menghadapi Tantangan Globalisasi melalui Pendidikan). Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 10(2), 100-107.

Bashori, B., Yolanda, M., & Wulandari, S. (2020). Konsep Kepemimpinan Abad 21 Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 110-125.

Effendy, M. (2003). Manajemen: Suatu pendekatan berdasarkan ajaran Islam. Palembang: Penerbit Universitas Sriwijaya.

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81-88.

Hakim, M. A. R., Abidin, M. J. Z., & Adnan, N. I. (2020). Using the ASSURE Model in Developing an English Instructional Module for Indonesian Migrant Workers in Penang, Malaysia. In Charting a Sustainable Future of ASEAN in Business and Social Sciences (pp. 383-390). Springer, Singapore.

Hakim, M. A. R., Aryati, S. N., & Kurniawan, D. (2020). Investigating E-Dictionaries on Speaking Ability among University Students in Malaysia. Universal Journal of Educational Research, 8(12), 6536-6551.

Ikhwan, A. (2019). Sistem kepemimpinan islami: instrumen inti pengambil keputusan pada lembaga pendidikan islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 111-154.

Junaenah, I. (2016). Kontribusi Tatanan Islam terhadap Demokrasi Permusyawaran di Indonesia. AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah, 16(2), 163-170

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). University Leadership Management: Quality of Education (pp. 1-64). Lambert Academic Publishing

Mulyasa, E. (2002).Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mukhtar, H., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan–Komunikasi-Konflik Organisasi. Deepublish

Nata, H. A. (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana

Nata, H. A. (2016). Pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an. Jakarta: Prenada Media

Nawawi, H. (2001) Kepemimpinan Menurut Islam. Yogyakarta: UGM Press.

Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Kahfi, A., & Hudriyah, H. (2021). Transformational Leadership in The Development of a Quality Culture of Madrasah (Research Problems At MTs and MA Pondok Pesantren Rafah Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 877-890.

Pidarta, M. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 82-93.

Rahman, M. S. (2019). PERANAN KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN DAN DAKWAH. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 12(1), 70-83.

Saad, M. M., & Al-Humaidi, N. A. A. (2017). Golden Stories: Kisah-kisah Indah dalam Sejarah Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Sallis, E. (2014). Total quality management in education. London: Routledge

Siregar, R. T., Purba, S., Nurmiati, N., Mustar, M., Ferdinandus, A. Y., Muskita, S. M., & Hasdiana, S. (2020). Manajemen Bisnis. Yayasan Kita Menulis

Subhan, M. (2013). Kepemimpinan islami dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 125-140

Suprihanto, J. (2018). Manajemen. Yogyakarta: UGM PRESS.

Syamsul, H. (2017). Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 275-289.


Article metrics

Abstract views : 127 | views : 68


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ade Riska Nur Astari, Ali Akbar Jono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.