REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG)

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.355

Authors

Keywords:

Kepemimpinan, Kolektif-Kolegial, Komunikasi Organisasi

Abstract

Dewasa ini kepemimpinan pesantren yang terjadi tidak lagi menerapkan kepemimpinan tunggal, dan organisasi pesantren pun telah dimasukkan dalam bentuk yayasan. Dengan gejala baru ini, maka organisasi pesantren menjurus kearah impersonal, tanpa mengurangi peranan kiai sebagai pemimpin tertinggi, maka kepemimpinan mengarah pada pola kolektif, sesuai dengan hierarkhi kepemimpinan sebuah organisasi yayasan. Dalam penelitian ini ada dua masalah yang ingin diteliti, yaitu: (1) perilaku kepemimpinan kolektif-kolegial; dan (2) Model komunikasi organisasi pesantren ditinjau dari teori interaksionisme simbolik; di PP Bahrul Ulum Tambakberas dan PP Mambaul Maarif Denanyar Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah fenomenologi dengan menggunakan rancangan interaksionisme simbolik. Data diperoleh dengan wawancara (interview), dokumen-dokumen (documents) dan observasi (observation). Analisis data menggunakan model Spradley yang mengambil salah satu dari analisis yaitu analisis domain.  Ada dua hasil temuan yang diperoleh, yaitu, Pertama, perilaku kepemimpinan kolektif-kolegial di PPBU Tambakberas Jombang adalah: (1) partisipatif-demokratis, sedangkan di PPMA Denanyar Jombang adalah (2) partisipatif-konsultatif. Kedua, Ada dua model komunikasi organisasi yang diterapkan baik di PPBU Tambakberas Jombang maupun di PPMA Denanyar Jombang yaitu, Komunikasi yang bersifat “top-down†dan komunikasi yang bersifat “buttom-upâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, Abd. 2006. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren

Dhofir, Syarqawi. 2004. Kekuasaan dan Otoritas Kiai dalam Pondok Pesantren. Surabaya: UNESA

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Likert, Rensis. 1967. The Human Organization: Its Management and Value. New York: McGraw-Hill

Lincoln, Yvonna S and Egon G. Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, California: Sage Publication

Muhammad, Arni. 2005. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara

Mulyana, Dedy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Robbins, Stephen P. 2003. Organizational Behavior. Mexico: Pentice Hall

Sinn, Abu. 2006. Al-Idârah fî al-Islâm, (terj. Dimyauddin Juwaini). Jakarta: Radja Grafindo Persada

Soeprapto. 2001. Interaksionisme Simbolik (Perspektif Sosiologi Modern). Malang: Averroes Press

Stanley, Baran J., Jerilyn S. Mclntyre, Timothy P. Meyer. 1984. Self Symbols and Society: An Introduction To Mass Communication. London: Addison-Wesley Publishing Company, Inc

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thoha, Miftah. 2014. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers

Tubbs, Stewart L. dan Sylvia Moss. 2005. Human Communication: Konteks-konteks Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

U. Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia

Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing

Wahid, Abdurrahman. “Kata Pengantar†dalam Horikoshi. Kiai dan Perubahan Sosial

Yin, Robert K. 1996. Case Study Research; Design and Methods, Trj: M. Djauzi Mudzakir. Studi Kasus; Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2020-03-07

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG). (2020). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 45-69. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.355

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.