Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.856Keywords:
Video Pembelajaran, Motivasi, BelajarAbstract
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara tidak langsung menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan saat ini. Hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya proses pembelajaran yang dilaksanakan secara tidak langsung (tatap muka) yang dapat menyulitkan peserta didik dalam memahami isi materi pelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan solusi yang tepat mengenai media pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dosen (pendidik) dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa. Salah satu media yang dapat dijadikan solusi atau digunakan selama proses pembelajaran daring tersebut yaitu adanya video pembelajaran yang menggabungkan tipe belajar secara audio dan visual. Seperti yang telah diterapkan dalam mata kuliah Praktikum PAI di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ditemukan bahwa secara garis besar video pembelajaran yang digunakan sebagai bagian dari tugas bagi para mahasiswa memberikan respon yang positif dalam hal memotivasi dan meningkatkan pemahaman materi secara lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan video pembelajaran yang digunakan dapat menarik perhatian serta bisa dipelajari secara berulang. Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-03-31
Issue
Section
Original Research Article
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto. (2022). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 87-95. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.856
Similar Articles
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Muhammad Husni, ANALISIS KEGIATAN MUSYAWARAH MELALUI PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI JUAL BELI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD ‘ALY PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Nur Mawaddah Batubara, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIZ AL QURAN DI SMP IT NURUL ILMI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Wildan Agus Wicaksono, IMPLEMENTASI CONTINUOUS IMPROVEMENT PADA AKTIVITAS BELAJAR DI PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Muadz Ahmad Faruq, Eni Fariyatul Fahyuni, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STORYTELLING ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA MASA PANDEMI COVID DI SD MUHAMMADIYAH 2 TULANGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Husnani Husnani, Sunarti Sunarti, IMPLEMENTASI KONTRAK BELAJAR DIDALAM PERKULIAHAN MENJADI PENDIDIKAN MORAL DI PERGURUAN TINGGI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Mochamad Fathoni, Husniyatus Salamah Zainiyati, PEMANFAATAN WEBSITE MADRASAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI MTs KEDUNGJAMBE SINGGAHAN TUBAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Siti Halimah, IMPLEMENTASI PENDEKATAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DALAM PEMBELAJARAN PAI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ainur Rahman, Sedya Santosa, Nora Saiva Jannana, PENERAPAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Slamet Slamet, PENGALAMAN PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PERGURUAN KEAGAMAAN ISLAM NEGERI: DAMPAK PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
Previous
21-30 of 30
You may also start an advanced similarity search for this article.