STRATEGI PROMOSI SMPN 5 SATU ATAP LINGGO SARI BAGANTI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.910Keywords:
Strategy, promotion, StudentsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan, pada sekolah satu atap yang berstatus Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep strategi promosi Sekolah satu atap dalam meningkatkan jumlah siswa serta melihat faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan promosi pendidikan di SMPN 5 satu atap Linggo Sari Baganti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendektaan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat. Analisis data hasil penelitian ini melalui tahap: tahap reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilaksanakan pertama, Mengidentifikasi masyarakat/ pasar sasaran, menyusun perencanaan kegiatan promosi, menentukan saluran promosi yang digunakan. Dari penjelasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa startegi promosi yang digunakan oleh sekolah sudah efektif, serta mampu meningkatkan jumlah siswa dari tiga tahun terakhir di SMPN 5 Satap Linggo Sari Baganti. Factor pendukung dan penghambat dalam pemasaran jasa pendidikan berasal dari Interl maupun eksternal sekolah.
Downloads
References
Abdullah, T. dan T. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo.
adri efferi. (2019). Strategi Rekrutmen Peserta Didik Baru Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di MA Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam., Vol 14, no.
Creswell J.W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. UST-Press.
E. Muliyasa. (2003). Manajemen Berbasis Pendidikan.
lupiyoadi, rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.
Moore, H. F. (2005). Humas: Membangun Citra Dengan Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Rangkuti. (2014). Manajemen Strategi Konsep-Konsep. PT Indeks.
Ratih, alma bukhari dan hurriyati. (2008). Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. ALFABETA.
Suharsimi. (2012). Manajemen Pendidikan. Aditya Media.
Sukmadinata, N, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
W., S. H. & S. (2013). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Usaha Nasional.
Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Salemba Empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Azizah Nurul Fadlilah, Saidah Masfiah, IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI TK AL HUDA KOTA MALANG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Siti Aminah Prayogo, Ari Widodo, MEMBANGUN BUDAYA MUTU DI MADRASAH UNGGUL (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Nanang Gesang Wahyudi, Desain Pesan Pembelajaran di Era Digital , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Murniyanto Murniyanto, Siswanto Siswanto, MANAJEMEN SARANA PRASARANA MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Noorrela Ariyunita, PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Siswoyo Aris Munandar, Rinda Khoirunnisfa, KH Hasyim Asy'ari and the Teacher Code of Ethics: Thought Study KH. Hasyim Asy’ari on Ethics Education and Its Relevance to Modern Education in Indonesia , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Farid Fauzi, Ansor Ansor, STUDI EMPIRIS KUALITAS PELAYANAN MELALUI MODEL SERVQUAL (Service Quality) DAN IPA (Important Performance Analysis) PADA MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH STAIN GAJAH PUTIH ACEH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Umi Salamah, PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI AKADEMIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- ja'far ja'far, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Rosidin, OPTIMALISASI MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
You may also start an advanced similarity search for this article.