PENGARUH PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU LAZUARDI GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL DEPOK
DOI:

Keywords:
training program; motivation; performanceAbstract
Keberhasilan pendidik dan personel dalam lembaga pendidikan merupakan penentu penting prestasi akademik. Pendidik kaliber tinggi dan staf pendukung yang mahir berperan penting dalam menumbuhkan suasana belajar yang kondusif. Faktor penting yang mendorong pertumbuhan profesional pendidik adalah motivasi mereka di tempat kerja, yang dapat ditingkatkan melalui inisiatif pelatihan yang ditargetkan. Program pelatihan yang disesuaikan dengan persyaratan khusus pendidik dapat menambah basis pengetahuan, keahlian, dan disposisi etika mereka, yang kemudian mempengaruhi efektivitas pedagogis mereka. Upaya penelitian ini berusaha untuk menyelidiki (1) dampak program pelatihan terhadap kinerja pendidik di Lazuardi Global Compassion School, (2) pengaruh program pelatihan terhadap tingkat motivasi pendidik, (3) hubungan antara motivasi kerja dan kinerja pendidik, dan (4) peran program pelatihan dalam mempengaruhi kinerja pendidik melalui motivasi kerja sebagai variabel mediasi. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif, dengan sampel yang terdiri dari 86 peserta, termasuk semua pendidik dari Lazuardi Global Compassion School, Depok, yang mencakup divisi TK, SD, dan SMP, yang terlibat pada tahun akademik 2024/2025, menggunakan teknik sampling jenuh. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) program pelatihan menghasilkan hasil positif, meskipun tanpa dampak yang signifikan secara statistik pada kinerja pendidik, (2) program pelatihan secara signifikan dan positif mempengaruhi motivasi kerja pendidik, (3) motivasi kerja menunjukkan korelasi positif dan signifikan secara statistik dengan kinerja pendidik, dan (4) program pelatihan memengaruhi kinerja pendidik melalui variabel mediasi motivasi kerja.
Downloads
References
Ansory, A. F., & Indrasari, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11).
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(2).
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arsaktianca, R. G., Zuhaena, F., & Wijayanto, W. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Marga Nusantara Jaya Cabang Purwokerto. Majalah Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1).
Bagir. (2029). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Noura Books.
Butkus, V. (2019). A Guide to Digital Transformation for Project Manajers.
Cristina, E., & Pradiani, T. (2023). Analisis Pengaruh Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan, dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Satoria Manufacturing di Pasuruan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 19(1).
Fathorrahman. (2023). Pengaruh Program Pelatihan terhadap Kinerja di Lingkungan Pendidikan.
Gozali, I., & Latan, H. (2015). Patrial Least Squerest Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS3.O. Badan Penerbit Universitas di Ponegoro.
Gunawan, T., Fathrorrahman, F., & Handoko, Y. (2019). Efek Mediasi Kepuasan Pelanggan atas Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan , 7(2).
Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Yusrizal, A. (2019). Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25. Sefa Bumi Persada.
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian Konsep Dasar dan Aplikasi Program Smart PLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Idris, A. (2018). Pengaruh Orientasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan pada SD Negeri Tanjung 2. Jurnal Mitra Manajemen, 1(2).
Kapitaraw, B., Kusdyah, I., & Fathorrahman. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Kesehatan Terpadu Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(2).
Kusumaningsih, D. U., & Hardi, H. (2022). Parental Attention and Learning Motivation of Elementary School Student: Correlantion Studies. JENIUS: Journal of Educatio Policy and Elementary Education Issues, 3(2).
Lee, T. W., Burch, T. C., & Mitchell, T. R. (2014). The Story of Why We Stay: A Review of Job Embeddedness. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 1.
Mangkunegar, A. P. (2018). Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. Redika Aditama.
Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosda Karya.
Mangkunegara, A. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosda Karya.
Nuryadi, A., Kusdyah, I., & Bukhori, M. (2023). Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, dan Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru di SMPIT Al Uswah Bangil. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(2).
Pps, J., Santoso, H., Utari, W., & Prasetyo, I. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening di SMA Nahdlatul Ulama Balikpapan. Jurnal Manajerial Bisnis, 5(2).
Pradiani, T. (2023). Motivasi Kerja dan Pengaruhnya terhadap Kinerja [Broadcast].
Rimba, A. F., & Pradiani, T. (2023). Pengaruh Pelatihan, Motivasi dan Kompensasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Pemasaran (Konsultan Pendidikan) PT. Mentari Indonesia Jakarta. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(2).
Risdiantoro, R. (2021). Pengaruh Pelatihan Guru terhadap Kinerja Guru Melalui Pengembangan Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyyah Sekota Batu. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(1).
Setiawati, S., Karnawati, T. A., & Bukhori, M. (2024). Pengaruh Supervisi terhadap Kinerja Guru Melalui Disiplin di SMK Trisakti Talangan Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandala, 3(3).
Simamora, H. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Steinberg, M. P., & Sartain, L. (2015). Does Teacher Evaluation Improve School Performance? Experimental Evidence from Chicago’s Excellence in Teaching Project. Education Finance and Policy, 10(4).
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
Sumiaty, R. Y. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Al Azhar Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(1).
Tarigan, S. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan PT. Mega Buana Indah Batam. Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang.
Wardana, A. B., Ruspitasari, W. D., & Handoko, Y. (2022). The Effect of Satisfaction, Motivation, and Work Ethic on the Performance of PMI Malang City Employees.
Watjo, I. P., Cahyono, D., & Susbiyani, A. (2023). Pengaruh Etos Kerja Islam dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru MTs Melalui Variabel Motivasi . ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 6(1).
Zakky. (2020). Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Zona Referensi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yun Kusumawati, faturrahman faturrahman, Theresia Pradiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Siti Aminah Prayogo, Ari Widodo, MEMBANGUN BUDAYA MUTU DI MADRASAH UNGGUL (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- ja'far ja'far, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Anwar Sa'dullah, Triyo Supriyatno, Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Isalm Berbasis Sustainable Development Goals Di Yayasan Pendidikan Anak Saleh Kota Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Sitti Nuraini, THE EFFECTIVENESS OF SCHOOL PRINCIPAL LEADERSHIP IN ENHANCING TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCE AT SMK MIFTAHUL ULUM TUMPENG WONOSARI, BONDOWOSO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Uuh Buchori, Ilzamudin Ma'mur, Ali Muhtarom, PERAN PENTING KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PROSES PENGEMBANGAN MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Nurul Hidayah, Murtando, Muhammad, STRATEGIC MANAGEMENT IN SUSTAINABLE EDUCATION THROUGH INTEGRATION OF ENVIRONMENTAL EDUCATION IN THE NATIONAL CURRICULUM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2025): Evaluasi-Edisi Maret
- Hasan Baharun, Unzilah Khomairotusshiyamah, Quality Control in HR Management: Ensuring Accreditation in Higher Education , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2025): Evaluasi-Edisi Maret
- Ismatul Izzah, ANALISIS MANIFESTASI IMPLEMENTASI SCHOOL BASED MANAGEMENT PADA PENGEMBANGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI LEMBAGA PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- yeyen afista, Umi Sumbulah, Rifqi Hawari, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- MIFTACHUL ULUM, Abdul Mun’im, Muslih Muslih, PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.