MANAJEMEN GURU ERA OTONOMI DAERAH
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.72Keywords:
Manajemen guru, rekrutmen, induksi, kesejahteraan, dan pengembangan profesi.Abstract
Guru adalah salah satu faktor yang sangat penting yang mempengaruhi kualitas pendidikan secara umum dan secara khusus prestasi peserta didik. Pendidikan yang berkualitas hanya akan dapat diwujudkan jika tersedia guru yang berkualitas. Untuk mewujudkan guru yang berkualitas diperlukan manajemen guru yang efektif mulai dari pengangkatan, penempatan, induksi, kesejahteraan, dan pengembangan profesi guru.
Metode analisis dilakukan dengan membandingkan manajemen guru yang telah dilakukan selama ini dengan manajemen guru yang ideal. Dengan demikian dapat diketahui perbedaannya yang selanjutnya diberikan saran-saran pemecahannya.
Kenyataannya manajemen guru di Indonesia dari waktu-kewaktu semakin tidak efektif. Manajemen guru banyak dipengaruhi oleh politik lokal dan sering dipolitisasi oleh penguasa. Manajemen guru belum dilaksanakan secara partisipatif, transparan, dan akuntabel. Oleh karena itu diperlukan perubahan yang mendasar dalam manajemen guru yang dimulai dari perubahan undang-undang dan peraturan pemerintah.
Downloads
References
Barber, M dan Mourshed, M. 2007. How The World’s Best-Performing School Systems Come Out On Top. No city: McKinsey & Company.
Buss, T and Bell, L. (editors). 2002. The Principles and Practice of Educational Management. London: Paul Chapman Publishing.
Chang, M.C. 2010. Supporting Teacher Reform in Indonesia (Presentasi). Jakarta: Kongres Guru Indonesia 2010.
Danim, S. 2011. Pengembangan Profesi Guru: Dari Prajabatan, Induksi, Ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana.
Heck, S.F dan Williams C.R. 1984. The Complex Roles of Teacher: An Ecological Perspective. New York: Teacher College Press.
Jalal, F. Dan Supriyadi D. 2001. Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita.
Jawa Pos. 10 April 2012. Sebelas Daerah Terancam Kolaps.
Jawa Pos. 11 April 2012. Daerah Bangkrut Dilikuidasi.
Kartono, K. 1997. Tinjauan Politik Sistem Pendidikan Nasional: Beberapa Kritik dan Solusi. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Kedaulatan Rakyat, 25 April 2012. Sistem Rekrutment Guru Diperharui.
Kompas. 1 Mei 2012. Peningkatan Kualitas Guru Butuh Jawaban.
Kompas. 1 Juni 2012. Kuota LPTK Dibatasi.
Kydd, L.; Crawford,M.; Riches, C (editors). 1997. Professional Development for Educational Management. Buckingham: Open University Press.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi Bagi Guru Pemula.
Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2008 tentang Pembagian Urusan Antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.
Rampell, C. 2009. Teacher Pay Arround The Word. Internet.
Rohman, A. 2009. Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta.
Suyanto dan Hisyam, D. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tilaar, H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Indonesia Tera.
Tilaar, H.A.R. 2002. Soedijarto. Rekrutmen, Pendidikan, dan Penempatan, serta Pembinaan Guru untuk Menunjang Pendidikan yang Relevan dan Bermudu. Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru: 70 Tahun Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, MSc.Ed. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- MIFTACHUL ULUM, Abdul Mun’im, Muslih Muslih, PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- MIFTAKHUL MUNIR, MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASINAN REJOMULYO KEDIRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Jodang Setia Adi Anista, PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENGAWAL EKONOMI KREATIF , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Muhammad Faishal Haq, ANALISIS STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, WINANTI WINANTI, Miyv Fayzhall, Firdaus Putra, HARD SKILLS DAN SOFT SKILLS: APA MEMBANGUN INOVASI GURU SEKOLAH ISLAM? , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Citra Anisa, Rahmatullah Rahmatullah, Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- AGUS PURWANTO, Riza Primahendra, Ardian Sopa, Sekundina Williana Kusumaningsih, Rudy Pramono, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Tangerang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Mariaty Podungge, PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Rosidin, OPTIMALISASI MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Zaedun Na'im, MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.