PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARTIL AL-QUR’AN DAN KEPRAMUKAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/jis.v3i1.1568

Authors

Keywords:

Penanaman Karakter, Ekstrakurikuler tartil Al-Qur’an,

Abstract

Karakter merupakan kata kunci utama membentuk pribadi yang sesungguhnya yang harus diarahkan, dibimbing, dan diarahkan tertama pada karakter disiplin. Kegiatan ekstrakurikuler  yakni kegaiatan tambahan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran yang sudah terprogram yang dimaksudkan untuk menumbuhkan bakat dan minat siswa.

Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik wawancara yang digunakan untuk pengumpulan data dan informasi, teknik observasi yang digunakan untuk mencari data dan teknik dokumentasi digunakan untuk membuktikan hasil pengamatan peneliti. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Malang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yakni jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang diperoleh yakni: (1) filosofi dari kegiatan ekstrakurikuler tartil Al-Qur’an  Al-Qur’an yang menjadi nilai plus karena adanya kegiatan yang menekankan siswa untuk baca, tulis dan hafalan yang mulai pada tahun 2011 yang disahkan pada tahun 2015. Adapun dalam ekstrakurikuler ekstrakurikuler  yang telah dilaksanakan pada tahun 1986 yang telah diwajibkan oleh pemerintah dalam kesatuan pendidikan penanaman karakter disilpin melalui ekstrakurikuler tartil Al-Qur’an  Al-Qur’andan kepramukaan di SMP Negeri 14 Malang yakni dengan keteladanan guru, pembelajaran, pemberdayaan dan pembudayaan, penguatan, dan penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin Mustika, 2018, Penerapan Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Kependidikan Vol. 12 No. 2 Tahun 2018.

Afdol dan Heri W, 2020, Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka di SD Negeri 004 Samarinda Utara, Jurnal Pendas Mahakam, Vol. 4 (2) No. 68-81 Tahun 2020.

Agil Husin Al Munawar Said. 2006. Al-Quran Membangun Tradisi Kesolehan Hakiki. Jakarta : Ciputat Pers.

Agung Iskandar. 2012. Strategi Penerapan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (ESD) di Sekolah, Jakarta : Bee Media Indonesia cet Ke – 1.

Agus. S. Dani dan Budi Anwari. 2015. Buku Panduan Pramuka Penggalang. Yogyakarta : Andi Offset.

Anggadiredja, dkk. 2011. Khursus Mahir Dasar Pembina Pramuka. Jakarta: Kwartir Gerakan Pramuka.

Ash-Shiddieqy M. Hasby. 1997. Sejarah dan Pengantar Al-Qur’an dan Tafsir. Jakarta : Bulan Bintang.

B. Suryobroto, 2005. Tata Laksana Kurikulum, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Cahyati Suci. 2020. Guru Berkarakter untuk Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Academy of Education Journal, Vol. 11 No. 01 Tahun 2020.

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemah (Q.S Adz-Zariyat 56).

Depag RI. 2010. Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung : CV. Diponegoro.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Firmansyah, Zuli Agus. 2015. Panduan Resmi Pramuka. Jakarta : WahyuMedia.

Ghony Djunaidi & Fauzan Almanshur, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan Heri, 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi,Bandung, Penerbit ALFABETA.

Kamra Yul, 2019, Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Upaya Mengembangkan Lingkungan Pendidikan yang Religius di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu, Jurnal al- Bahtsu Vol. 4 No. 2 Desember 2019.

Koesoema Dharma. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARTIL AL-QUR’AN DAN KEPRAMUKAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 MALANG (R. A. Caesarini & M. Nurcholiq , Trans.). (2022). Journal Islamic Studies, 3(1), 36-42. https://doi.org/10.32478/jis.v3i1.1568

Similar Articles

21-30 of 37

You may also start an advanced similarity search for this article.