IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI STRATEGI JOYFULL LEARNING DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN AL MUSTHOFA PAKIS MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/jis.v3i1.1503

Authors

  • Rokhimatul Islamiah Islamiah STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Ali Rif’an Rif’an STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Keywords:

Pendidikan Karakter Religius, Strategi Joyfull Lerning

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan sangat penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku anak. Pendidikan tidak pernah lepas dari nilai agama yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Tujuannya pendidikan agar tercipta penanaman nilai dan karakter yang baik salah satunya adalah karakter religius.dalam meningkatkan karakter religius salah satu komponen pembelajaran adalah strategi pembelajaran. TPQ Al-Musthofa Pakis merupakan lembaga pendidikan non formal karena baru pertama kali menggunakan strategi joyfull learning Penelitian ini bertujuan untuk menambah kajian wawasan keilmuan mengenai pendidikan karakter religius melalui strategi joyfull learning khususnya di TPQ Al-Musthofa Pakis. Untuk mengetahui Implementasi Strategi joyfull learning pada penanaman pendidikan karakter religius. Untuk mengetahui Kendala dalam Implementasi strategi joyfull learning pada penanaman pendidikan karakter religius di TPQ Al Musthofa Pakis Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan kondensasi data, ditarik kesimpulan. Dalam memeriksa kevalidan dilakukan dengan triangulasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standart Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Haq, A. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Prakarsa Paedagogia, 21-33.

Sufiani. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 5.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.

Widyastuti, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Chempuzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Koloid Siswa Sman 2 Kendal. UNS, 4.

Downloads

Published

2022-03-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI STRATEGI JOYFULL LEARNING DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN AL MUSTHOFA PAKIS MALANG (R. I. Islamiah & A. R. Rif’an , Trans.). (2022). Journal Islamic Studies, 3(1), 10-18. https://doi.org/10.32478/jis.v3i1.1503

Similar Articles

1-10 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.