Penggunaan Reward and Punishment dalam Mengoptimalkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Singosari Malang

DOI:

https://doi.org/10.32478/jis.v4i2.2031

Authors

  • Ahmad Hisyam Pendidikan Agama Islam, STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
  • Siti Mutholingah STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Keywords:

reward, punishment, motivasi belajar

Abstract

Rendahnya motivasi belajar merupakan sesuatu yang akan berdampak buruk pada kualitas belajar seseorang. buruknya kualitas belajar seseorang akan memengaruhi proses belajarnya dan target yang ingin diraihnya. Dengan menggunakan metode pembelajaran Reward and Punishment santri bisa memaksimalkan materi pembelajaran sebelum dan sesudah proses belajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bagaimana penggunaan reward and punishment di Pesantren Hidayatul Qur’an Singosari dan 2) mendeskripsikan bagaimana hasil penggunaan reward and punishment dalam mengoptimalkan motivasi belajar santri di Pesantren Hidayatul Qur’an Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Penggunaan reward and punishment di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Singosari sudah terlaksana dengan baik, hanya saja pada sistem reward masih belum dimaksimalkan. Punishment lebih diutamakan karena dapat memberikan pengaruh secara psikologi terhadap tingkah laku anak didik agar dapat segera melakukan perubahan sikap pada dirinya. Dan 2) hasil penggunaan reward and punishment di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Singosari adalah optimalnya motivasi belajar santri dan berkembangnya inovasi para pengajarnya. Keefektifan penggunaan reward and punishment menjadikan santri belajar dengan baik dan taat terhadap peraturan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristianto, Yohanes. “Kamus Inggris-Indonesia.” KamusBahasaInggris.com, n.d.

Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran” 5, no. 2 (2017).

Emiliawati, Emi. Motivasi Belajar Siswa Atas Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SDN 01 Sekaran Siman Ponorogo. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021.

Fadlilah, Nisa. Motivasi Belajar Santri Dalam Mengikuti Pendidikan Di Madrasah Diniyah Raden Fatah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2019.

Marliza, Lina, Ahmadi Boerhan, Salmi Wati, Sjech M Djamil, dan Djambek Bukittinggi. “Penerapan Reward dan punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Serta Hasil Belajar Peserta Didik Sejarah Kebudayaan Islam dimaknai” 2, no. 1 (2023): 27–38.

Nurfa’i, Slamet. Peranan Metode Reward Dan Punishment Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren As-Salafiyah Mlangi, Kelurahan Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: STIA Alma Ata Yogyakarta, 2011.

Susanti, Furi Permata Fitri. Pengaruh Metode Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Fiqih Siswa-Siswi Kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2019.

Wibowo, Muhammad Alfi. Reward Dan Punishment Sebagai Bentuk Kedisiplinan Di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah Pulutan Salatiga. Salatiga: IAIN Salatiga, 2016.

Zulfah, S.S. “Metode Reward Dan Punishment Dalam Perspektif Islam” 1, no. (Jakarta: Kencana,2006), hlm. 9. (2006): 67–78.

Downloads

Published

2023-09-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penggunaan Reward and Punishment dalam Mengoptimalkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Singosari Malang (A. Hisyam & S. Mutholingah , Trans.). (2023). Journal Islamic Studies, 4(2), 111-118. https://doi.org/10.32478/jis.v4i2.2031

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.