PERAN PENGASUH DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SANTRI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH NURUL HIKMAH SINGOSARI MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/xvhynq64

Authors

  • Ahmad Salsabil AlFirdausi Mahasiswa S1 STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Afifah Auliya Rahma Librana Mahasiswa S1 STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Keywords:

Role of Caregivers, , Santri Learning,, Islamic Religious Education

Abstract

Problematika pembelajaran santri yang terjadi pada saat ini dalam Pendidikan Agama Islam adalah santri dihadapkan dengan jam pembelajaran full day di sekolah formal yang saling berbenturan dengan jadwal pembelajaran madrasah diniyah. Selain itu, dampak yang dialami lainnya adalah kesulitan santri dalam memahami materi pengajian yang telah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran pengasuh Madrasah Diniyah Nurul Hikmah dalam mengatasi problematika tersebut. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data melibatkan pengasuh, walisantri, dan santri Madrasah Diniyah Nurul Hikmah. Hasil penelitian ini mengidentifikasi beberapa problematika, termasuk jadwal pembelajaran santri yang saling berbenturan, kesulitan walisantri dalam berkegiatan dan diajak berkomunikasi, serta hambatan santri dalam memahami materi pengajian. Dengan adanya peran pengasuh dapat mengatasi problematika tersebut dan meningkatkan kualitas pembelajaran santri dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah.

Kata Kunci: Peran Pengasuh, Pembelajaran Santri, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Ahmad Salsabil AlFirdausi, Mahasiswa S1 STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

    Seorang santri dan mahasiswa aktif asal Malang, Jawa Timur yang lahir pada tanggal 15 Maret 2002. Dia adalah founder Metrasia Community. Sebuah komunitas kepenulisan yang awalnya bernama Ikatan Penulis Sastra Indonesia (IPSI) dan kini telah berubah nama menjadi Media Pegiat Literasi Sastra Indonesia (Metrasia) Community. Selain itu, karya tulis yang telah diterbitkan, baik di platform online maupun lewat penerbit cukup dibilang sudah banyak. Karya tulis yang telah terpublish di beberapa platform online maupun penerbit berkategori novel dan puisi. Adapun karya tulis novel yang telah terpublish di platform online antara lain: Cinta dalam Senandung Rindu (Noveltoon), Algoritma Renjana (Wattpad), Rahasia Pernikahan Gus Ammar (Fizzo), Dinikahkan dengan Ning Galak (Fizzo), Saya Tak Pantas untuk Sampean Gus (Fizzo).

          Sedangkan karya tulis novel dan puisi yang telah terbit di penerbit adalah Awamatra Sang Cakrawala (Penerbit Guepedia), Cinta dalam Senandung Rindu (Penerbit Guepedia), Yelena Angelica (Penerbit Farha). Adapun prestasi yang telah dicapai adalah 100 besar dari 1600 peserta lomba cipta puisi tema air mata tingkat Nasional di penerbit Binar Media, 200 besar dari 1334 peserta lomba cipta puisi tema bebas tingkat Nasional di penerbit Anlitera, harapan 4 dari 251 peserta lomba cipta puisi tema malaikat tak bersayap tingkat Nasional di penerbit Nebula Publisher.

            Beberapa komunitas dan organisasi baik kategori kepenulisan maupun non kepenulisan adalah co divisi teknologi dan penerbitan HMPS PAI STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang, Staff Ahli Senat Mahasiswa STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang, anggota Komunitas Menulis Indonesia (KMI), pengurus divisi kaderisasi Forum Lingkar Pena Cabang Malang, dan masih banyak lagi beberapa komunitas dan organisasi yang diikuti olehnya.

            Saat ini, dia aktif menulis di beberapa karya tulis fiksi maupun non fiksi di platform online maupun dipublish di penerbit, karya ilmiah seperti artikel maupun jurnal, dan menulis di blogger.

References

Alma, Buchori. Pembelajaran Study Sosial. Bandung: Alfabeta, 2010.

Christin Novini, Riana. Perilaku Kelekatan aman Balita pada Pengasuh di TPA. Yogyakarta: Fakultas Psikologi, 23.

Depdiknas. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, t.t.

Dimyati, Mudjiono, dan Mudjiono Mudjiono. “Belajar dan pembelajaran.” Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Fahham, Achmad Muchaddam. Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Jakarta: Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI), 2015.

Hadi., A Soedomo. Pendidikan (Suatu Pengantar). Surakarta: UNS Press, 2008.

Hidayah, Rohmatun Nurul. “Pendidikan anak usia dini perspektif Ki Hajar Dewantara.” Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial 9, no. 2 (2015): 249–58.

Huda, Saiful. Menggagas pesantren masa depan: geliat suara santri untuk indonesia baru. Qirtas, 2003.

JUMRAENI, JUMRAENI. “Dampak Sosial Implementasi Full Day School Di Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu,” 2018.

Kamaliah, Kamaliah. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas I Subtema Kegiatan Keluargaku Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada SD Negeri Kandang Kecamatan Kembang Tanjong Kabupaten Pidie.” Jurnal Serambi Akademica 9, no. 4 (2021): 608–19.

Ma’murasmani, Jamal. “Full Day School.” Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Mohammad Arifin, Barnawi. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Nata, Dr H Abuddin. Ilmu pendidikan islam. Prenada Media, 2016.

Pioh, Efanke Y, Nicolaas Kandowangko, dan Jouke J Lasut. “Peran pengasuh dalam meningkatkan kemandirian anak disabilitas netra di Panti Sosial Bartemeus Manado.” Acta Diurna Komunikasi 6, no. 1 (2017).

Putra, Sitiatava Rizema. “Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains,” 2013.

Sidiq, Umar, dan Moh Miftachul Choiri. “Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Ponorogo: CV.” Nata Karya, 2019.

Soekanto. Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Soekanto, Soerjono. Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar (Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007) hal. 269. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007.

Suharto, Babun. Dari pesantren untuk umat: Reinventing eksistensi pesantren di era globalisasi. Imtiyaz, 2011.

Takdir, Mohammad. Modernisasi kurikulum pesantren. IRCiSoD, 2018.

Torang, Syamsir. Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta, 2014.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Wijaya, Yeny Duriana. “HUBUNGAN KETERLIBATAN PENGASUHAN AYAH DENGAN MASKULINITAS MAHASISWA PRIA UNIVERSITAS ‘X’ DI JAKARTA BARAT.” Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi 15, no. 1 (2017).

Wulandari, Endah, Marhan Taufik, dan Kuncahyono Kuncahyono. “Analisis implementasi full day school sebagai upayapembentukan karakter siswa di sd Muhammadiyah 4 Kota Malang.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 6, no. 1 (2018): 65–74.

Yasmadi, Modernisasi Pesantren. “kritik Nurcholish Madjid terhadap pendidikan Islam tradisional.” Edisi Revisi, Ciputat: Quantum Teaching, 2002.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

PERAN PENGASUH DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SANTRI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH NURUL HIKMAH SINGOSARI MALANG (A. S. Sa & Afifah Auliya Rahma Librana , Trans.). (2024). Journal Islamic Studies, 5(01), 47-65. https://doi.org/10.32478/xvhynq64

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.