PROSES RECRUITMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MTS MUHAMMADIYAH WARU

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1243

Authors

  • Muhammad Abdul Rosyid Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Anindya Ummi Sholikhah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Kurnia Rizqi Nurjanah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Fitriyaningsih Marfuah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MTs Muhammadiyah Waru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem rekrutmen yang dilalukan di  MTs Muhammadiyah Waru adalah dengan mengajukan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan kepada PCM Muhammadiyah cabang Waru, setelahnya madrasah melakukan penyebaran pamflet. Kemudian pengumpulan berkas oleh pelamar, dilanjutkan dengan seleksi wawancara dengan Kepala Madrasah hingga hasilnya seleksi yang direkomendasikan oleh madrasah diserahkan kembali kepada PCM Muhammadiyah untuk menentukan siapa yang sesuai dengan kriteria madrasah dan yayasan Muhammadiyah. Secara umum, apa yang menjadi rekomendasi sekolah itulah yang disetujui oleh PCM Muhammadiyah.

 

Kata Kunci : Rekrutmen; Tenaga Pendidik; Tenaga Kependidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A. dan S. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Farida, I. N. (2019). Sistem Rekrutmen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Krian Sidoarjo. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nurmalasari, Inten. Prayoga, A. dan I. (2019). Staffing dan Fenomena Rangkap Jabatan di Sekolah Islam. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 014–022.

Purwaningsih. (2020). Strategi Rekrutmen Tenaga Pendidik dan Peningkatan Capacity Building di SMP Muhammadiyah Boarding School Purwokerto.

Sari, K. P., & Mujahidun. (2018). Manajemen Rekrutmen Profesional Guru Jenjang Pendidikan Dasar Muhammadiyah Kabupaten Magelang. The 8th University Research Colloquium 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 87–93.

Sari, S. (2019). Strategi Rekrutmen Tenaga Pendidikan dan Kependidikan di SMA Muhammadiyah 25 Pamulang. Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PROSES RECRUITMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MTS MUHAMMADIYAH WARU. (2022). Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 30-48. https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1243