STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KARAKTER DI SDIT AL-FATIH PEUSANGAN
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1588Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum berbasis karakter di SDIT-Al-Fatih Peusangan, untuk menjelaskan implementasi kurikulum berbasis karakter. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Fatih Peusangan, kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui tekhnik Miles dan Hubermen dan digunakan triangulasi yaitu reduksi data, Display data dan penarikan kesimpulan untuk melihat hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum berbasis karakter dilakukan dengan: a. perencanaan termaktub dalam visi, misi dan tujuan.b. Membuat kebijakan dengan stretegi yang dilakukan dimulai dari semua aktifitas baik didalam kelas maupun diluar kelas. c. Sifat kepemimpinan kepala sekolah SDIT Al-fatih Peusangan adalah visioner, transformasional, inovasi, empati, bekerja keras, sabar kharismatik. d. gaya kepemimpinan demokratis kolaboratif, transformasional, otoriter. 2 Implementasi kurikulum berbasis karakter dengan cara: a. Melaksanakan 3 dimensi kurikulum dilakukan kepala yaitu, membuat rapat, evaluasi dan monitoring dan 3 dimensi yang dilakukan guru melalui perencanaa, kebiasaan dan keteladanan. b ciri-ciri karakter adalah religius, rasa ingin tahu, berani, jujur, percaya diri, mandiri, kreatif, berjiwa sosial. c. pada prinsipnya kurikulum berbasis karakter sebagai model yang baik bagi siswa dalam mengajarkan nilai-nilai karakter yang positif dan memberikan umpan balik. d.Tahapan implemetasi kurikulum berbasis karakter yaitu: Identifikasi nilai-nilai karakter, integrasi nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum, pembentukan sikap dan perilaku positif, pengembangan metode pembelajaran, Evaluasi dan pengukuran, Refleksi dan perbaikan.
Kata kunci: strategi kepala sekolah, Kurikulum berbasis karakter.