STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN MELALUI SISTEM INFORMASI APLIKASI BISMART

DOI:

https://doi.org/10.32478/32fcqk76

Authors

  • Sri Maryani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta -  Indonesia
  • Zahrotul Munawwaroh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta -  Indonesia
  • Lolytasari - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta -  Indonesia

Abstract

This research aims to examine the marketing strategy of educational services through the Bismart application information sistem at SMK Bina Informatika Bintaro, using descriptive qualitative methods with data collection techniques in the form of interviews, observations, and documentation studies. The subjects in this research were principals, related teachers (application admins), subject teachers, students, and parents at SMK Bina Informatika Bintaro. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, discussion, conclusions, and verification. I was checking the validity of the data in this research using the triangulation method. The triangulation used is source triangulation, as well as engineering triangulation. This research revealed that at SMK Bina Informatika, learning activities using information sistem s, namely an application called Bismart (Bina Informatika Sistem Information). Bismart is divided into three: Bismart Teacher used by teachers, Bismart Student used by students, and Bismart Parent used by parents. Teachers use Bismart Teacher to support the learning process and Bismart Student, so both applications are used by teachers and students almost every day. Parents use Bismart Parent to monitor children's learning progress at school. The school's strategy in increasing the effectiveness of using the Bismart application for its users is adjusted to the needs. In Bismart Teacher, the school will conduct work meetings and socialization about Bismart Teacher every semester. Increasing the effectiveness of Bismart Student, schools since students enter as students at SMK Bina Informatika are immediately given socialization of the use of Bismart Student, as well as Bismart Parent. Using Bismart as an information sistem in schools has inhibiting and supporting factors experienced by its users. Still, the school strives to provide good service to create quality student learning.

Keywords: Educational Services Marketing Strategy; Information Sistem; Application.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi pemasaran jasa pendidikan melalui sistem informasi aplikasi Bismart pada SMK Bina Informatika Bintaro, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru terkait (admin aplikasi), guru mata pelajaran, siswa, dan orang tua di SMK Bina Informatika Bintaro. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, pembahasan, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber, serta triangulasi teknik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa di SMK Bina Informatika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan sistem informasi yaitu sebuah apliaksi bernama Bismart (Bina Informatika Sistem Information). Dalam Bismart terbagi menjadi tiga yaitu Bismart Teacher yang digunakan oleh guru, Bismart Student yang digunakan oleh siswa, serta Bismart Parent yang digunakan oleh orang tua. Bismart Teacher digunakan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran, begitu pula dengan Bismart Student, jadi kedua aplikasi hampir digunakan setiap hari oleh guru dan siswa. Bismart Parent digunakan oleh orang tua untuk memantau perkembangan belajar anak di sekolah. Strategi sekolah dalam meningkatkan keefektifan dari penggunaan aplikasi Bismart bagi penggunanya disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam Bismart Teacher, setiap semester sekolah akan melakukan rapat kerja dan dilakukan sosialisasi mengenai Bismart Teacher. Meningkatkan keefektifan Bismart Student, sekolah sejak siswa masuk menjadi siswa di SMK Bina Informatika langsung diberi sosialisasi penggunaan Bismart Student, begitu juga dengan Bismart Parent. Penggunaan Bismart sebagai sistem informasi di sekolah memiliki faktor penghambat dan faktor pendukung yang dialami oleh penggunanya, namun pihak sekolah berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik, demi terciptanya kualitas pembelajaran siswa.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan; Sistem Informasi; Aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Ahmad, Rani Putri Prihatin; Iqbal Faza. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Minat Siswa Baru Di MTsn 5 Sleman Yogyakarta.” Journal Evaluasi 4, no. 2 (September 4, 2020): 173. Accessed March 11, 2023. https://www.researchgate.net/publication/344560500_Strategi_Pemasaran_Jasa_Pendidikan_Dalam_Upaya_Meningkatkan_Minat_Siswa_Baru_Di_MTSN_5_Sleman_Yogyakarta.

Firmansyah, Didin Fatihudin; M Anang. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Hendika Wibowo; Zainul Arifin; Sunarti Fakultas Ilmu Administrasi, Dimas. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol 29, no. 1 (2015). Accessed March 11, 2023. www.depkop.go.id.

Muhaimin dkk. Manajemen Pendidikan : Aplikasinya Dalam Penyusunan Pengembangan Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Kencana, 2009.

Nazli. “Pendaftar Di SMAN Berkurang, Ruang Kelas Terancam Kosong - Suara Indonesia News.” Accessed March 11, 2023. https://suaraindonesia-news.com/pendaftar-di-sman-berkurang-ruang-kelas-terancam-kosong/.

Purwanto, Riyadi. “Penerapan Sistem Informasi Akademik (Sia) Sebagai Upaya Peningkatan Efektifitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Sekolah.” JTT (Jurnal Teknologi Terapan) 3, no. 2 (2017): 24–31.

Rantung, Mario Tulenan Parinsi; Alfrina Mewengkang; Tessa. “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1, no. 3 (2021): 227–240.

Sulasmono, Ririn Tius Eka Margareta; Bambang Ismanto; Bambang Suteng. “Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 5, no. 1 (2018): 1–14.

Downloads

Published

2024-06-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN MELALUI SISTEM INFORMASI APLIKASI BISMART. (2024). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106-122. https://doi.org/10.32478/32fcqk76