STRATEGIC MANAGEMENT MODEL BASED ON ISLAMIC VALUES IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL EDUCATION

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v6i2.3760

Authors

Abstract

This study aims to design a strategic management model integrated with Islamic values ​​in the context of Islamic boarding school education. The literature review method is used to analyze principles such as amanah, shiddiq, ihsan, musyawarah, tawazun, and hikmah which are the philosophical foundations of institutional management. The results of the study indicate that the vision and mission of Islamic boarding schools rooted in the value of tauhid are able to guide strategic planning, implementation, and evaluation consistently. This model emphasizes an adaptive organizational structure based on syura, human resource development through Islamic managerial training, and curriculum integration that balances religious and general knowledge. Information technology is also optimized for monitoring and evaluation, while external collaboration (taawun) strengthens resource support. The implementation of Islamic values ​​in budget policies and the leadership of visionary kiai are key factors in the effectiveness and sustainability of the institution. This finding is expected to be an applicable blueprint for Islamic boarding schools in improving the quality of education and competitiveness without sacrificing Islamic values.

Keywords: Strategic Management; Islamic Values; Islamic Boarding Schools; Islamic Education; Institutional Management

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan merancang model manajemen strategis yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam dalam konteks pendidikan pesantren. Metode kajian pustaka digunakan untuk menganalisis prinsip-prinsip seperti amanah, shiddiq, ihsan, musyawarah, tawazun, dan hikmah yang menjadi landasan filosofi pengelolaan lembaga. Hasil kajian menunjukkan bahwa visi-misi pesantren yang berakar pada nilai tauhid mampu memandu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategis secara konsisten. Model ini menekankan struktur organisasi adaptif berbasis syura, pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan manajerial Islami, serta integrasi kurikulum yang menyeimbangkan ilmu agama dan umum. Teknologi informasi juga dioptimalkan untuk monitoring-evaluasi, sementara kolaborasi eksternal (taawun) memperkuat dukungan sumber daya. Implementasi nilai-nilai Islam dalam kebijakan anggaran dan kepemimpinan kiai yang visioner menjadi faktor kunci efektivitas dan keberlanjutan lembaga. Temuan ini diharapkan menjadi blueprint aplikatif bagi pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan daya saing tanpa mengorbankan nilai keislaman.

Kata Kunci: Manajemen Strategis; Nilai-Nilai Islam; Pesantren; Pendidikan Islam; Pengelolaan Lembaga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Jabbar, M. R. A., Chusnul Chotimah, & Sulistyorini. (2024). Integrasi Nilai Keislaman dalam Manajemen Strategik untuk Membangun Keunggulan Kompetitif Lembaga Pendidikan Islam di Era Globalisasi Digital. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1). https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i1.4153

Abdurrahim, A. (2023). Prinsip Permusyawaratan Dalam Islam Dikaitkan Dengan Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Farisi, Y. A. ., Zubaidi, A. ., & Alianroo, B. . (2024). Kepemimpinan Kewirausahaan Berbasis Pesantren; Kelincahan Strategis Lembaga Pendidikan Islam Menuju Kemandirian Finansial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2900-2910. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3733

Al Mansur, A. J., & Sutarno. (2024). Manajemen Kepemimpinan Transformasional Berbasis Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2787

Anwar, A. R. A. A., Ansar, A., Shabila, W., Balilallo, V., & Hermawan, N. (2024). Manajemen Pondok Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Multidimensi Alfakhriyah Putri. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 5(1). https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.12738

Anwar, F., Su’aidi, S., Widdah, M., Sari, N., & Aldila, R. (2025). Rekomendasi Kebijakan Pendidikan Islam. At-Ta’lim : Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1 - 19. Retrieved from https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attalim/article/view/917

Aripin, J., & Nugraha, M. S. (2025). Manajemen Keuangan Berkelanjutan di Pondok Pesantren: Pendekatan Kewirausahaan dan Tantangannya: Manajemen Keuangan Berkelanjutan di Pondok Pesantren: Pendekatan Kewirausahaan dan Tantangannya. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 143–163. https://doi.org/10.70287/epistemic.v4i1.223 (Original work published May 31, 2024).

Azizah, R. N. N. (2024). Krisis Pembentukan Sumber Daya Manusia Di Pesantren: Mengatasi Kesenjangan Kualitas Di Era Digital Melalui Solusi Adaptif. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 3(6), 392-406. https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/413

Bustomi, A. A. (2024). Penerapan Model Komunikasi Partisipatif dalam Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Pesantren. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(2), 121–138. https://doi.org/10.61650/jptk.v2i2.267

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Febriani, D., Pramono, S. E., Yunanda, R. A., Hendra, G. I., Amalia, P. S., Wijayanti, R., ... & Tarmiati, M. (2024). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pesantren Dengan Aplikasi Santri. Suluh: Jurnal Abdimas, 5(2), 269-285. https://doi.org/10.35814/suluh.v5i2.5434

Fitria Zulfa. (2023). Kepemimpinan Sekolah Berbasis Pesantren dan Profil Manager Pendidikan Islam. Kamaliyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.69698/jpai.v1i1.422

Muhammad B. Hamka, Aldo Redho Syam, & Afiful Ikhwan (Editor). (2022). PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PEMIKIRAN BUYA HAMKA. Katalog Buku STAI Muhammadiyah Tulungagung, 1–91. Retrieved from https://ejournal.staimta.ac.id/index.php/bookcatalog/article/view/328

Iswiyanto, H. A. (2024). STRATEGI KIYAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI NASIONALISME DI PONDOK PESANTREN. Al-Rabwah, 18(01), 027–039. https://doi.org/10.55799/jalr.v18i01.319

Machi, L. A., & McEvoy, B. Y. (2016). The Literature Review: Six Steps to Success (3rd ed.). Corwin Press.

Mansyuri, A. H., Patrisia, B. A., Karimah, B., Sari, D. V. F., & Huda, W. N. (2023). Optimalisasi Peran Pesantren dalam Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 101-112. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6376

Manzil, K. L., & Muttaqin, M. I. (2024). Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam (Pengertian, Karakteristik Kepemimpinan Rasulullah, Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam, dan Keberhasilannya) . Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(7), 734–743. https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i7.140

Miftahur, R. (2022). Manajemen Strategi Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas Lampung Tengah (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20916

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Okoli, C., & Schabram, K. (2010). A Guide to Conducting a Systematic Literature Review of Information Systems Research. Communications of the Association for Information Systems, 37(1), 43–56. https://doi.org/10.17705/1CAIS.03743

Ramadhan, A. R., Said, U. M. R., Sauri, S., & Afkar, M. F. (2024). Integrasi Etika Filosofis dan Nilai-Nilai Profetik untuk Mewujudkan Pendidikan Islam yang Humanis, Adil, dan Transformatif. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2), 253-267. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i2.3244

Ridho, M. F. (2018). Metode Analisis Data Kualitatif (Edisi Kedua). Prenadamedia Group.

Amelia Nur Rochim, & M Imamul Muttaqien. (2025). Keadilan, Amanah, dan Musyawarah: Integrasi Nilai Kepemimpinan Islam dalam Manajemen Pendidikan Modern. Jurnal Visi Manajemen, 11(2), 01–12. https://doi.org/10.56910/jvm.v11i2.513

Sahruddin, S., Yaumi, M. ., Malli, R. ., & Sumiati, S. (2023). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam berwawasan Muhammadiyah: Studi Kasus di Pesantren Ahlus Suffah Kabupaten Bantaeng. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(2), 128–144. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7380

Saifullah Saifullah, & Ainur Rofiq Sofa. (2024). Membangun Karakter Santri Melalui Pendekatan Spiritual Berbasis Al-Quran dan Hadits: Studi Empiris di Lingkungan Pesantren Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 158–179. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.874

Saini, M. (2024). Pesantren dalam Era Digital: Antara Tradisi dan Transformasi. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 16(2), 342–356. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v16i2.1600

Sanusi, H. P. (2020). Peningkatan mutu madrasah berbasis manajemen strategik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota‎ Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36036

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (21st ed.). Alfabeta.

Syamsuri, S., Labolo, S. N. S., & Firdaus, I. M. (2023). Implementation of Panca Jangka as a Strategy to Develop the Pesantren Gontor. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 4(2), 177-194. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/santri.v4i2.960

Widayato, W., Sukarman, S., Mulyani, T., & Susanto, A. (2025). Nilai Islam sebagai Fondasi Manajemen Pendidikan: Studi pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren. Seroja: Jurnal Pendidikan, 3(3), 460–474. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i3.2735

Yuliani, L., Karwati, L., & Hamdan, A. (2022). Manajemen Pendidikan Nonformal Melalui Pesantren Dalam Memelihara Tradisi Kearifan Lokal (Studi di Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 7(1). http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15330

Zahro’, F. M. (2025). Manajemen Strategis Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Pesantren. Unisan Jurnal, 4(2), 21–30. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/4078

Zuchroh, I. (2024). Prinsip Keadilan Ekonomi Dalam Prespektif Islam Dan Implementasinya. Jurnal Education and Development, 12(2), 135-139. https://doi.org/10.37081/ed.v12i2.5737

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGIC MANAGEMENT MODEL BASED ON ISLAMIC VALUES IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL EDUCATION (R. Rahmatullah & Maisyarah , Trans.). (2025). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 218-234. https://doi.org/10.32478/leadership.v6i2.3760