Konsep Kepemimpinan Otoriter Dalam Lembaga Pendidikan Di Sekolah atau Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v1i2.443Keywords:
Kepemimpinan, Konsep Kepemimpinan Otoriter.Abstract
Pada artikel ini berfokus pada usaha mendeksripsikan konsep kepemimpinan otoriter dari beberapa pustaka dan literatur yang kemudian ditelaah kembali dan mendekripsikan konsep kepemimpinan otoriter yang dianggap dapat diterapkan dalam lembaga pendidikan di sekolah atau madrasah. Dalam artikel ini, dasar dari kepemimpinan yang ideal dan dapat dikatakan berhasil, apabila dapat memenuhi arti kata kepemimpinan dan juga fungsi kepemimpinan. Arti dari kepemimpinan adalah mempengaruhi orang lain untuk berbuat sesuai dengan ketentuan untuk mencapai tujuan. Dari hal tersebut, terdapat unsur memaksakan sesuatu pada orang lain agar melakukan sesuatu, yang dapat dikatakan sebagai bagian dari sifat otoriter yang bahkan menjadi arti dari kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan otoriter dianggap sebagai cara atau gaya pemimpin yang memaksakan segala kebijakkan untuk diputuskan oleh dirinya sendiri dan harus dilaksanakan para anggota yang dipimpinnya, tanpa mau mendengarkan aspirasi dari para anggotanya. Tetapi dari studi atau kajian pustaka yang telah dilakukan dan yang kemudian ditelaah kembali, terbentuklah konsep kepemimpinan otoriter yang mungkin akan bisa diterapkan pada lingkungan sekolah atau madrasah, dan berpotensi untuk meningkatkan kualitas dari sekolah atau madrasah. Konsep kepmimpinan otoriter ini menekankan pada penyeimbangan antara hal – hal secara mutlak harus dilakukan dengan hal –hal yang perlu dipertimbangkan atau ditoleransi. Terdapat 5 (lima) point yang menjadi fokus utama dalam konsep kepemimpinan otoriter ini, yaitu bersedia mendengarkan keresahan warga sekolah, Kepala Sekolah menjadi teladan untuk para warga sekolah, Kepala Sekolah membuka diri tentang perspektif warga sekolah, Kepala Sekolah melakukan evaluasi diri, dan Kepala Sekolah berusaha memberikan toleransi pada hal – hal tertentu pada kondisi – kondisi tertentu.
Downloads
References
Haris, Abd. 2013. Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya : Islamic Development Bank.
Hunt, G., J. dan C.A. Hosking. 1988. Leaders and Managers : An International Perspective On Managerial Behavior And Leadership. New York : Pergamon Press.
Indartono, Setyabudi. 2005. Leadership. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Kartono, Kartini. 2006. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Khodizah, Siti dan Hade Afriansyach. Juni 2019. Artikel Kepemimpinan Pendidikan. Padang : Universitas Negeri Padang.
Purwanto, Ngalim, M. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rivai, Veithzal. 2006. Kpemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Stephen R. Covey, R., Stephen. 1997. Kepemimpinn Berprinsip. Jakarta : Binapura Aksara.
Stogdill, M., Ralp. 1990. Hand Book of Leadership : A Survay of Theory and Research. Ed. III ; New York : Free PressDownloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Maulida Qurratul Aini, Peran Kepemimpinan Kyai dalam Manajemen Strategi Pendidikan Pesantren , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2020): JUNI
- Syafi'i Syafi'i, PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN BAHRUL MAGHFIROH KOTA MALANG) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Mochammad Faris Aresy, KEPEMIMPINAN KEPALA PONDOK PESANTREN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUTTAUHID MALANG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2020): JUNI
- Femi Sri Wahyuni, Mulyawan Safwandy Nugraha, STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 3 (2024): EDISI KHUSUS
- Ahmad Muammar, Zaedun Na'im, Kepemimpinan Kepala Pesantren dalam Implementasi Program Wajar Dikdas di Pondok pesantren Salafiyah (Studi Kasus di PP. Daruttaâ'lim Waddaâ'wah Malang). , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Ilham Yahya Romandoni, Prim Masrokan Mutohar, Binti Maunah, STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA GURU , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Fajar Mustika Violeta, Suwadi, URGENSI DAN NILAI KEISLAMAN DALAM KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL BERNARD M. BASS DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS KEISLAMAN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2023): JUNI
- Ilmiatus Sa'diyah, Nailil Fitrah, PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN PENYELESAIAN MASALAH DALAM KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN AL-MUKHLISIN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022
- Nur Hidayah, Gaya Kepemimpinan di Pondok Pesantren Mura’atus Sibyan Desa Rantau Bakula Kec. Sungai Pinang, Kab. Banjar , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022
- Halimatus Sa'diyah, KOORDINASI KEPEMIMPINAN DALAM MA’HAD DARUL QUR’AN 2 DESA SISIR KECAMATAN BATU KOTA BATU JAWA TIMUR , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022
You may also start an advanced similarity search for this article.