KOORDINASI KEPEMIMPINAN DALAM MA’HAD DARUL QUR’AN 2 DESA SISIR KECAMATAN BATU KOTA BATU JAWA TIMUR

Published : 2022-06-30 | Abstract viewsc: 27 | PDF views: 20
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Halimatus Sa'diyah(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pondok pesantren memiliki ciri khas yang membedakan dengan lembaga pendidikan islam yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami serta memperoleh informasi tentang koordinasi kepemimpinan dalam Ma’had Darul Qur’an 2. Penelitian ni difokuskan pada koordinasi yang ada dalam pesantren tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa koordinasi kepemimpinan pesantren pengasuh menggunakan koordinasi kepemimpinan secara vertical yakni pengasuh memberi pengarahan kepada santri-santri yang telah di tugaskan secara langsung agar tujuan dapat dicapai dengan baik dan teratur. 


Keywords


koordinasi kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Kasful Anwar US, “Kepemimpinan Kiai Pesantren : Studi terhadap Pondok Pesan tren di Kota Jambi”, Kontekstualita, Vol. 25, No. 2, 2010 hal 227-228.

M.Sulthon Masyhud dan Khusnurdilo, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta : Diva Pustaka, 2003.

Moekijat, Koordinasi, (Jakarta : Graha, 1994). h. 86-87

Moh Zammil Al Muttaqin, Pola Kepemimpinan Perempuan di Pondok Pesantren Darut Thayyibah dan Peran Sosialnya Di Masyarakat”, IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No.3 , Desember 2021 P-ISSN : 2777-1490; E-ISSN : 2776-5393 https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna.


Article metrics

Abstract views : 27 | views : 20


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/leadership.v3i2.1145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Halimatus Sa'diyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.