Karakteristik Kepemimpinan Pesantren di Era 4.0

Published : 2021-06-30 | Abstract viewsc: 63 | PDF views: 38
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Isro’un Nur Anifatul Azizah(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren merupakan lembaga pendidikian tertua yang ada saat ini. Untuk menaungi masyarakat dalam menjaga akidah dan syariat mereka, dibutuhkan peran pesantren sebagai kiblat yang dijadikan masyarakat pemimpin untuk menjaga kultur dan budaya masyarakat yang dikhawatirkan akan tergerus oleh arus globalisasi yang terus berkembang pesat. Di era 4.0 ini banyak sekali masalah yang ditemui pesantren diantaranya kurikulum yang telah kuno sehingga kurang relefan untuk menghadapi tantangan zaman, atau pengasuh pesantren yang terhasut dalam dunia politik sehingga menganak tirikan santrinya, dan masalah lain yang tergolong baru. Hal tersebut tentunya perlu diperhatikan dan diatasi dengan membentuk karakter pesantren yang sesuai dengan peradaban saat ini, yakni diantaranya : (1) Memahami ilmu agama dan ilmu umum terutama MIPA, (2) Melek teknologi, (3) Memahami metode dakwah islam Rahmatan lil alamin, dan lain-lain. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif studi pustaka dengan mengkutip dari berbagai sumber baik primer maupun sekunder, sehingga peneliti mendapat pemahaman bahwa dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan pesantren di era 4.0 ini, perlu di tanamkan karakter baru yang dapat membantu pesantren dalam menjawab tantangan zaman, agar pesantren tetap mampu membantu negara dalam menjaga akidah dan syariat masyarakat disekitarnya

Keywords


Karakteristik, Kepemimpinan, Pesantren, Era 4.0

Full Text:

PDF

References


Nurcholis Majid, Islam Kemodernan dan Keindonesiaan, (Bandung : Mizan, 1987), Hal. 124.

Marwan Saridjo, Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia, (Jakarta : Dharma Bhakti, 1982), Hal.7.

Asnawan, Sulaiman, Peran Kepemimpinan Kiai Di Pendidikan Pesantren Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, (Jurnal Falasifa, Vol. 11 Nomor 1 Maret 2020) Hal. 26-28.

Dienil Aminy, kontribusi Pondok Pesantren dalam Dinamika Perubahan Sosial Keagamaan dan Pendidikan Masyarakat di Pamekasan, “Tesis” (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018), Hal 63-65.

Bagus Kurnia, Problematika Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia, (JURNAL PENDIDIKAN ISLAM : TAWAZUN, 31-10-2019), Hal. 230-231.

Muhamad Ramli, Karakteristik Pendidikan Pesantren; Sebuah Potret, (jurnal : Al Falah, Vol. XVII No. 1 Tahun 2018), Hal. 99.

Wahyudin Darmalaksana, Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan, (Pre-print Digital Library : UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020) Hal. 3.


Article metrics

Abstract views : 63 | views : 38


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/leadership.v2i2.717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 isro’un nur anifatul azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.