Pelatihan dan Pendampingan Banjari dalam Meningkatkan Keterampilan dan Semangat Santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Assalafiyah

DOI:

https://doi.org/10.32478/cgv65z86

Authors

Keywords:

Banjari, Training and Mentoring, Pondok Pesantren

Abstract

Abstract

The community service program in the form of Banjari training and mentoring at Pondok Pesantren Madarasatul Qur'an Assalafiyah Singosari Malang is carried out in order to improve the skills and enthusiasm of the students. The results of this training and mentoring Banjari include being able to increase the students' understanding and skills in using the tambourine and the students' enthusiasm in reading al-Barzanji. This article provides a description of the implementation of training and mentoring, evaluation results, and further plans to preserve the art of Banjari music among Islamic boarding schools. In addition, this article also shows that Banjari training can be an effective and efficient solution in improving the skills and enthusiasm of students in preserving Indonesian Islamic culture.

Keywords: Banjari, training and mentoring, Pondok Pesantren.

Abstrak

Program pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan Banjari di Pondok Pesantren Madarasatul Qur’an Assalafiyah Singosari Malang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan semangat santri. Hasil dari pelatihan dan pendampingan Banjari diantaranya mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan santri dalam menggunakan rebana dan semangat santri dalam membaca al-Barzanji. Artikel ini memberikan diskripsi tentang pelaksanaan pelatihan dan pendampingan, hasil evaluasi, dan rencana lanjutan untuk melestarikan seni musik Banjari di kalangan pesantren. Selain itu, artikel ini juga menunjukkan bahwa pelatihan Banjari dapat menjadi salah satu solusi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan keterampilan dan semangat santri dalam melestarikan budaya Islam Indonesia.

Keywords: Banjari, Pelatihan dan Pendampingan, Pondok Pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Rahmatullah, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

    Lektor IIIc

References

Anggraini, R., Ashlihah, A., & Muhibuddin, A. (2021). “Pelatihan Banjari Untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Malam Lailatus Sholawat Santriwati Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum, Ribath Sabilul Huda Jombang”. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37–42. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1130

Arifin, Z., Imam Masyhuri, A., Rois Abdullah Hasyim, M., & Risqiyah, M. (2024). “DAKWAH MELALUI PEMBINAAN REMAJA SANTRI DALAM PELESTARIAN Banjari DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HIKAM 01”. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 259–266. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.1707

Awliya, A. (2008). Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Pada Komunitas Etnis Betawi Kabagusan.

Fajar, A., & Ramlie, R. M. (2023). “Pelatihan Banjari untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Pembacaan Al-Barzanji Santri Pondok Pesantren Ar-Roudotussibyan Desa Cihanjawar”. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 3(3).

Fanani, M. C. (2018). Upaya pembentukan karakter sosial dalam pembelajaran extra kurikuler group Al Banjari di kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ulum Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Harini, H., Prananosa, A. G., & Terminanto, A. A. (2023). “Inovasi Teknologi Dalam Meningkatkan Efisiensi Manajemen Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat Di Era Digital”. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12891-12897.

Hestiana, S. D. (2024). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kesenian Hadrah Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Ma’unah, S. T., Ulfa, S., & Adi, E. (2020). “Pengembangan kurikulum muatan lokal sebagai upaya pelestarian budaya seni musik hadrah Banjari”. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 42-48.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). “Model participation action research dalam pemberdayaan masyarakat”. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62-71.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Pelatihan dan Pendampingan Banjari dalam Meningkatkan Keterampilan dan Semangat Santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Assalafiyah. (2024). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 63-69. https://doi.org/10.32478/cgv65z86

Similar Articles

1-10 of 21

You may also start an advanced similarity search for this article.