Implementasi Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Literasi Visual dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1064

Authors

  • Wahyudi Wah Yudi Universitas KH.Wahab Hasbullah Jombang
  • Fit'atur Rohma Rohma Universitas KH.A.Wahab hasbullah Jombang

Keywords:

visual literacy, spiritual attitude, prayer

Abstract

Abstract: Lately, there has been a decrease in understanding of the importance of worship caused by the lack of creativity of a teacher in delivering material. In this era of increasingly rapid digital development, it is hoped that a solution can be made to increase students' understanding of the importance of worship for them. The purpose of this study was to analyze a learning method/media in improving spiritual attitudes. and understanding of Islamic religious education materials about prayer procedures with visual literacy-based learning. Visual literacy or audio-visual media is a technology that produces benefits in delivering material using electronics to improve learning outcomes and communicate with students more effectively. The types of this study uses research action. The results of research in the application of visual literacy-based learning methods have a significant impact and can increase students' enthusiasm for learning and make it easier to understand the material taught by the teacher effectively and efficiently.

 

Keyword: visual literacy, spiritual attitude, prayer

 

Abstrak: Akhir-akhir ini terjadi penurunan pemahaman akan pentingnya ibadah yang disebabkan oleh kurangnya kreativitas seorang guru dalam menyampaikan materi. Di era perkembangan digital yang semakin pesat ini diharapkan dapat dibuat suatu solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang betapa pentingnya ibadah bagi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis suatu metode/media pembelajaran dalam meningkatkan sikap spiritual. dan pemahaman materi pendidikan agama Islam tentang tata cara shalat dengan pembelajaran berbasis literasi visual. Literasi visual atau media audio visual merupakan teknologi yang menghasilkan manfaat dalam penyampaian materi menggunakan elektronika untuk meningkatkan hasil belajar dan berkomunikasi dengan siswa secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dalam penerapan metode pembelajaran berbasis literasi visual memberikan dampak yang signifikan dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa serta memudahkan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru secara efektif dan efisien.

 

Katakunci: literasi visual, sikap spiritual, shalat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aat Agustini, S.Km., M.Km dan, and M.Kes Wawan Kurniawan, S.Km., ‘Pendidikan Krakter’ (Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2021), p. 41

Al-Basuruwani, Abu Abbas Zain Musthofa, ‘Fiqih Sholat Terlengkap’ (Jakarta: Laksana, 2009), p. 35

‘Alqur’an Dan Terjemah’, 2014, p. 51

Anas, Andi Utari, ‘Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbasis Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar’ (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019)

Budianti, Yusnaili, Zaini Dahlan, and Muhammad Ilyas Sipahutar, ‘Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Basicedu, 6.2 (2022), 2565–71

gilar gandana, ‘Literasi Ict Media Dan Pendidikan Dalam Prespektif Pendidikan Anak Usia Dini’ (Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi, 2019)

Hanif, Abdul, and Fauzi Fauzi, ‘PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT MUTIARA ILMU’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8.2 (2022)

Hasbullah, ‘Dasar-Dasar Pendidikan’ (Jakarta: Rajawali Press, 2009), p. 1

Kurdie, Syuaeb, ‘Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Digital Bagi Generasi Milenial’, SOSFILKOM: Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 13.02 (2019), 48–62

PB, Siti Nurannisaa, ‘Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran’, ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1.2a (2017), 12

Rohmah, Siti, ‘Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sejarah Kebudayaan Islam’, Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4.2 (2022)

Sanjaya, Wina, ‘Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan’, 2019, 4

Sugiyono, ‘Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung Alfabeta, 2017)’ (Bandung: Alfabeta, 2017), p. 231

Sukardi, ‘Metodelogi Penelitian Pendidikan’ (Jakarta: Bumi aksara, 2003), p. 157

Wahidin, Unang, ‘Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7.02 (2018), 229–44

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Literasi Visual dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa. (2022). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119-129. https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1064