Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dan Keterampilan untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan di SMA Islam

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1108

Authors

Keywords:

Graduate competence, habituation, religion activities, skills

Abstract

Abstract: Improving the quality of graduate competencies, the learning process is not only in the form of material but can be presented in a program of habituation of religious activities (practice) directly and through skill activity programs in the form of practice according to talents and interests. student interests. This study aims to find out (1) analyze the scope of improving the quality of graduate competence through religious activities and skills (2) analyze the supporting and inhibiting factors for improving the quality of graduate competence through religious activities (3) analyzing solutions to barriers to improving the quality of graduate competence through skills activities. This study uses a qualitative approach. The results of this study are: (1) integrated with other subjects, the Minister of Education and Culture, curriculum and school characteristics, (2) Supporting and inhibiting factors from most of the internal institutions and students, (3) the solution to these obstacles is the management of synergistic activities as well as empowerment. students maximally and collaboratively. The implication is that by collaborating the three models, the quality of graduates has human characters who are religious, have noble character and have an entrepreneurial spirit who are able to face the challenges of the 5.0 Qur'an-based technology era. an and Al-Hadith.

.

Keywords: Graduate competence, habituation, religion activities, skills

 

Abstrak: Peningkatan kualitas kompetensi lulusan, proses pembelajaran tidak hanya dalam bentuk materi tetapi dapat disajikan dalam program pembiasaan kegiatan keagamaan (praktik) secara langsung dan melalui program kegiatan keterampilan berupa praktik sesuai bakat dan minat. kepentingan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) menganalisis ruang lingkup peningkatan kualitas kompetensi lulusan melalui kegiatan keagamaan dan keterampilan (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat peningkatan mutu kompetensi lulusan melalui kegiatan keagamaan (3) menganalisis solusi dari hambatan peningkatan mutu kompetensi lulusan melalui kegiatan keterampilan pada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) terintegrasi dengan mata pelajaran lain, mendikbud, kurikulum dan karakteristik sekolah, (2) Faktor pendukung dan penghambat dari kebanyakan dari internal lembaga dan siswa, (3) solusi dari hambatan itu yaitu pengelolaan kegiatan yang sinergis sekaligus pemberdayaan siswa secara maksimal dan kolaboratif. Implikasinya yaitu mengkolaborasikan ketiga model tersebut, kualitas lulusan memiliki karakter manusia yang agamis, berakhlak mulia dan memiliki jiwa wirausaha yang mampu menghadapi tantangan era teknologi 5.0 yang berbasis Al-Qur'an. an dan Al-Hadits.

 

Kata kunci: kompetensi lulusan, pembiasaan, kegiatan keagamaan, keterampilan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Abrasy, Muhammad Athiyah. T.th. Al-Tarbiyah Wa Falaasiftuha. Beirut: Dar-al Fikr Alma, Buchari. 2014, Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

An-Nawawi, Abu Zakaria Muhyiddin. Riyadhus Shalihin bab Tahqiq Rabbah wa Daqqaq. No. 627. Beirut: Dar al-Kutub al-Islami.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 1998. Kewirausahaan (Enterpreneurship) dalam Pendidikan, Materi Pelatihan Calon Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. 2001. Pedoman Pembinaan Pengembangan Kewirausahaan Siswa SMK, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Dofir, Moh. 2000. Peranan Pendidikan Keterampilan Dalam Menunjang Jiwa Wira Usaha. Skripsi. Surabaya: Perpustakaan UIN Sunan Ampel.

Hartini, Sri. 2017. Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi orang Tua dan guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Jurnal Al-Asasiyah Vo. 2 No. 1. Ponorogo: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Haryanto. 2010. Pendidikan Keterampilan Kerja Bagi-Warga Berkebutuhan Khusus, Jurnal. Surabaya: Perpustakaan UIN Sunan Ampel.

Jamilah, Eni. Wawancara dengan Kepala SMAI Sunan Ampel Jombang. Komunikasi Pribadi. 27 Maret 2021.

Listyono. 2011. Orientasi life skill dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan pendekatan sets. Jurnal. Surabaya: Perpustakaan UIN Sunan Amepl.

Litbang Jawa Timur. 2005. Efektivitas Pendidikan Kecakapan Hidup Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Jurnal. Surabaya: Perpustakaan UIN Sunan Ampel.

Manik, Karden Edy Sontang. 2003. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Djambatan.

Mawardi, Imam. 2012. Pendidikan Life Skill Berbasis Budaya Nilai-Nilai Islami. Jurnal. Surabaya: Perpustakaan UIN Sunan Ampel.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safitri, Rr. Dyah. Wawancara dengan guru PKN. Komunikasi Pribadi. 27 Maret 2021

Slameta. 1987. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Bandung: Grafindo.

S., Wira Kurnia. 2006. Pendidikan Keterampilan Sebagai Upaya Pemberdayaan Siswa. Skripsi. Malang: Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim, 2006.

Soedijarto. 1989. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Subagiono, Muchmi. 1998. Media Pendidikan Keterampilan. Surabaya: IKAPI.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sustiningrrum, Arini. Wawancara dengan Waka Kesiswaan SMAI Sunan Ampel Jombang. Komunikasi Pribadi. 27 Maret 2021.

Tim Penyusun. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Jakarta: Kemendiknas.

Team Broad Based Education. 2002. Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill education). Jakarta: Depdiknas.

Tim Broad Based Education. 2002. Kecakapan Hidup Life Skill Melalui Pendekatan Pendidikan Luas. Surabaya: SIC Surabaya Intellectual Club.

Tim Penyusun. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Kemendiknas.

Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahid, Abdurrahman. 2007. Menggerakkan Tradisi. Yogyakarta: LKiS.

Wahyunintyas, Mila, Wawancara dengan guru BP. Komunikasi Pribadi. 27 Maret 2021.

Zubaedi. 2011. Desain Pedidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam lembaga Pendidikan. Jakarta: PT. Adhitiya Andrebina Agung.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dan Keterampilan untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan di SMA Islam. (2022). Ta’Limuna, 11(2), 130-145. https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1108

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.