PERKEMBANGAN BIOPSIKOSOSIOSPIRITUAL PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v4i2.119Keywords:
Biopsikososiospritual growth, studentAbstract
The success of a teacher is closely related to the ability in comprehending the students’ growth and their development. Whilst, student development that was defined as a gradual progressive measured and coherent changes becomes one important thing psychologically stresses on comprehension of the basic process and dynamic behavior of the student. If not, trouble with education can’t be avoided as misdirection and disorientation. Hence, Islamic education seeks to integrate the student development that covers the whole biopsikososiospriritual. The effort is to guide and develop their potency as of they will be able to present the ilahiah values. This article regards the student dimension development as a holistic process in hope that learning can be carried out effectively.
Downloads
References
Djamarah, Saiful Bahri, Guru Dan Anak Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Hasan, Aliah B. Purwakania, Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Pra-kelahiran hingga Paska-kematian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Langgulung, Hasan, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma'arif, 1980.
Mansur, Abdul Majid Ahmad dkk., Perilaku Manusia dalam Pandanan Islam dan Ilmu Psikologi Modern, terj. Bambang, 2009.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma'arif, 1980.
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam:Mengurai Benang Kusut Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafisindo Persada, 2006.
Najati, M. 'Utsman, Al-Quran dan Ilmu Jiwa, terj. Ahmad Rofi' 'Utsmani, Bandung: Pustaka, 1985.
Nizar , Syamsul, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Prakarsa, 2001.
Othman, Ali Issa, Manusia Menurut Al-Ghazali, terj. Johan Smit dkk., Bandung: Pustaka, 1981.
Psikologi Anak: Memahami Peserta Didik dalam http://warnadunia.com/psikologi-anak/memahami-peserta-didik-7529/s-37t.htm (Diakses pada 12 November 2011)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2006.
Santrock, John W. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup Jilid I, Jakarta: Erlangga, 1995.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an; Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Ummat, Bandung: Mizan, Cet. Xii, 2001.
Shihab, Quraish, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran, Jilid 15 (Juz 'Amma), Jakarta: Lentera Hati, 2007.
Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pimpinan Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1990.
Supriono, Widodo, Filsafat Manusia dalam Islam, Reformasi Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 1996.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Dinda Putri Somantri, Oyoh Bariah, M. Makbul, Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Ekstrakurikuler Rohis terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Ashif Az Zafi, Dwi Wahyu Putri, Siti Qurrotu A’yun Nisa’Auliya, Karina Fikriatil Husna, Widiya Maudita, Karya Ilmiah Remaja sebagai Upaya Pengembangan Minat dan Bakat di SMA Syubbanul Wathon Tegalrejo , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (Peran Motivasi Guru Terhadap Kreativitas Siswa) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
- Amir Mukminin, Abdul Rochman, Ratih, Uliyatul Marfu'ah, Suliwati, Peningkatan Nilai-Nilai Spiritualitas Siswa melalui Metode Pembiasaan di SMK Daya Wangsa Wonogiri , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Moh. Nafi’, NU DALAM PERKEMBANGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2012): SEPTEMBER
- Muzammil Muzammil, PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Relevansi Konsep Pendidikan Dalam Kitab Ta'lim Muta'alim) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2012): MARET
- Hilman Wadjdi, MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2012): MARET
- Yusuf Agung Subekti, Mutamakin Mutamakin, INTERAKSI ANTARA KYAI DAN SANTRI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK PADA PONDOK PESANTREN ANAK-ANAK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2017): MARET
- Erlita Budiarti, RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI TERHADAP GROWTH MINDSET GENERASI Z PADA MASA COVID-19 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Muh. Rodhi Zamzami, PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM TEORI BELAJAR BEHAVIORISME , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
- Siti Mutholingah, Muh. Rodhi Zamzami, RELEVANSI PEMIKIRAN MAQASHID AL-SYARIAH JASSER AUDA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MULTIDISIPLINER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- Muh. Rodhi Zamzami, PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2017): MARET
- Samsudin Samsudin, Muh. Rodhi Zamzami, KONSELING ISLAMI DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA MAN NGAWI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.