EFEKTIFITAS DIFERENSIASI LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SDN 1 ASRIKATON KABUPATEN MALANG
The Effectiveness of Differentiated Learning Styles in Islamic Religious Education on Improving Students' Cognitive Understanding at SDN 1 Asrikaton Malang Regency
DOI:

Keywords:
Gaya Belajar , Pemahaman Kognitif , Pembelajaran Berdiferensiasi , Pendidikan Agama IslamAbstract
Students at Asrikaton 1 Elementary School in Malang Regency exhibit diverse learning needs shaped by family background and environment, making learning style differentiation crucial. This study aims to analyze how learning style differentiation in Islamic Religious Education (PAI) influences students' cognitive understanding. A quantitative approach was used, correlating learning style differentiation with cognitive achievement. The population included 173 students, with 115 samples. Data were tested for validity and reliability, and analyzed through normality, linearity, and hypothesis testing using SPSS. The results indicate that differentiation has a positive impact on students' cognitive understanding. Hypothesis testing yielded a significance value below 0.05, meaning the alternative hypothesis—learning style differentiation is effective in PAI—is accepted while the null hypothesis is rejected. Cognitive understanding increased by an average of 26.3%, indicating that tailored instruction supports better understanding. This study highlights the importance of tailoring instruction to students' diverse learning styles for improved outcomes. However, there are several limitations, particularly the failure of the validity test that may have led to the underrepresentation of certain research indicators, requiring caution in interpreting the findings. Overall, this research supports the role of differentiation strategies in improving student performance, especially in subjects that require conceptual understanding such as Islamic Religious Education.
Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Asrikaton Kabupaten Malang, menunjukkan kebutuhan belajar beragam yang dibentuk oleh latar belakang keluarga dan lingkungan, sehingga diferensiasi gaya belajar menjadi penting. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana diferensiasi gaya belajar dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) memengaruhi pemahaman kognitif siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan, yang mengkorelasikan diferensiasi gaya belajar dengan pencapaian kognitif. Populasi mencakup 173 siswa, dengan 115 sampel. Data diuji validitas, reliabilitas, dan dianalisis melalui uji normalitas, linearitas, dan hipotesis menggunakan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa diferensiasi memiliki dampak positif pada pemahaman kognitif siswa. Pengujian hipotesis menghasilkan nilai signifikansi di bawah 0,05, yang berarti hipotesis alternatif—diferensiasi gaya belajar efektif dalam PAI—diterima sementara hipotesis nol ditolak. Pemahaman kognitif meningkat rata-rata 26,3%, yang menunjukkan bahwa pengajaran yang disesuaikan mendukung pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini menyoroti pentingnya menyesuaikan instruksi dengan berbagai gaya belajar siswa untuk hasil yang lebih baik. Meskipun demikian, terdapat beberapa keterbatasan, terutama kegagalan uji validitas yang mungkin menyebabkan indikator penelitian tertentu kurang terwakili, sehingga memerlukan kehati-hatian dalam menafsirkan temuan. Secara keseluruhan, penelitian ini mendukung peran strategi diferensiasi dalam meningkatkan kinerja siswa, terutama dalam mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman konseptual seperti PAI.
Kata Kunci : Gaya Belajar; Pemahaman Kognitif; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pendidikan Agama Islam.
Downloads
References
Arikunto, S. (2018). Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Sinar Grafika Offset.
Ediyanto. (2022). Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(2).
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2). https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. In Laporan Pisa Kemendikbudristek.
M, Ali & M, A. (2020). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik Cetakan Ke 14. Bumi Aksara.
Mumpuniarti, Aini Mahabatti, R. R. H. (2023). Diferensiasi Pembelajaran (PengeloLaan Pembelajaran untuk Siswa yang Beragam). In UNY Press.
Mustahdi, & Mustakim. (2017). Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku Sekolah Elektronik. https://www.myedisi.com/bse/45004/buku-guru-pendidikan-agama-islam-dan-budi-pekerti
Purwidodo, & Muhammad Zaini. (2023). Teori dan Praktik: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Revista Brasileira de Linguística Aplicada.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sarnoto, A. Z. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(3).
Singgih, S. (2015). Menguasai Statistik Parametrik: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. In PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 2017.
Sutikno. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Holistika.
Tambunan, A. R. P. (2023). Penerapan Strategi Diferensiasi pada Pembelajaran Quran Hadis kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Bahomohoni Kabupaten Morowali. UIN Alauddin Makassar.
Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Ar Ruzz Media.
Wahyuningtyas, D., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Imam Khosi'in, Nur Wiarsih, Riza Faishol, Hasan Baharun, Strategies of Islamic Education Teachers Based on Local Wisdom in Enhancing Learning Quality at Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Muhammad Ilham Jaya Kesuma, Ikhtiar Cahya Ajir , Imam Syafe’i, Eti Hadiati, Ratu Vina Rahmatika, PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 2 PALAPA UNTUK MENCEGAH DISTRAKSI GAWAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Ani Fitria Nurkhasanah, Nahdatul Khairunisa, Ummu Fitrah Widia , Amertya Azahra, Dinda Dwi Azizah , Rifdha Hayati, Debi Yandrizal , Seswi Derti, Zainal Asril , Problematika Evaluasi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka di SDN 09 Tiumang Dharmasraya , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Junaidi Marbun, Mohamad Tabri , Muhamad Azmy, Zulka Efendi, Dedek Saputra, Ruri Albersa, Roganda, Muhammad Al Fathoni , Ahmad Faiz, Rozi Fitria, Analisis Kompetensi Guru PAI dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SDI Kreatif Makkah Kota Padang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Muchammad Farkhan Nudin, Abu Amar Bustomi, Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Sabiluth Thayyib Kota Pasuruan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Nurjanah, Rara Siska, Teddy Suhardi, Nur Aini Farida, M. Makbul, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM ATTARBIYYAH DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Ajrina Anugrah Syafira, Nurhasan, M Ma'ruf, STRATEGI GURU DALAM MENGHADIRKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA PASURUAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Umi Salamah, Hanis Ratnasari, ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIT AR-ROIHAN LAWANG MALANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Lailatul Afiyah, Anfa Regita Ayu Pratiwi, Maulidatuzzahro’, Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah dan Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Yuan Remanita, Irgi Aqilul Fathoni, Imam Junaris, MEMBANGUN PARADIGMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG INKLUSIF DAN MODERAT DALAM KONTEKS TUNAGRAHITA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.