STRATEGI GURU DALAM MENGHADIRKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA PASURUAN

Teachers’ Strategies in Presenting Local Wisdom Values in Islamic Education Learning at Madrasah Aliyah Negeri Pasuruan City

DOI:

https://doi.org/10.32478/2thqvr87

Authors

  • Ajrina Anugrah Syafira Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan -  Indonesia
  • Nurhasan Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan -  Indonesia
  • M Ma'ruf Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan -  Indonesia

Keywords:

Kearifan Lokal, Madrasah Aliyah Negeri, Pendidikan Agama Islam, Strategi Guru

Abstract

This article describes the strategies used by Islamic Education (PAI) teachers in developing PAI materials based on local wisdom at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Pasuruan City. This study uses a qualitative approach and case study method. The research subjects were PAI teachers at MAN Pasuruan City, while the principal, vice principal for curriculum, and students served as supporting informants. Data were collected through observation, interviews, and documentation, then analyzed descriptively with triangulation of sources and methods to ensure data validity. The results showed that Islamic Education teachers at MAN Kota Pasuruan developed Islamic Education materials based on local wisdom through several strategies: First, identifying the cultural values and religious traditions of the Pasuruan community that are in line with Islamic teachings, such as respect for local scholars such as Mbah Hamid. Second, integrating these values into Islamic Education materials, particularly in the areas of faith, morals, and Islamic history. Third, linking learning to cultural practices and students' daily lives. Fourth, utilizing extracurricular activities and collaboration with local communities to strengthen contextual learning. Thus, this article emphasizes the importance of applying a contextual approach based on local wisdom in PAI learning to increase the relevance, understanding, and internalization of Islamic values for students in their daily lives.

Artikel ini menjelaskan strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan materi PAI berbasis kearifan lokal di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah guru PAI di MAN Kota Pasuruan, sedangkan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan siswa menjadi informan pendukung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi sumber dan metode untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di MAN Kota Pasuruan mengembangkan materi PAI berbasis kearifan lokal melalui beberapa strategi: Pertama, mengidentifikasi nilai-nilai budaya dan tradisi religius masyarakat Pasuruan yang selaras dengan ajaran Islam, misalnya penghormatan terhadap ulama lokal seperti Mbah Hamid. Kedua, mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam materi PAI, khususnya akidah, akhlak, dan sejarah Islam. Ketiga, mengaitkan pembelajaran dengan praktik budaya dan kehidupan sehari-hari siswa. Keempat, memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler dan kerja sama dengan komunitas lokal untuk memperkuat pembelajaran kontekstual. Dengan demikian, artikel ini menegaskan pentingnya penerapan pendekatan kontekstual berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan relevansi, pemahaman, dan internalisasi nilai-nilai Islam bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci :  Kearifan Lokal; Madrasah Aliyah Negeri; Pendidikan Agama Islam; Strategi Guru.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Ajrina Anugrah Syafira, Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan

    Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan

  • Nurhasan, Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan

    Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan

  • M Ma'ruf, Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan

    Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan

References

Balaya, A. N., & Zafi, A. A. (2020). Peranan Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p27-34

Ismaya, B., Perdana, I., Arifin, A., Fadjarajani, S., Anantadjaya, S. P. D., & Muhammadiah, M. (2021). Merdeka Belajar in the Point of View of Learning Technology in the Era of 4.0 and Society 5.0. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1777–1785.

Khauroh, N., Qomaruddin, M., & Halimah, S. (2025). Pembelajaran Konteks sebagai Upaya Peningkatan Efektifitas Pendidikan Agama Islam di Tingkat Menengah. Jurnal Sains Student Research, 3(3), 76–84.

Manasikana, O. A., Af’idah, N., Mayasari, A., Faizah, G., Nur, M., Liana, T., & Junaidi. (2023). Scientific Learning Through the Edu Eco Approach as an Alternative Improving Student Knowledge and Skills. Jurnal Serambi Ilmu, 24(1), 1–3.

Masruroh, L., & Ma’ruf, M. (2020). Strategi Guru Dalam Memotivasi Hafalan Juz 30 Santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Blawi Masangan Bangil. Journal of Islamic Education (JIE), 5(1), 89–99.

Munir, M., & Nadifah, A. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation di MTS Nahdlatul Wathon Kota Pasuruan. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 6(2), 75–92.

Nurhasan, & Alizunna, D. (2024). Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa SMK Kartika Generasi Z. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 9(2), 16–24.

Rahim, A. (2020). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Modernity: Jurnal Pendidikan Dan Islam Kontemporer, 1(2), 20–27.

Sutikno, B., & Batoro, J. (2017). Analisis Kearifan Lokal Terhadap Pembangunan Ekonomi Hijau di Kabupaten Pasuruan. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 243–256.

Tina, A. (2024). Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal. Analysis: Journal of Education, 2(2), 214–221.

Umro, J., & Ilmiah, S. (2024). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Tahfidzul Qur’an di MAN Kota Pasuruan. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 9(2), 38–49.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI GURU DALAM MENGHADIRKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA PASURUAN: Teachers’ Strategies in Presenting Local Wisdom Values in Islamic Education Learning at Madrasah Aliyah Negeri Pasuruan City. (2025). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 165-173. https://doi.org/10.32478/2thqvr87

Similar Articles

1-10 of 145

You may also start an advanced similarity search for this article.