Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Islam Darul Karomah Mandaranrejo Pasuruan

Muhammad Ma'ruf(1*),

(1) Stai Ma'had Aly Al-hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepemimpinan adalah proses kegiatan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mendorong, mempengaruhi, mengarahkan, dan menggerakkan individu-individu supaya timbul kerjasama secara teratur dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama, kualitas pendidikan adalah sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai dalam masyarakat dan kebudayaan, untuk itulah maka pendidikan harus benar-benar memiliki kualitas bagi manusia. Pemimpin pendidikan dalam hal ini adalah Kepala Sekolah sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di lembaga pendidikan, harus memiliki kesiapan dan kemampuan untuk membangkitkan semangat kerja personal. Penelitian ini dilakukan mencari sistem kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Islam Darul Karomah Mandaranrejo Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus di SMP Islam Darul Karomah Mandaranrejo Pasuruan. Pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang semuanya dikumpulkan dan dianalisis untuk menjawab permasalahan penelitian yang diajukan peneliti dalam fokus penelitian. Adapun informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang sarana & prasarana dan guru di SMP Islam Darul Karomah.

Dalam penelitian tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Islam Darul Karomah Mandaranrejo Pasuruan. Peneliti menemukan bahwa Kepala Sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan Islam di SMP Islam Darul Karomah . Tipe kepemimpinan yang dikembangkan Kepala Sekolah SMP Islam Darul Karomah selalu berupaya untuk terus melakukan peningkatan kualitas pendidikan dengan memposisikan dirinya sesuai dengan perannya yaitu sebagai administrator dan supervisor. Adapun usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Islam Darul Karomah antara lain dengan mengadakan full day school, mengadakan program remedial khusus, membangun gedung tingkat dua, membuat lapangan basket, meningkatkan kualitas guru, menambah mata pelajaran khusus, dan pembiasaan sholat berjamaah. Sedangkan sebagai administrator Kepala Sekolah berusaha untuk mengelola dan mengawasi bidang administrasi kesiswaan, pengajaran, kepegawaian, keuangan serta sarana dan prasarana dengan sebaik-baiknya. Adapun sebagai supervisor kepala Sekolah berusaha membantu memberi supervisi kepada stafnya dalam menyusun program, mempertinggi kecakapan dan ketrampilan mengajar, serta mengadakan evaluasi secara kontinyu.


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualitas Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2005. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UIN Malang-Press. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Dan Praktis. Bandung: Rosdakarya. Burhanuddin. 1994. Analisis Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Daryanto, H.M. 2001. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Depag RI. Al-Qur'an dan Terjemah. Semarang: Toha Putra. Dirawat, Lamberi, Busro, Indra Fachrudi, Soekarto.1983. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional. Indar, Djumberansjah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Malang.: IAIN Sunan Ampel. Kurtner,Bernard.1989. Bagaimana Menjadi Pemimpin Yang Berhasil. Jakart: PD.Mari Belajar. Lexy J Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nawawi, Hadari. 1988. Administrasi Pendidikan. Jakarta : CV Haji Masagung.

NK, Roestiyah. 1982. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta : PT.Bina Aksara. Purwanto, M. Ngalim, dan Djojopranoto, Sutaji. 1991. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Mutiara Sumber Wdya. . 1993. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Rifa'i, M.Moh. 1986. Administrasi Pendidikan. Bandung. Jenmars. Siagian, Sondang P. 1989. Filsafat Administrasi. Jakarta : CV Haji Masagung. Soemanto,Wasty dan Soetopo, Hendyat. 1982. Kepemimpinan dalam Pendidikan.Surabaya : Usaha Nasional. . 1984. Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. Jakarta : PT. Bina Aksara. Sugiyono.2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.


Article metrics

Abstract views : 62 | views : 69


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 EVALUASI