Implementasi dan Keefektifan Profil Pelajar Pancasila di Jenjang SD/MI

Authors

  • Azizah Adelia Rahma STAI Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur
  • Samsina Samsina STAI Sangatta Kutai Timur
  • Andi Ainun Fitriah STAI Sangatta Kutai Timur
  • Anjani Putri Belawati Pandiangan STAI Sangatta Kutai Timur

DOI:

https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1224

Keywords:

Implementasi, Keefektifan, dan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan implementasi profil pelajar pancasila sebagai upaya penerapannya di jenjang SD maupun MI. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Dengan Proses pengumpulan data studi literatur dibutuhkan 3 proses penting, yaitu: 1) Editing merupakan memeriksa data kembali yang telah diperoleh peneliti. 2). Organizing merupakan pengorganisir data yang diperoleh dengan kerangka yang sudah diperlukan; dan 3) Finding merupakan analisis lanjutan dari proses editing dan organizing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profil pelajar Pancasila menjadi salah satu kebijakan yang mendukung terwujudnya tujuan pendidikan nasional dan kelanjutan dari program penguatan karakter. Profil pelajar Pancasila adalah karakter dan kompetensi yang harus dimiliki oleh pelajar Indonesia baik di saat sedang dalam pembelajaran maupun saat terjun di masyarakat. Melalui penerapan 6 dimensi profil pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif maka diharapkan bangsa Indonesia menjadi individu yang cerdas dan berkarakter serta mampu menghadapi tantangan dan menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai bentuk implementasi profil pelajar pancasila di jenjang SD/MI. Melalui implementasi kebijakan profil pelajar Pancasila ini diharapkan mampu membangun karakter anak bangsa yang unggul dan mampu bersaing secara global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dafitri, Rilla Suci, Al Rafni, and Yusnanik Bakhtiar. “Implementasi Program Merdeka Belajar Melalui Profil Pelajar Pancasila Di SMKN 1 Sijunjung,” 2022.

Fadillah, Syarifah, Wiwit, and Aisyah. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Pendidikan Matematika 13, no. 2 (2022): 167–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 1224–38. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Kahfi, Ashabul. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah.” DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 5 (2) (2022): 138-151.

Mustoip, Sofyan. Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018, 2018.

Putri Ayu Anisatus Shalikha. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 15, no. 2 (2022): 86–93.

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3613–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.

Wildan Agus Wicaksono, st. “Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS) SUPERVISI AKADEMIK DI DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA” 1 (2022): 1–9.

Published

2022-12-31

Issue

Section

Review Articles

How to Cite

Implementasi dan Keefektifan Profil Pelajar Pancasila di Jenjang SD/MI. (2022). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 3(2), 1-12. https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1224

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.