Desain Perkuliahan Metodologi Studi Islam pada Program Pascasarjana Dirasah Islamiyah

DOI:

https://doi.org/10.32478/ajmie.v4i1.1908

Authors

Keywords:

Metodologi Studi Islam (MSI), Program Pascasarjana, Dirasah Islamiyah, Studi Islam, Desain Perkuliahan.

Abstract

Artikel ini memberikan tawaran filosofis, metodologis dan praktis terkait desain perkuliahan Metodologi Studi Islam (MSI) yang relevan untuk diimplementasikan pada program Pascasarjana (Magister dan/atau Doktor) dengan konsentrasi atau jurusan Dirasah Islamiyah (Studi Islam). Desain perkuliahan yang ditawarkan, terdiri dari 13 tema perkuliahan, yang memuat Basis Filosofis, Metodologis dan Aplikatif dalam konteks studi Islam kontemporer. Temuan artikel ini ada tiga. Pertama, Basis Filosofis MSI membahas Logika Inkuiri versi Charles S. Pierce, Epistemologi Islam versi M. ‘Abid al-Jabiri dan Logika Sistem versi Jasser Auda. Kedua, Basis Metodologis MSI membahas pendekatan normatif dan deskriptif versi Charles J. Adams dan Richard C. Martin, pendekatan insider dan outsider versi Russel T. McCutheon dan Kim Knott, survei sejarah versi Ibrahim Abu Rabi’ serta hermeneutika versi Abdullah Saeed dan Khaled Abou El-Fadl. Ketiga, Basis Aplikatif MSI membahas tema Gender Mainstream versi Nasr Hamid Abu Zaid, Hukum Islam dan Hukum Internasional versi Mashood A. Baderin dan Fathi Osman, Salafisme Global versi Roel Meijer, Muslim Diaspora versi Steven Vertovec, Pendidikan Universal versi Fethullah Gulen dan Reformasi Ushul Fiqih versi Jasser Auda.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M.A.. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Auda, J. 2008. Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law: A System Approach. London: The International Institute.

Auda, J. 2015. Membumikan Hukum Islam Melalui Maqasid Syariah: Pendekatan Sistem. Terj. Rosidin dan ‘Ali ‘Abd el-Mun’im. Bandung: Mizan.

Choir, T. & Fanani, A. (ed.). 2009. Islam dalam Berbagai Pembacaan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadl, K.M.A. 2003. Atas Nama Tuhan; dari Fiqh Otoriter ke Fiqh Otoritatif. Jakarta: Serambi.

Knowles, M.S.. 1998. The Adult Learner: The Definite Classic in Adult Education and Human Resource Development. Houston: Gulf Publishing Company.

Knott, K. 2005. Insider/Outsider Perspectives dalam J. R. Hinnells (ed.), The Routledge Companion to the Study of Religion. New York: Routledge. 2005.

Markham, I & Rabi’, I.M.A. (ed.). 2002. 11 September Religious Perspectives on The Causes and Consequences. Oxford: Hartford Seminary.

Saeed, A.. 2006. Interpreting the Qur’an. London: Roudledge.

Published

2023-06-30

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Desain Perkuliahan Metodologi Studi Islam pada Program Pascasarjana Dirasah Islamiyah. (2023). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 4(1), 33-60. https://doi.org/10.32478/ajmie.v4i1.1908

Similar Articles

21-28 of 28

You may also start an advanced similarity search for this article.