Pendidikan Karakter Nabawi sebagai Strategi Problem Solving Pendidikan di Kota Malang

Published : 2021-12-20 | Abstract viewsc: 44 | PDF (Bahasa Indonesia) views: 25
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Rosidin Rosidin(1*), Moh. Sulthon(2),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(2) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


This article classifies three types of educational problems in Malang, namely demoralization of children; online learning problems; and children caught up by drugs. As a problem solving strategy, this article offers a nabawi character education adapted from the work of Sa'id Isma'il ‘Ali entitled al-Sunnah al-Nabawiyyah: Ru’yah Al-Tarbawiyyah, then contextualized in three character educational patterns. First, moral knowledge (moral knowing) through a learning model classified as teacher-centered such as the story method (qissah) and metaphor (amthal); and the learning model classified as student-centered such as discussion (hiwar) and healthy reasoning ('aql salim). Second is moral deeds (moral doing) through the method of bayan 'amali (demonstration and simulation), mumarasah (exercises) and wasa'il ta'lim (facilities and infrastructure). Third is moral feeling through the qudwah or uswah method (exemplary) and muhasabah or muraqabah (self-introspection). As a practical offer, this article describes a number of alternative implementation of each method in these three character educational patterns, as a problem solving strategy for three educational problems in Malang.

Artikel ini memetakan tiga jenis problematika pendidikan di Kota Malang, yaitu demoralisasi anak; problematika pembelajaran daring; dan anak terjerat narkoba. Sebagai strategi problem solving, artikel ini menawarkan pendidikan karakter nabawi yang diadaptasi dari karya Sa’id Isma’il ‘Ali yang berjudul al-Sunnah al-Nabawiyyah: Ru’yah al-Tarbawiyyah, lalu dikontekstualisasikan dalam tiga pola pendidikan karakter. Pertama, pengetahuan moral (moral knowing) melalui model pembelajaran yang tergolong teacher-centris, seperti metode kisah (qishshah) dan metafora (amtsal); serta model pembelajaran yang tergolong student centris, seperti diskusi (hiwar) dan penalaran sehat (‘aql salim). Kedua, perbuatan moral (moral doing) melalui metode bayan ‘amali (demonstrasi dan simulasi), mumarasah (latihan-pembiasan) dan wasa’il ta’lim (sarana dan prasarana). Ketiga, sikap moral (moral feeling) melalui metode qudwah atau uswah (keteladanan) dan muhasabah atau muraqabah (introspeksi diri). Sebagai tawaran yang bersifat praktis, artikel ini memaparkan sejumlah alternatif implementasi setiap metode pada tiga pola pendidikan karakter tersebut, sebagai strategi problem solving terhadap tiga problematika pendidikan di Kota Malang.


Keywords


Pendidikan Karakter Nabawi, Kota Malang, Problem Solving, Problematika Pendidikan

References


‘Asyur, M. a.-T. (2008). al-Tahrir wa al-Tanwir. Tunisia: Dar al-Tunisiyyah.

Achmad, T. (2021 , September 5). Sepanjang Januari hingga Agustus 2021, Satresnarkoba Polresta Malang Kota Amankan 150 Pengguna Narkoba. Retrieved from www.malangtimes.com: https://www.malangtimes.com/baca/71254/20210905/071000/sepanjang-januari-hingga-agustus-2021-satresnarkoba-polresta-malang-kota-amankan-150-pengguna-narkoba

al-Ghazali, I. A. (2004). Mukhtashar Ihya’ ‘Ulum al-Din: al-Mursyid al-Amin. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyah.

'Ali, S. I. (2002). al-Sunnah al-Nabawiyyah: Ru'yah Tarbawiyyah. Kairo: Dar al-Fikr al-'Arabi.

al-Mawardi, A. a.-H. (n.d.). al-Nukat wa al-‘Uyun: Tafsir al-Mawardi. Beirut: Dar al-Fikr al-‘Ilmiyyah.

al-Naisaburi, A. a.-H.-W. (1991). Asbab al-Nuzul. Beirut: Dar al-Fikr.

al-Suyuthi, J. a.-D.-M.-D. (2001). Tafsir al-Jalalain. Kairo: Dar al-Hadits.

Amirah Al Baiti, S. A. (2017). Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , 1(9), 885-892 .

Anwar Sa’dullah, T. S. (2021). Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Sustainable Development Goals di Yayasan Pendidikan Anak Saleh Kota Malang. Evaluasi,, 5(1), 182-199.

Arfah, A. (2021, Oktober 26 ). Nadiem: PJJ Ciptakan Learning Loss Terbesar Dalam Sejarah RI. Retrieved from news.detik.com: https://news.detik.com/berita/d-5782477/nadiem-pjj-ciptakan-learning-loss-terbesar-dalam-sejarah-ri

Argaheni, N. B. (2020 ). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.

Astuti, M. (2013). Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan , 1(2), 133-140.

Azizah, N. (2021, Agustus 25). Psikolog: Kuliah Daring Timbulkan 4 Masalah Bagi Mahasiswa. Retrieved from www.republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/qye67q463/psikolog-kuliah-daring-timbulkan-4-masalah-bagi-mahasiswa

Barratun Naqiyah, H. J. (2021). Overlapping Duty of Parents in Distance Learning During Pandemic and its Impact on Child’s Psyche at TK Al-Amanah Campor Barat Ambunten Sumenep. AJMIE, 2(1), 25-37.

Burhana Rizky P, R. P. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Ar-Rahmah Malang. Al-Murabbi, 8(1), 45-53.

CNN Indonesia. (2020, September 3). 98 Persen Kampus PJJ Daring, Kemdikbud Klaim Mahasiswa Siap. Retrieved from www.cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200903012249-20-542198/98-persen-kampus-pjj-daring-kemdikbud-klaim-mahasisw

Dyah Nur Septiana, I. B. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan . JAMP, 1(3), 293-301.

Firdausi, A. C. (2021, Oktober 13). Kota Malang Raih Penghargaan APE 2021 Tingkat Pratama. Retrieved from www.malangtimes.com: https://www.malangtimes.com/baca/72514/20211013/151800/kota-malang-raih-penghargaan-ape-2021-tingkat-pratama

JDIH BPK RI. (n.d.). Undang-undang (UU) No. 35 Tahun 2014: Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Retrieved from peraturan.bpk.go.id: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38723/uu-no-35-tahun-2014

Nezha Hanifah, H. L. (2020). Strategi Coping Stress Saat Kuliah Daring pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa , 15(1), 29-43.

Pusdatin Kemenristekdikti Indonesia. (2018). Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2018 . Jakarta : Pusdatin Iptek Dikti, Setjen, Kemenristekdikti.

Redaksi New Malang Pos. (2021 , Mei 18 ). 42 Anggota Dewan Negatif Narkoba . Retrieved from newmalangpos.id: https://newmalangpos.id/42-anggota-dewan-negatif-narkoba

Sudiongko, A. (2020, Januari 7). Duh Miris, BNN Sebut 80 Persen SD-SMP Kota Malang Terpapar Narkoba. Retrieved from www.malangtimes.com: https://www.malangtimes.com/baca/47837/20200107/195000/duh-miris-bnn-sebut-80-persen-sd-smp-kota-malang-terpapar-narkoba

Tim Penyusun Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan .

UNMER Malang. (2021, September 2). Sambut Perkuliahan Daring, UNMER Malang Adakan Bimtek E-Class Kepada Mahasiswa. Retrieved from unmer.ac.id: https://unmer.ac.id/sambut-perkuliahan-daring-unmer-malang-adakan-bimtek-e-class-kepada-mahasiswa/

Wahyuni, N. C. (2021 , Maret 26). Dirjen Dikti: Kampus Merdeka Ciptakan Investasi Pendidikan Masa Depan. Retrieved from www.beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/nasional/751459/dirjen-dikti-kampus-merdeka-ciptakan-investasi-pendidikan-masa-depa

Wicaksono, R. A. (2021). Analisis Yuridis Sosiologis Pelanggaran Lalu Lintas Kendaraan Bermotor Roda Dua oleh Anak: Studi Kasus di Wilayah Hukum Polresta Malang Kota . Dinamika, 27(9), 1358-1376.

Wilson, A. (2020 ). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 5(1), 66-72.


Article metrics

Abstract views : 44 | views : 25


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ajmie.v2i2.840

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.32478/ajmie.v2i2.840.g449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.