Manajemen Pondok Pesantren di Era 5.0: Mengoptimalkan Pendidikan Berbasis Teknologi dan Inklusi

DOI:

https://doi.org/10.32478/90e3q542

Authors

  • Imam Fahrurrozi STAI Darul Ulum Banyuwangi -  Indonesia
  • Juwari Juwari STAI Darul Ulum Banyuwangi -  Indonesia
  • Zainal Aris Masruchi STAI Darul Ulum Banyuwangi -  Indonesia

Keywords:

Pesantren, inklusi, era 5.0, transformasi

Abstract

Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan tradisional di Indonesia, perlu mengalami transformasi yang signifikan untuk menghadapi era 5.0. Pada era 5.0 ini perlu adanya integrasi teknologi digital dalam semua aspek kehidupan, termasuk didalamnya adalah manajemen pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pondok pesantren yang dapat dilakukan guna mengoptimalkan pendidikan pondok pesantren di era 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan yakni dengan mengumpulkan serta menganalisis berbagai sumber literatur yang berupa artikel jurnal, buku, ataupun penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam beradaptasi dengan era 5.0 manajemen pondok pesantren perlu menekankan inovasi, inklusi, dan pengembangan yang berkelanjutan. Diantaranya dengan transformasi Manajemen di Pondok Pesantren, Teknologi dalam Pengelolaan Administrasi dan Komunikasi, Inklusi dan Diversitas dalam Pendidikan, dan Pendidikan Karakter sebagai modal kesiapan abad 21. Dengan mengintegrasikan teknologi, mendorong inklusi, dan memperkuat kolaborasi, pondok pesantren dapat memainkan peran yang lebih besar dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat. Transformasi ini bukan hanya tentang meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga tentang menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dan berkomitmen pada nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan yang mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Juwari Juwari, STAI Darul Ulum Banyuwangi

    Dosen

  • Zainal Aris Masruchi, STAI Darul Ulum Banyuwangi

    Dosen

References

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & S, N. H. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 319–324. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/895

Haris, M. A. (2023). URGENSI DIGITALISASI PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA SOCIETY 5.0 (Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 49–64. https://doi.org/10.30868/IM.V6I01.3616

Huda, A. N. (2018). Pendidikan Inklusif dari Pesantren. Idrak: Journal of Islamic Education, 1(1), 33–48. https://jurnal.stit-rh.ac.id/index.php/idrak/article/view/3

Iman, C., Mustafa, M., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik dan Administrasi pada Pondok Pesantren Asshodiqiyah Semarang. TRANSISTOR Elektro Dan Informatika, 2(1), 50–56. https://doi.org/10.30659/EI.2.1.50-56

Jannah, A. M., Arni, I. H., & Jaisyurohman, R. A. (2021). Kepemimpinan Dalam Pesantren. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.56799/JCEKI.V1I1.17

Mansir, F. (2020). Manajemen Pondok Pesantren di Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Islam Era Modern. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 207–216. https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V12I2.644

Muhammad Mujtabarrizza, M. (2017). INOVASI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM PEMBINAAN KARAKTER Muhammad. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Muntakhib, A., & Ta’rif, T. (2023). Model Pendidikan Inklusi di Pesantren Ainul Yakin Gunung Kidul. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(2), 193–205. https://doi.org/10.32729/EDUKASI.V21I2.1578

Nizarani, Kristiawan, M., & Sari, A. P. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 37–44. https://doi.org/10.19109/INTELEKTUALITA.V9I1.5432

Qur’an Kemenag. (n.d.). Retrieved June 27, 2024, from https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/49?from=13&to=13

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.15548/ALAWLAD.V8I2.1597

Syafa’at, A. K., Aimah, S., Ekaningsih, L. A. F., & Mahbub, M. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN DALAM ERA GLOBALISASI DI KABUPATEN BANYUWANGI. INFERENSI, 6(2), 245. https://doi.org/10.18326/INFSL3.V8I1.245-269

Wulandari, R. A. S. (2022). JOS | Universitas Jenderal Soedirman. JURNAL PENGABDIAN BISNIS DAN AKUNTANSI (JPBA), 1(1), 78–83. https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpba/article/view/6718

Downloads

Published

2025-01-10

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Manajemen Pondok Pesantren di Era 5.0: Mengoptimalkan Pendidikan Berbasis Teknologi dan Inklusi. (2025). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 5(2). https://doi.org/10.32478/90e3q542

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.