The Role of Parents in The Character’s Building of Children (The Qur'an and Hadith`S Perspective)/Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak (Perspektif Al-Qur`an dan Hadis)

DOI:

https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v4i1.633

Authors

Keywords:

Orang tua, karakter Anak, Qur`an, Hadis

Abstract

Dalam nash Al-Qur`an dan Hadis secara eksplisit dijelaskan tentang kewajiban  kedua orang tua untuk mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang. Namun, beberapa hadis Nabi secara literal justeru menjelaskan hal yang kontradiktif, yakni “hanya ibu” yang bertanggungjawab pada pendidikan anaknya  dan adanya “legitimasi kekerasan” terhadap anak atas nama pendidikan agama. Artikel ini akan membahas, bagaimana sebenarnya Konsep Islam  (Al-Qur`an dan Hadis) tentang peran orang tua dalam membentuk karakter anak. Dengan Intertekstualitas teks al-Qur`an dan Hadis Nabi secara integral serta membaca nash-nash tersebut sesuai  konteks historisnya, dapat dipahami bahwa kewajiban mendidik anak ada pada kedua orang tua, bukan hanya ibunya. Untuk mendidik anak ber-akhlaq al-karimah, dua modal utama orang tua adalah: Pertama,  Kesediaan dan kesiapan menerima kehadiran anak dengan lapang dada sebagai amanah, bagaimanapun bentuk fisik dan kondisi anak ( dengan bersyukur, menjaga serta mengasuhnya hingga dewasa). Kedua, Kesediaan  orang tua bersinergi (antara ayah dan ibu) dalam membentuk karakter anak dalam memberi nasehat, konsisten memberi teladan, mengawal pembiasaan, memberi reward/pujian dan punishment/hukuman sebagai motivasi terhadap anak agar tetap memiliki kepribadian yang baik baik secara konsisten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bukhari, M. bin I. A. `Abd A. (1987). No Titleal-Jami` al-Sahih al-Mukhtasar (Sahih al-Bukhari) (3rd ed.). Beirut: Dar Ibn Kasir al-Yamamah.

Al-Qusyairi, M. bin al-H. A. al-H. (n.d.). Sahih Muslim. Beirut: Dar Ihya’ al-Turas al-`Arabi.

Al-Salami, M. bin `Isa A. `Isa al-T. (n.d.). Al-Jami` al-Sahih Sunan al-Turmuzi (Sunan al-Turmuzi). Beirut: Dar Ihya’ al-Turas al-`Arabi.

al-Zamakhsyari. (n.d.). al-Kasysyaf `an Haqa’iq al-Tanzil wa `Uyun al-Aqawil fi Wujuh al-Ta’wil. Mesir: Syirkah Matba`ah Mustafa al-Babi al-Halabi wa Auladuh.

Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.

Elawati Dewi, E. (2019). Peran Ibu Menurut Prespektif Islam. 1, 200–216.

Faziyah, M. (2020). Konsep Hadits tentang Parenting terhadap Kepribadian Anak di TK Awliya Cirebon. 8(1), 105–116.

Khotimah, K. (2017). MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT QURROTA A ’ YUN PONOROGO A . Pendahuluan Akhlak mulia merupakan aspek penting dalam mendidik anak . Bahkan suatu bangsa yang berkarakter juga ditentukan oleh tingkat akhlak bangsanya . Dalam pandangan t. Muslim Heritage, 1(2), 371–388.

Makhmudah, S. (2020). Kepribadian Anak Dari Pola Asuh Authoritarian Dalam Prespektif Islam. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 103. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.259

Mawangir, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 163–182. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1917

Mita Silfiyasari, & Ashif Az Zhafi. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218

Mubarok, Z. El. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Munjiat, S. M. (2017). Pengaruh Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Prespektif Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 108–116. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2031

Salamah, U., & Hidayatullah, A. (2019). POLA INTERAKSI USTADZ DAN SANTRI DALAM PEMBELAJARAN ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Blitar). J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 46–58. https://doi.org/10.18860/jpips.v6i1.7804

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Suriansyah, A., & . A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Review Articles

How to Cite

The Role of Parents in The Character’s Building of Children (The Qur’an and Hadith`S Perspective)/Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak (Perspektif Al-Qur`an dan Hadis). (2021). Al-Mudarris: Journal Of Education, 4(1), 49-63. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v4i1.633

Similar Articles

21-28 of 28

You may also start an advanced similarity search for this article.