IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIZ AL QURAN DI SMP IT NURUL ILMI
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.1040Keywords:
metode, pembelajaran, TahfizAbstract
Artikel ini berisi tentang implementasi pembelajaran tahfiz di SMP IT Nurul Ilmi. SMP IT Nurul Ilmi merupakan sekolah swasta menengah pertama yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim. Untuk masuk ke dalam sekolah ini, calon siswa diharuskan melalui tahapan rekruitmen di antaranya tes akademik dan tes bacaan/hafalan Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tahfiz di SMP IT Nurul llmi. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: a) metode yang dilakukan dalam pembelajaran tahfiz yaitu metode talaqqi, b) kesulitan- kesulitan yang dihadapi para siswa dalam menghafal Al-Quran yaitu: sulitnya menghafal ayatayat baru yang panjang dan kesibukan dalam kegiatan antara mempersiapkan tugas sekolah dan hafalan Al-Quran.Downloads
References
Abdullah Idi, (2011) Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik, Yokyakarta: Ar-Ruzz Media. Ahmadi, Rulam. (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UM Press. Ahmad Salim Badwilan, (2012) Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an, pent: Rusli, Yogyakarta: Diva Press. Arikunto, (2002) Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Reneka Cipta. Atabik, Ahmad. (2014). The Living Quran: Potret Budaya Tahfiz Al Quran di Nusantara, Jurnal Penelitian, vol 8. No 1. Dinn Wahyudin, (2014) Manajemen Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya. Hamalik, Oemar. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Lexy J Moleong. (2000) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya. Jamaluddin. (2010) Pembelajaran Perspektif islam, bandung: Remaja Rosdakarya. Muhammad Rahman dan sofan Amri, (2013), Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran, Prestasi Pustakaraya. Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Santoso, (2005) Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Pustaka Agung Harapan. Suwardi, (2007) Manajemen Pembelajaran, Surabaya: Temprina Media Grafika. Wadji, Farid, (2010) Tahfiz al-Qur’an dalam Kajian Ulum Al-Qur’an (Studi atas Berbagai Metode Tahfiz), Tesis IUN Syarif Hidayatullah. Jakarta : Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muhammad Faishal Haq, MANAJEMEN GURU ERA OTONOMI DAERAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Mochamad Nurcholiq, SUPERVISI KLINIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Noorrela Ariyunita, PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Miftakhul Munir, MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Mohamad Rosidin, SASARAN PEMBENAHAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Siti Halimah, IMPLEMENTASI PENDEKATAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DALAM PEMBELAJARAN PAI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Aisya Rahma Fadhilla, Suyadi Suyadi, EVALUASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN MELALUI METODE SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL) SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN REJODANI SLEMAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ainur Rahman, Sedya Santosa, Nora Saiva Jannana, PENERAPAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Slamet Slamet, Larasati Sukma Nurhidayah, EVALUASI KINERJA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI: PENDEKATAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
You may also start an advanced similarity search for this article.