PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MELALUI MANAJEMEN STRATEGIK
DOI:
https://doi.org/10.32478/9cnbqp21Keywords:
Strategic Management, Private Madrasah Ibtidaiyah, Education Quality ImprovementAbstract
Private Madrasah Ibtidaiyah education quality improvement through strategic management, is an effort to properly manage all madrasah resources based on internal and external analysis. The quality of private Madrasah Ibtidaiyah education as a basic level educational institution under the auspices of the Ministry of Religion, is currently required to adapt to the demands of society and technological developments that continue to change and develop.
This study aims to analyze and find (1) the concept of improving the quality of private Madrasah Ibtidaiyah education through strategic management, (2) Models of improving the quality of private Madrasah Ibtidaiyah education through strategic management, (3) Supporting and inhibiting factors for improving the quality of private Madrasah Ibtidaiyah education through strategic management.
Downloads
References
Akdon. (2007). Strategic Management For Educational Management, Bandung:Alfabeta
Dewey, John. (1964). Democracy And Education, New York: The Mc Millan Company.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Depag.RI. (2004).Membiasakan Tradisi Agama ; Arah Baru Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum, Jakarta: Dirjen Baga Islam Depag.RI.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Depag.RI. (2005). Desain Pengembangan Madrasah Jakarta: Dirjen Baga Islam Depag.RI.
Fadjar, Malik. Madrasah dan Tantangan Modernitas, (Mizan, Bandung, 1998)
Https://www.jogloabang.com/pendidikan/pp-57-2021-standar-pendidikan-nasional (Diakses pada hari Rabu, 13 Oktober 2021)
Http://lalahura.co.id/2013/02/permasalahan-permasalahan-yang-ada-di.html, diakses pada Kamis, 14 Oktober 2021)
Madrasah Reform. (2021). Panduan Penulisan Makalah Seminar Nasional Penjaminan Mutu Madrasah Swasta, Kementerian Agama RI, Jakarta.
Maghfiroh, Lailatul. (2018). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH MELALUI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA. 7$¶/,0
-XUQDO6WXGL3HQGLGLNDQ,VODP Vol.1 No.1 Januari 2018
Nisoh, Anan. (2019). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH (Studi Komparasi Lembaga Pendidikan Di Indonesia Madrasah Pembangunan UIN Jakarta) dan Thailand (Ma’had Al-Ulum Adiniyah Pohontanjong Ruso Narathiwat) , Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Volume 4 No. 2 November 2019
Nurhasan. (1994). Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum Untuk Abad 21, Indikator Cara Pengukuran Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pendidikan, Jakarta: PT. Sindo
Qomar, Mujamil Manajemen Pendidikan Islam (Jakarta: Erlangga, 2007)
Shobri, Muwafiqu. (2017). STRATEGI MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH HASAN JUFRI. STAI Hasan Jufri Bawean, CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Volume 3, Nomor 1, Juni 2017; P-ISSN 2443-2741; E-ISSN 2579-5503
Tomassevski, Katarina. (2003). Pendidikan Yang Terabaikan; Masalah Dan Penyelesaiannya, Jakarta: Departemen Hukum Dan HAM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 wahyudi widodo, Abd Azis Tata Pangarsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Alviyatul Qodri, Maskud Maskud, Faisol Nasar bin Madi, ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MULTILINGUAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Bahar Agus Setiawan, Sofyan Rofi, Antara Recognisi, Rekonstruksi dan Kekhawatiran Hilangnya Indigenousity Pondok Pesantren , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Zaedun Na'im, MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Akhmad Said, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- - Romdloni, MANAJEMEN PERSONALIA SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERSONALIA DI MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Muhammad Faishal Haq, ANALISIS STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, Rahmatullah Rahmatullah, PESANTREN EFFECTIVENESS: THE ROLE OF ORGANIZATIONAL CULTURE IN ENHANCING PERFORMANCE IN PESANTREN INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Suwandi Suwandi, Khoirul Umam, The Role of Leadership in Forming Organizational Culture in Islamic Education Institutions , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Yuli Salis Hijriyani, Fenty Andriani, Rosidin Rosidin, THE ROLE OF SHADOW TEACHER IN LEARNING MANAGEMENT OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS IN PAUD TERPADU INKLUSI BINA INSAN KREATIF TASIKMALAYA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.