Penerapan Metode Tsaqifa Dengan Metode Kooperatif Pada Pengajaran Baca Al-Quran Kelompok Pengajian Muslimah Dusun Pokoh Desa Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i2.262Keywords:
Perencanaan, Metode Tsaqifa, Bebas Buta Aksara Hijaiyyah, Belajar Membaca Huruf Hijaiyyah, Baca Tulis Al-Quran.Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Tsaqifa di;ingkup pengajian muslimah dusun Pokoh desa Wonoboyo kecamatan Wonogiri kabupaten Wonogiri. Tujuan khusus penelitian ini adalah; (1) mengetahui perencanaan penerapan metode Tsaqifa dengan metode pembelajaran kooperatif (2) megetahui penerapan metode Tsaqifa dengan metode pembelajaran kooperatif (3) mengetahui hasil penerapan metode Tsaqifa dengan metode pembelajaran kooperatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif study lapangan (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Dengan penerapan Tsaqifa dan metode kooperatif ini mampu menuntaskan anggota kelompok pengajian muslimah dusun Pokoh desa Wonoboyo kecamatan Wonogiri dari buta aksara Hijaiyyah. (2) Penerapan metode Tsaqifa dalam kelompok pengajian ini diikuti dengan pembelajaran tahsin praktis dengan cara tilawah bergilir setelah selesai program. (3) Untuk menunjang kelancaran membaca Al-Quran, ditindak lanjuti dengan tilawah bergilir setiap pekannya.
Abstract
The general objective of this research was to study the method of applying Tsaqifa in; recitation of Muslim recitation of Pokoh hamlet Wonoboyo village Wonogiri sub-district Wonogiri. The specific objectives of this study were; (1) Learning the plan of applying the Tsaqifa method with cooperative learning method (2) Learning the application of the Tsaqifa method with cooperative learning method (3) Learning the result of applying the Tsaqifa method with cooperative learning method. The research method was used qualitative field study (field research). Data collection technique through observations, interviews, documentations and triangulations. Data analysis techniques were using data reduction, data presentation and drawing conclusion. The results of this study concluded that; (1) With the application of Tsaqifa and this cooperative method, it is able to complete the Muslimah recitation group members of Pokoh hamlet in Wonoboyo village, Wonogiri sub-district from illiteracy of Hijaiyyah. (2) The application of the Tsaqifa method in the study group follows practical tahsin learning by taking turns recitations after the program finishes. (3) To support the smooth reading of the Qur'an, it was followed up with rotating recitation every week.
Keywords: Tsaqifa Method, Hijaiyyah Script Blindness, Learning to Read Hijaiyyah Letters, Reading Al-Qur'an.
Downloads
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Miftakhul Munir, MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Abdul Khakim, HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Ahmad Za'imul Umam, Imam Syafi'i, IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA SEJEHTERA PRIGEN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- mayana ratih permatasari, BRANDING IMAGE STRATEGY PESANTREN SALAF WALISONGO SRAGEN DI ERA DISRUPSI; SEBUAH PERGESERAN PARADIGMA LEMBAGA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Sa'adatun Niswah, Nur Asiyah, Nasikhin Nasikhin, Wahyudi Wahyudi, TECHNOLOGY-BASED EDUCATION MANAGEMENT IN SALAF ISLAMIC BOARDING SCHOOLS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Hermon Susanto, MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AGROBISNIS DI PONDOK PESANTREN DARUL AUFA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- abdulloh safiq, MANAJEMEN SISTEM INFORMASI SEBAGAI PENGEMBANGAN PENYELENGGARAAN AKADEMIK MADRASAH DINIYAH AL-HIKAM MALANG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- M Arief Affandi, Abdul Malik Karim Amrullah, Muhammad In'am Esha, Administrasi Pendidikan Islam dan Seni Mengelolanya , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- ali nurhadi, Dewi Ulandari, MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB POLAGAN PAMEKASAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.